Tutorial Membuat Web Online Part 8: Pengertian cPanel dan Cara Login ke cPanel

Posted on

Dengan web hosting dan domain telah terdapat, saatnya kita mulai mengelola hosting dan mengupload file-file blog. Untuk hal ini saya akan menggunakan cPanel.

Di panduan kali ini kita akan membahas pengertian cPanel, cara login ke cPanel dan melihat-lihat fitur yang terdapat di di cPanel.


Pengertian cPanel

cPanel yakni sebuah aplikasi program ‘control panel’ untuk mengelola web hosting. cPanel berbentuk ‘situs’ dimana kita akan mengerjakan banyak hal terkait pengelolaan web hosting dan web domain. Dikala ini cPanel digunakan oleh sebahagian besar situs web hosting.


Cara Login ke cPanel

Untuk login ke cPanel, kita mesti mengunjungi domisili tertentu. Domisili ini bersifat rahasia dan diinformasikan di di email dari pihak web hosting. Biasanya cPanel dapat diakses dengan menambahkan “/cpanel” ke nama domain, seperti www.agnetalink.com/cpanel.

Beberapa web hosting pun tak menggunakan nama domain untuk domisili cPanel, tapi hanya berupa IP address seperti: http://181.101.156.11/cpanel.

Untuk dapat masuk ke cPanel, kita mesti menggunakan userid dan password yang diberikan oleh pihak web hosting. Kedua informasi ini biasanya ada di email pemberitahuan sewaktu menyewa web hosting. Selaku contoh, berikut yakni userid dan password yang dikirim oleh niagahoster.co.id:

 Berikut yakni tampilan halaman login cPanel:


Sekilas Fitur cPanel

Di di cPanel terdapat banyak fitur yang dapat digunakan untuk mengatur berjenis-jenis guna web hosting seperti upload file, membangun database, menambahkan domain, dll.

Setiap item dan fitur di di cPabel dikelompokkan ke di masing-masing kategori seperti Mail, Files, Logs, Security, Domains, dll. Dari sekianlah banyak fitur ini tak semuanya mesti digunakan. Kita hanya perlu menggunakan beberapa fitur saja.

Setiap kategori ini dapat di drag-and-drop, sehingga kita dapat meletakkan kategori yang sering diakses di bagian betul-betul atas cPanel.

Disisi kanan tampilan cPanel terdapat tabel Stats yang berisi informasi mengenai kapasitas yang telah terpakai, seperti ukuran harddisk, memory dan pemrosesan CPU web server. Klik link Expand Stats untuk memperbesar informasi yang ditampilkan.

cPanel pun mengertakan alternatif untuk mengganti ‘theme’ atau tampilan cPanel. Rekan-rekan dapat melihat2 alternatif yang terdapat, atau menggunakan theme default.


Cara Mengganti Password cPanel

Beberapa web hosting akan memberikan password awal cPanel yang terdiri dari kata ‘acak’ yang susah diingat. Kita dapat menukar password ini dari di cPanel.

 Pilih fitur Change Password di kategori Preferences. Akan tampil jendela baru tempat kita meng-input password lama dan password baru. Dari form ini pun terdapat tombol untuk men-generate password acak. Rekan-rekan dapat menggunakannya, namun password yang didapatkan amat acak dan nyaris tak dapat diingat.

 Setelah memasukkan password baru, klik tombol Change Password, dan password cPanel telah berubah. Password baru ini sebaiknya dihafal, atau jikalau ingin diarsipkan, dapat menggunakan media offline seperti di buku, rencana atau di di dompet kamu.

Walaupun best practice-nya jangan catat password ini, tapi saya sering kerepotan mencari password cPanel. Ini terjadi karena kita hanya menggunakan cPanel di awal saja (pada rentang waktu proses penyusunan blog). Setelah blog selesai, kita tinggal berurusan dengan login di blog, dan hanya sekali-sekali masuk ke cPanel.


Di panduan kali ini kita telah berkenalan dengan cPanel. cPanel akan selalu digunakan sepanjang umur blog, dan saya amat menyarankan kamu untuk mulai mempelajari cPanel. Di panduan selanjutkan kita akan mencoba men-upload file blog menggunakan File Manager cPanel.

Panduan ini hasil kerjasama Duniailkom dengan Niagahoster.co.id. Dapatkan diskon tambahan 10% dengan menggunakan kode coupon: “a-duniailkom“.


Sumber https://www.duniailkom.com/