cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial PHP MySQL Part 6: Cara Menampilkan Tabel MySQL dari PHP (mysql_fetch_row)

Posted on

Setelah menjalankan guna mysql_connect() bagi membuat koneksi antara PHP dengan MySQL, dan menjalankan query MySQL dengan guna mysql_query(), di panduan kali ini kita akan membahas mengenai guna mysql_fetch_row() yang digunakan bagi menampilkan tabel hasil query MySQL tersebut.


Menampilkan Data MySQL dengan guna mysql_fetch_row

Petunjuk SELECT yakni query MySQL yang sangat sering gunakan. Query ini berfungsi bagi menampilkan data dari database. Data yang ditampilkan MySQL biasanya diberikan pada wujud tabel yang terdiri dari baris dan kolom.

Bagi menampilkan data MySQL di pada PHP, hasil dari guna mysql_query() mesti diproses lebih lanjut agar dapat ditampilkan di pada web browser. PHP menyediakan banyak cara bagi menampilkan hasil query MySQL. Salah satunya akan kita bahas pada panduan kali ini dengan guna: mysql_fetch_row().

Manfaat mysql_fetch_row() digunakan bagi menampilkan tabel secara baris per baris. Manfaat mysql_fecth_row() akan mengembalikan nilai 1 baris dari sebuah tabel di setiap pemanggilan. Sehingga bagi dapat menampilkan seluruh isi tabel, guna mysql_fecth_row() mesti dipanggil secara berulang.

Berikut yakni format mendasar penulisan guna mysql_fetch_row() pada PHP

  • $row yakni variabel yang akan menampung hasil guna  mysql_fetch_row(). Hasil dari guna mysql_fetch_row() berupa tipe data array dengan key merujuk kepada kepada urutan kolom, dan value-nya (nilai dari array) yakni isi dari kolom tersebut.

  • $result yakni variabel inputan query bagi guna mysql_fecth_row(). Variabel ini berasal dari guna mysql_query().

Cara pengambilan data dari variabel $row, urgen bagi dimengerti.

Variabel $row hasil guna mysql_fetch_row() bertipe array. Seandainya sebuah baris di pada tabel MySQL terdiri dari 3 kolom, karenanya varibel $row akan berisi nilai selaku berikut: $row[0]=nilai_kolom_1, $row[1]=nilai_kolom_2, dan $row[2]=nilai_kolom_3. Index array dimulai dari 0, dan karena itu kolom 1 berada di index 0, bukan index 1.

Yang perlu menjadi perhatian, guna mysql_fetch_row() hanya membaca 1 baris di sekali pemanggilan. Seandainya tabel kita terdiri dari 5 baris, karenanya guna mysql_fecth_row() mesti diulang sebanyak 5 kali.


Cara Menampilkan Tabel MySQL dari PHP

Agar lebih gampang memahami cara kerja guna mysql_fetch_row(), kita akan seketika praktek dengan kode program.

Karena guna mysql_fetch_row() digunakan bagi menampilkan data, kita mesti membangun datanya terlebih dahulu, yaitu berupa database MySQL dan juga tabelnya.

Selaku data contoh dan alat latihan menggunakan query MySQL, saya akan membangun database universitas, dan tabel mahasiswa_ilkom. Database universitas dan tabel mahasiswa_ilkom ini akan saya gunakan di panduan PHP MySQL berikutnya.

Berikut yakni kode yang diperlukan:

Kode PHP diatas sedikit panjang apabila dibandingi contoh-contoh kita sebelumnya, namun intinya petunjuk diatas yakni bagi membangun database universitas, dan tabel mahasiswa_ilkom. Setelah tabel terbentuk, kemudian saya menambahkan beberapa data kedalam tabel tersebut.

Dari contoh diatas, kamu pun dapat melihat cara penyusunan database, penyusunan tabel, dan cara memasukkan nilai kedalam database. Semuanya dijalankan dengan guna mysql_query().

Seandainya kamu telah paham mengenai query MySQL, petunjuk query diatas pastinya tak terlalu sulit bagi dimengerti. Namun apabila ragu mengenai instruksi query yang saya gunakan, kamu dapat mempelajarinya di tutorial MySQL duniailkom.

Manfaat-fungsi PHP yang saya gunakan pun telah kita pelajari di panduan sebelumnya. Tambahan baru mungkin ada di pemakaian logika IF bagi menangani guna yang gagal. Saya menggunakan instruksi (!$result) bagi masuk di guna die() apabila guna tersebut gagal dijalankan.

Selaku contoh, apabila kamu menjalankan kode diatas sebanyak 2 kali, karenanya akan tampil pesan ‘Database mahasiswa gagal dibangun’. Hal ini terjadi karena terdapat duplikasi database di pada MySQL, sehingga kode PHP akan berhenti di baris ke 15 karena guna die().


Cara Menampilkan Baris Tabel Dengan Manfaat mysql_fetch_row

Setelah tabel contoh selesai dibangun, saatnya kita mencoba menampilkan data dari tabel mahasiswa_ilkom dengan guna mysql_fetch_row().

Cara sangat mendasar bagi menampilkan data dari mysql yakni seperti kode program berikut ini:

 Kode program dari baris 1 hingga baris 16 adalah persiapan bagi mengkoneksikan MySQL dan memilih database universitas.

Perhatikan di baris ke 12, dimana saya menjalankan queryUSE universitas”. Query ini diperuntukkan bagi memberitahu MySQL bahwa kita akan menggunakan database mahasiswa. Alternatif penulisan mysql_query(‘USE universitas’) yakni dengan menggunakan guna mysql_select_db(‘universitas’). Sahabat bebas ingin menggunakan salah satunya.

Di baris ke-20 saya menjalankan query SELECT bagi menampilkan seluruh isi tabel mahasiswa_ilkom.  Cara menjalankannya yakni dengan guna mysql_query() dengan petunjuk query: ‘SELECT * FROM mahasiswa_ilkom’. Hasil guna ditampung kedalam variabel $result.

Variabel $result berikutnya diproses dengan guna mysql_fetch_row($result), dan disimpan pada variabel $row.

Seperti yang telah kita pelajari, bahwa guna mysql_fetch_row() akan menyimpan hasil query selaku array dengan key yakni urutan kolom mulai dari key ke-0 bagi kolom ke-1 tabel, $row[1] bagi kolom ke-2, dan demikian itu seterusnya. Karena tabel mahasiswa_ilkom hanya mempunyai 5 kolom, karenanya $row[4] yakni kolom terakhir.


Cara Menampilkan Seluruh Tabel Dengan Manfaat mysql_fetch_row

Sesuai namanya, guna mysql_fetch_row() hanya akan menampilkan baris perbaris, jadi bagaimana caranya bagi menampilkan seluruh tabel mahasiswa_ilkom? Caranya yakni dengan mengulang guna mysql_fetch_row() sebanyak jumlah baris yang ingin ditampilkan.

Sehingga contoh program kita menjadi selaku berikut:

 Di contoh diatas, saya menghapus baris guna die() semata-mata agar contoh program kita tak terlalu panjang.

Kode program diatas berjalan dari yang dengan seharusnya, karena di setiap pemanggilan guna mysql_fetch_row(), PHP akan ‘menggeser’ penunjuk baris MySQL ke baris berikutnya di pada tabel. Sehingga bagi pemanggilan mysql_fetch_row() ke-2 posisi pointer MySQL akan berada dibaris ke-2 dari tabel, dan demikian itu seterusnya hingga pemanggilan mysql_fetch_row() ke-5.


Menampilkan Tabel MySQL Dengan Perulangan For

Namun apabila kamu perhatikan, guna mysql_fetch_row() yang ditulis secara berulang-ulang di contoh sebelumnya adalah aktifitas yang cocok bagi guna perulangan. Sehingga dengan menggunakan perulangan for, kode kita akan menjadi lebih gampang ditulis.

Manfaat diatas akan menampilkan seluruh baris yang terdapat di pada tabel mahasiswa_ilkom < /strong>denganmelakukan perulangan guna mysql_fetch_row() sebanyak 5 kali.

Namun masih ada 1 hal lagi yang dapat kita perbaiki dari program diatas.


Menampilkan Tabel MySQL Dengan Perulangan While

Perulangan for mengharuskan kita bagi menulis seketika jumlah perulangan yang mesti dilakukan. Di dikala penulisan program, kita telah mengetahui bahwa tabel mahasiswa_ilkom berisi 5 baris, Namun bagaimana apabila ternyata data di pada tabel dikala ini tak lagi 5, tetapi telah lebih dari itu?

Bagi perulangan dimana banyaknya perulangan tak diketahui bersama di dikala penulisan program, kita dapat beralih ke perulangan while (Tutorial Cara Penulisan Perulangan While dalam PHP).

Bagi membangun hal ini menjadi lebih gampang, guna mysql_fetch_row() akan mengembalikan nilai FALSE apabila pointer telah berada di baris terakhir tabel MySQL. Nilai kembalian ini menjadi variabel yang tepat bagi ‘kondisi berhenti’ di perulangan while.

Berikut yakni contoh program pemakaian mysql_fetch_row () dengan perulangan while:

Konsep perulangan while seperti diatas akan sering kamu lihat bagi menampilkan data dari database MySQL.


Selain menggunakan guna mysql_fetch_row(), PHP masih mempunyai guna lainnya bagi menampilkan data tabel dari MySQL, salah satunya yakni guna mysql_fecth_array().

Manfaat mysql_fecth_array() lebih fleksibel karena kita tak hanya dapat menggunakan angka, namun pun ‘nama’ kolom selaku key array. Pembahasan mengenai guna mysql_fecth_array() akan kita pelajari pada panduan berikutnya: Cara Menampilkan Tabel MySQL dari PHP (mysql_fetch_array().


Sumber https://www.duniailkom.com/