cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial Text HTML Part 9: Cara Untuk Merubah Arah Text dalam HTML (tag bdo)

Posted on

Karena HTML digunakan tak hanya bagi web dengan huruf alphabet, tetapi pun huruf yang berupa karakter-karakter khusus seperti huruf china atau huruf arab, karenanya HTML mempunyai sebuah tag khusus yang digunakan bagi merubah arah text. Di pada panduan kali ini kita akan membahas Cara Untuk Merubah Arah Text dalam HTML dengan tag <bdo>.


Tag <bdo> bagi Merubah Arah Text HTML

Tag <bdo> yakni singkatan dari Bidirectional Override. Tag ini diperuntukkan bagi merubah arah text yang normalnya ditulis dari kiri ke kanan seperti bahasa inggris atau bahasa indonesia, menjadi dari kanan ke kiri seperti penulisan pada bahasa arab.

Bagi menjalankan fungsinya, tag <bdo> memerlukan sebuah atribut dir yang dapat berisi diantara dari 2 nilai, yakni ltr dan rtl.

Nilai Atribut ltr yakni singkatan dari left to right yang akan merancang arah text mulai dari arah kiri lalu ke arah kanan web browser. Sedangkan rtl yakni singkatan dari right to left yang akan menampilkan text dari kanan ke kiri.

Tag <bdo> termasuk kedalam tipe tag inline, dan akan ditampilkan mengikuti alur text yang terdapat.

Berikut yakni contoh cara penulisan dan pemakaian tag <bdo> di pada HTML:

 Seperti yang terlihat, pemakaian tag <bdo dir=”rtl”> akan merancang web browser menampilkan karakter dari kanan ke kiri. Bagi text dengan bahasa indonesia atau bahasa inggris, tag ini akan jarang digunakan, kecuali kamu ingin merancang pembaca pusing seperti contoh diatas.


Sumber https://www.duniailkom.com/