Tutorial Text HTML Part 7: Cara Membuat Kutipan di dalam HTML (tag blockquote dan tag q)

Pada penulisan text, terutama artikel ilmiah, kita akan sering merancang kutipan yang berasal dari sumber-sumber referensi. Bagi penulisan kutipan, HTML mempunyai 2 buah tag khusus, yakni tag <blockquote> dan tag <quote>. Di panduan Text HTML kali ini kita akan membahas Cara Membuat Kutipan di dalam HTML.


Tag <blockquote> Bagi Membangun Kutipan Panjang HTML

Tag <blockquote> digunakan bagi bagian text yang adalah sebuah kutipan panjang. Disebut kutipan panjang karena tag ini adalah sebuah tipe block element, sehingga akan memisahkan diri dari text yang terdapat menjadi baris baru. Tag <blockquote> lebih cocok digunakan bagi memberikan penegasan urgen bagi kutipan.

Selain bagi kutipan, sering pun tag ini digunakan bagi penulisan testimoni.

Berikut ialah contoh cara penulisan dan pemakaian tag <blockquote> di pada HTML:

 Seperti yang terlihat, secara default Web browser menampilkan tag <blockquote> selaku paragraf baru dan dijorokkan (indent) beberapa pixel di awal dan ahir text.


Tag <q> Bagi Membangun Kutipan Pendek HTML

Tag <q> ialah versi inline dari tag <blockquote>. Tag ini digunakan bagi kutipan pendek yang akan ‘menyatu’ dengan text yang terdapat ketika ini karena sifatnya yang termasuk tipe inline element.

Didalam spesifikasi HTML, Web browser akan menampilkan text yang berada di pada tag <q> berada didalam tanda kutip.

Berikut ialah contoh cara penulisan dan pemakaian tag <q> di pada HTML:

 Seperti yang terlihat, web browser akan menambahkan tanda kutip bagi tag <q>, walaupun kita tak menuliskannya di pada text.


Sumber https://www.duniailkom.com/

Share

You may also like...