info-b

Tutorial PHP MySQL Part 5: Cara Menjalankan query MySQL dari PHP (mysql_query)

Posted on

Sekiranya koneksi antara PHP dan MySQL telah dibangun, langkah berikutnya yaitu menjalankan query MySQL. Pada panduan kali ini kita akan mempelajari Cara Menjalankan query MySQL dari PHP dengan fungsi mysql_query.


Mengenal Manfaat Query PHP-MySQL: mysql_query

Bagi menjalankan query MySQL, PHP menyediakan kegunaan mysql_query(). Manfaat ini dijalankan setelah koneksi berhasil dilakukan dengan kegunaan mysql_connect().

Manfaat mysql_query() adalah sebuah kegunaan yang akan sering kita gunakan, karena dengan kegunaan inilah PHP akan menjalankan ’percakapan’ dengan MySQL. Hampir seluruh petunjuk query MySQL yang kita bahas di tutorial belajar MySQL Dasar, dapat dijalankan dengan kegunaan mysql_query().

Manfaat mysql_query() membutuhkan 2 argumen, dimana argumen pertama-tama diisi dengan query MySQL, dan argumen kedua diisi dengan link koneksi hasil kegunaan mysql_connect(). Argumen kedua ini bersifat opsional.

Berikut yaitu format mendasar penulisan kegunaan mysql_query() pada PHP:

  • $result yaitu variabel yang akan menampung hasil dari kegunaan mysql_query(). Sekiranya kegunaan mysql_query() berhasil dijalankan, variabel $result akan berisi hasil query, namun jikalau query gagal, variabel ini akan berisi nilai boolean FALSE. Variabel $result bertipe resources (sama dengan hasil dari kegunaan mysql_conncect()). Nama dari variabel ini tak mesti ditulis selaku $result, sahabat bebas jikalau ingin menggantinya dengan nama lain.

  • ‘query_mysql’ yaitu argumen pertama-tama kegunaan mysql_query(). Di bagian inilah kita menulis query MySQL. Query tersebut berikutnya akan dikirim kepada MySQL Server bagi diproses. Argumen ini mesti pertipe string dan mengikuti aturan penulisan string didalam PHP. Contoh query ini, misalnya “SELECT * FROM mahasiswa”, atau “CREATE DATABASE universitas”.

  • $link_koneksi_mysql yaitu argumen kedua dari kegunaan mysql_query(). Argumen ini diisi dengan variabel hasil pemanggilan kegunaan mysql_connect(). Argumen ini bersifat opsional, dan jikalau diabaikan PHP akan menggunakan variabel mysql_connect() yang sedang terkoneksi ketika ini.

Sekiranya sahabat belum memahami pengertian dan cara penulisan query SELECT MySQL, duniailkom telah menyediakan panduan mendasar mengenai query pada Tutorial MySQL: Cara Penulisan Query SELECT MySQL.


Cara Menjalankan query MySQL dari PHP

Bagi memahami cara pemakaian kegunaan mysql_query(), seketika saja kita masuk kedalam contoh program. Pada contoh program berikut, saya akan membangun query bagi menampilkan seluruh database yang terdapat di pada MYSQL.

Berikut yaitu contoh program penulisan kegunaan mysql_query pada PHP:

Sekiranya sahabat menjalankan petunjuk diatas, didalam web browser akan tampil segala nama database yang terdapat pada MySQL.

Di baris ke-3 dari program diatas, saya membangun koneksi dengan MySQL menggunakan kegunaan mysql_connect(). Manfaat ini menggunakan user ’root’ dan tanpa password. Hasil koneksi kegunaan saya simpan ke pada variabel $link.

Berikutnya di baris ke-6 saya memeriksa nilai dari koneksi mysql_connect() dengan cara membangun logika IF bagi variabel $link. Sekiranya MySQL gagal diakses, karenanya kegunaan die() akan memerintahkan PHP bagi menghentikan program.

Namun jikalau koneksi berhasil, di baris ke-12 saya membangun kegunaan mysql_query() bagi menjalankan query ’SHOW DATABASES’. Query ini yaitu petunjuk bagi menampilkan seluruh nama database yang terdapat di MySQL.

Kode program di baris ke-15 digunakan bagi menampilkan hasil query. Manfaat mysql_fetch_row() belum saya bahas, dan akan kita pelajari di panduan berikutnya.

Apabila query yang digunakan lebih panjang dan kompleks, sahabat dapat menyimpannya di pada sebuah variabel terlebih dahulu, baru kemudian dijalankan dengan mysql_query(), seperti contoh berikut ini:

Dengan memindahkan query kedalam variabel, akan membangun program kita menjadi lebih rapi.

Argumen kedua dari kegunaan mysql_query() pun boleh tak ditulis, dan PHP akan menggunakan link koneksi MySQL terakhir yang terdapat, seperti contoh berikut:

Manfaat mysql_connect() dan mysql_query() yaitu kegunaan sangat mendasar pada koneksi PHP dengan MySQL. Bagi menampilkan hasil dari query tersebut, PHP menyediakan pelbagai cara yang dapat digunakan bagi pelbagai situasi. Cara pengaksesan ini akan kita pelajari di artikel-artikel berikutnya.


Pada panduan berikutnya, kita akan mempelajari cara Cara Menampilkan Hasil Query MySQL dari PHP dengan fungsi mysql_fetch_row().


Sumber https://www.duniailkom.com/