Tutorial Membuat Web Online Part 7: Cara Membeli Web Hosting dan Mendaftarkan Domain

Posted on

Di 6 panduan sebelumnya kita telah membahas banyak hal yang perlu dimengerti bersama seputar web hosting dan web domain. Di panduan kali ini kita akan mulai praktek cara membeli web hosting dan mendaftarkan domain.

Khusus untuk panduan ini saya akan menggunakan layanan web hosting dari www.niagahoster.co.id. Sebuah perusahaan web hosting dan domain registrar lokal (dengan di Indonesia). Selain membeli web hosting, saya pun akan mendaftarkan nama domain baru menggunakan niagahoster.

Kamu boleh ikut menggunakan web hosting yang sama, atau menggunakan layanan lain. Di dasarnya, cara-cara yang akan kita bahas disini relatif sama. Kebanyakan web hosting lokal pun menyediakan layanan chatting untuk bertanya seputar web hosting dan layanan yang disediakan.


Memilih Paket Web Hosting

Setiap penyedia jasa web hosting biasanya menyediakan beberapa paket yang dapat dipilih. Yang amat murah pastinya pun mempunyai fitur yang terbatas. Kamu dapat menyesuaikannya dengan fitur yang diperlukan.

Perlu pun dimengerti bersama bahwa web hosting membolehkan kita untuk naik paket ditengah-tengah waktu. Jadi kamu tak perlu khawatir untuk mengambil paket yang murah, dan kemudian men-upgradenya ketika situs telah semakin berkembang. Namun agar lebih pasti, hal ini dapat ditanyakan sewaktu membeli.

Silahkan buka situs web hosting alternatif kamu, kemudian pilih fitur web hosting / shared web hosting. Di contoh di niagahoster, shared web hosting terdiri dari 4 paket: bayi, pelajar, personal, dan bisnis.

Untuk pemula, dapat memilih paket bayi. Namun paket ini hanya mempunyai kapasitas hosting 500MB dan 1 addon domain (kita dibatasi hanya 1 domain). Untuk kapasitas yang lebih besar dapat mempertimbangkan paket pelajar, personal atau bisnis. Kali ini saya memilih paket personal, dan klik tombol “lihat kini ini”.

Jendela berikutnya kita akan memilih “durasi pembayaran untuk web hosting”.

Kamu dapat membeli paket mulai dari 6 bulan hingga 3 tahun. Lumayan disesuikan dengan kebutuhan. Saya akan mengambil paket 1 tahun, dan klik tombol “berikutnya”.

Di jendela ini kita akan memilih nama domain. Tergantung paket web hosting, kebanyakan penyedia web hosting memisahkan harga untuk web hosting dan domain. Dengan kata lain, selain membayar untuk sewa web hosting, kita pun mesti membayar untuk nama domain.

Harga dari domain umumnya tak berbeda jauh antar web hosting, pada rentang waktu di TLD yang sama. Harga untuk domain .com, .net dan .org
sekitar 100rb-140rb/tahun (pun berlaku untuk web hosting luar negeri). Untuk domain dengan akhiran .id (Indonesia) perlu syarat tambahan seperti KTP.

Di niagahoster, paket web hosting pelajar, personal dan bisnis mendapat 1 domain cuma-cuma. Masukkan nama domain yang ingin kamu daftarkan di kolom yang terdapat. Kemudian pilih TLD-nya (apakah .com, .net, dll) dan klik tombol “Cari Domain”.

Setelah beberapa dikala akantampil hasil pencarian apakah domain tersebut terdapat atau tak. Apabila tak, karenanya kita mesti memilih nama lain, atau mencari TLD lain.

Kali ini saya akan mendaftarkan domain dengan nama agnetalink.com yang kebetulan masih kosong. Klik tombol “Tambah ke Cart” untuk melajutkan proses pembelian.

Kita pun dapat menggunakan domain yang telah didaftarkan di tempat lain (seandainya ingin memisahkan antara web hosting dengan domain registrar) tapi ini akan membutuhkan beberapa langkah tambahan.

Jendela berikutnya yaitu “Rincian Order Hosting Kamu”. Di jendela ini kita dapat menkonfirmasi ulang mengenai paket yang diambil, nama domain yang dipilih, dan biayanya. Disini tertulis: “* Harga diskon berlaku untuk pembelian hosting untuk tahun pertama-tama”. Ini berarti harga discount yang didapat hanya berlaku untuk 1 tahun pertama-tama saja (di contoh saya, Rp 466.800).

Diantara hal yang ‘lumrah’ untuk web hosting yaitu harga discount berlaku hanya untuk tahun pertama-tama saja. Untuk tahun kedua dan seterusnya berlaku tarif normal. Ini dapat dipastikan lagi di waktu membeli, apakah harga berlaku satu kali saja atau untuk berikutnya (recurring).

Ketika saya konfirmasi mengenai hal ini, CS niaga hoster menjawab :

Maaf, untuk tahun kedua dan seterusnya dikenakan tarif normal. Namun biasanya management kami akan mengadakan diskon untuk perpanjangan”.

Sekali lagi, discount untuk tahun pertama-tama yaitu hal yang lumrah di bisnis web hosting, beberapa besar web hosting lain pun menggunakan skema ‘marketing’ yang sama.

Setelah memastikan paket dan harga, klik tombol “Berikutnya”.

Di jendela “Checkout”, kita diminta untuk mendaftar. Apabila kamu belum mempunyai akun, klik tombol “Lanjutkan” di bagian “Pengguna Baru”. Di jendela ini kita diminta untuk mengisi informasi pribadi untuk membangun akun baru.

Untuk informasi ini usahakan mengisinya dengan identitas asli, karena data akan digunakan untuk proses pembayaran dan pun identitas contact person untuk domain (whois data). Pilih checkbox “Saya setuju dengan Syarat dan Ketentuan” dan klik “Checkout”.

Halaman berikutnya berisi pemberitahuan bahwa order telah dipesan. Klik tombol “Klik di SINI untuk cara dan konfirmasi pembayaran”.

Berikutnya kita akan dibawa ke halaman yang berisi no rekening niagahoster. Di di halaman ini pun dapat menjalankan cetak tagihan atau menyimpan tagihan selaku file pdf.

Langkah berikutnya yaitu men-cek email untuk memastikan kita telah terdaftar, dan apakah telah ada email tagihan.

Di dikala saya menjalankan order, terdapat 2 buah email dari niagahoster. Email pertama-tama berisi konfirmasi pendaftaran anggota (kita tinggal klik link yang disediakan), dan email kedua berisi konfirmasi pembayaran. Di email kedua ini, kita disarankan untuk login ke bagian anggota/client dari niagahoster (klik link yang disertakan).

Berikutnya kita kembali ke situs niagahoster, namun kali ini ke halaman login anggota. Untuk dapat masuk, gunakan tempat tinggal email dan password yang sebelumnya telah dibangun di dikala pendaftaran hosting.

Tampilan web anggota niagahoster lumayan rapi (seandainya dibandingi dengan beberapa web hosting yang pernah saya gunakan), dan disinilah kita akan mengelola seluruh layanan, yakni paket web hosting dan nama domain. Di bagian ini pun nantinya pemberitahuan perpanjangan web hosting/penambahan order dilakukan.

Apabila kamu belum menjalankan pembayaran, dapat lakukan kini ini. Jangan lupa untuk memfoto bukti transfer (untuk jaga-jaga). Di dikala transfer sebaiknya ditulis berita yang berisi nomor order.

Setelah menjalankan pembayaran (transfer bank), berikutnya kita mesti konfirmasi ulang untuk memberitahu pihak niagahoster bahwa pembayaran telah dilakukan.

Terdapat beberapa cara untuk proses konfirmasi ini. Cara pertama-tama yaitu dengan menggunakan link “konfirmasi pembayaran” yang terdapat di fitur bagian anggota. Cara kedua yaitu dengan mengirim email ke bagian pembayaran@niagahoster.co.id, dan cara ketiga dengan mengirim sms. Mengenai ketiga cara ini dapat dibaca di halaman informasi tagihan.

Setelah konfirmasi dikirim, kita tinggal menunggu email dari pihak hosting.

Beberapa dikala kemudian (di kasus saya sekitar setengah jam-an), email yang berisi pemberitahuan aktifasi layanan web hosting dan web domain telah diterima.

Di email kedua pun terdapat informasi urgen berupa tempat tinggal web server, dan pun user id dan password untuk masuk ke cPanel. cPanel yaitu aplikasi program berbentuk situs yang digunakan untuk mengatur seluruh settingan yang terkait hosting.

cPanel benar-benar populer, dan hampir setiap layanan web hosting menggunakannya. Di email ini pun terdapat user id dan password untuk FTP (File Transfer Protocol). FTP digunakan untuk proses upload file-file laman (yang pun akan kita pelajari nantinya).

Saya benar-benar menyarankan kamu untuk menyimpan seluruh data ini di tempat yang aman. Seluruh data ini benar-benar ‘sensitif’ dan pun amat urgen. Siapa saja yang dapat mengaksesnya dapat menghapus dan mengubah laman kita.

Selain itu pun terdapat email mengenai registrant contact domain untuk Whois data. Email ini berisi informasi mengenai pihak yang mendaftarkan domain. Kita tinggal klik link yang diberikan untuk konfirmasi.

Informasi mengenai Whois data diambil dari data yang diberikan sewaktu mendaftar web hosting. Sebaiknya kita memberikan informasi yang sebetulnya, karena saya pernah melihat sebuah domain di blok disebabkan ada informasi Whois data yang dianggap tak valid.

Hingga disini web hosting dan domain telah aktif. Apabila kita mengunjungi domain yang baru didaftarkan, kamu dapat melihat halaman kosong, atau halaman dummy yang ditambahkan oleh web hosting.


Di panduan kali ini kita telah membahas strategi cara membeli web hosting dan domain, dimana selaku contoh saya menggunakan situs niagahoster. Apabila kamu mengalami kendala pada rentang waktu proses pembelian ini, silahkan seketika kontak Customer Service situs web hosting yang digunakan.

Untuk panduan cara membangun web online berikutnya, kita akan mulai berkenalan dengan cPanel, dan membahas fitur-fitur yang terdapat: Pengertian cPanel dan Cara Login ke cPanel.

Panduan ini hasil kerjasama Duniailkom dengan Niagahoster.co.id. Dapatkan diskon tambahan 10% dengan menggunakan kode coupon: “a-duniailkom“.


Sumber https://www.duniailkom.com/