cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial Tabel HTML Part 1: Mengenal atribut border, cellpadding dan cellspacing dalam Tabel

Posted on

Setelah sebelumnya di panduan HTML basic kita mempelajari cara membangun tabel di HTML, di panduan kali ini kita akan mempelajari pemakaian atribut border, cellpadding dan cellspacing dalam tabel.

Atribut border, cellpadding dan cellspacing digunakan bagi mengubah tampilan tabel, terutama berkaitan dengan border dan spasi diantara sel tabel.


Atribut border pada tabel HTML

Atribut border digunakan bagi mengatur ketebalan dari garis tepi (border) dari tabel. Sekiranya atribut ini tak ditulis, karenanya web browser akan menampilkan tabel tanpa garis tepi.

Nilai dari atribut ini berupa angka yang diukur pada satuan pixel. Sekiranya kamu memberikan nilai border=”2″, karenanya web browser akan menampilkan garis tepi sebesar 2 pixel di sisi atas, bawah, kiri dan kanan tabel.

Berikut yakni contoh pemakaian atribut border pada tag table HTML:

Dengan memberikan nilai ‘0’ kepada atribut border, tabel seolah-olah tak mempunyai garis tepi.

Perhatikan bahwa apabila kamu mengubah border=”1″ menjadi border=”5″ misalnya, karenanya garis border yang terkena efek hanya border di sisi luar tabel, namun tak bagi garis border di pada tabel.


Atribut cellpadding pada tabel HTML

Atribut cellpadding digunakan bagi mengatur jarak dari border sisi pada tabel dengan isi text tabel itu sendiri.

Nilai dari atribut ini berupa angka yang diukur pada satuan pixel. Sekiranya kamu memberikan nilai cellpadding=”2″, karenanya web browser akan membangun jarak sebesar 2 pixel dari border sisi pada tabel dengan isi text tabel.

Berikut contoh pemakaian atribut cellpadding pada tag table HTML:

Pengaturan cellpadding yang tepat akan membangun isi text tabel menjadi lebih rapi dan gampang dibaca.


Atribut cellspacing pada tabel HTML

Atribut cellspacing digunakan bagi mengatur jarak antara garis tepi (border) bagian pada dan luar.

Nilai dari atribut ini berupa angka yang diukur pada satuan pixel. Sekiranya kamu memberikan nilai cellspacing=”2″, karenanya web browser akan menampilkan jarak sebesar 2 pixel diantara garis border tabel.

Berikut contoh pemakaian atribut cellspacing pada tag table HTML:


Menggabungkan ketiga atribut tersebut pada sebuah tabel, karenanya kita dapat menyesuaikan tampilan tabel sesuai dengan keinginan kita.


Sumber https://www.duniailkom.com/