cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial Form PHP Part 1: Cara Menampilkan Hasil Form HTML dengan PHP

Posted on

Langkah pertama-tama bagi dapat memproses hasil form HTML, yaitu mempelajari cara ‘mengambil’ nilai dari form dan menampilkannya. Pada panduan kali ini, kita akan membahas Cara Menampilkan Hasil Form HTML dengan PHP.


Mengenal Struktur Mendasar Form HTML (atribut action dan method)

Panduan mengenai cara membangun form menggunakan HTML telah saya bahas komplit di tutorial form HTML, pada panduan form PHP kali ini kita hanya fokus kepada bagian form yang berkaitan dengan PHP. Berikut yaitu struktur mendasar form sederhana pada HTML:

Jikalau sahabat menjalankan form HTML tersebut, akan ditampilkan form sederhana dengan 2 buah kotak inputan dan sebuah tombol “Proses Data” yang berfungsi bagi submit form. Dari struktur mendasar tersebut, di pada tag <form> terdapat 2 buah atribut. Yakni atribut action dan atribut method. Kita akan membahas kedua atribut ini secara lebih rinci.

Atribut pertama-tama yaitu action. Atribut action ini diisi dengan nilai berupa domisili halaman PHP dimana kita akan memproses isi form tersebut. Pada contoh diatas, saya membangun nilai action=”proses.php”, yang berarti saya mesti menyediakan sebuah file dengan nama: proses.php bagi memproses form tersebut.

Isi atribut action sebetulnya yaitu domisili dari halaman PHP. Karena atribut action di contoh diatas ditulis  action=”proses.php”, karenanya file proses.php mesti berada di pada 1 folder dengan halaman HTML yang berisi form ini. Namun sahabat dapat dengan bebas mengubah domisili proses.php ini tergantung dimana file tersebut berada, misalnya menjadi domisili relatif seperti action=”file_php/proses.php”, ataupun domisili absolut seperti action=”http://www.duniailkom.com/proses.php”.

Atribut kedua yang berkaitan dengan pemrosesan form HTML yaitu atribut method. Atribut inilah yang akan menentukan bagaimana cara form ‘dikirim’ ke pada halaman proses.php. Nilai dari atribut method hanya dapat diisi dengan1 dari 2 alternatif, yakni get atau post.

Jikalau seperti contoh diatas saya membangun nilai method=”get”, karenanya nilai dari form akan dikirim via domisili URL laman. Namun apabila nilai method diubah menjadi method=”post”, karenanya nilai form tak akan terlihat di pada domisili URL. Perbedaan antara method get dan post akan kita bahas secara mendalam pada panduan berikutnya. Nilai dari atribut method ini pun akan mempengaruhi cara kita memproses nilai dari form.

Setelah membangun tag pembuka form dengan atribut action dan method, isi form berikutnya yaitu 2 buah tag <input type=”text”> yang akan menampilkan kotak isian form. Hal yang sangat urgen diperhatikan yaitu atribut name dari masing-masing tag <input>. Nilai dari name inilah yang menjadi penanda masing-masing objek form agar dapat diproses dengan PHP.

Setelah 2 buah text input, objek form terakhir yaitu tombol submit yang apabila di klik akan mengirimkan data dari form ke halaman proses.php bagi diproses. Atribut urgen disini yaitu atribut type=”submit”, yang akan otomatis mengirim isian form ketika tombol ini di klik.


Cara Mengirimkan Nilai Form HTML ke pada PHP

Bagi memahami Cara Mengirimkan Nilai Form HTML ke pada PHP, kita akan seketika praktek dengan membangun 2 buah file, yakni halaman HTML yang berisi form dengan nama file form.html, dan halaman PHP yang akan berisi kode bagi menampilkan hasil form dengan nama file: proses.php.

Karena kita akan mengeksekusi kode PHP, kedua file ini mesti dijalankan dengan XAMPP dan berada di pada folder htdoc. Bagi contoh kali ini saya akan membangun folder belajar_form di pada folder htdoc XAMPP, sehingga bagi mengakses kedua halaman yaitu dari domisili : http://localhost/belajar_form/form.html dan http://localhost/belajar_form/proses.php (mengenai cara install dan menggunakan XAMPP telah saya bahas di panduan Cara Menjalankan File PHP dengan XAMPP)

Selaku langkah pertama-tama, kita akan membangun file form.html yang berisi kode HTML selaku berikut:

 Kode HTML diatas hanya berisi struktur kode HTML sederhana dengan 1 buah form yang berisi 2 text inputan bagi nama dan e-mail. Struktur form ini persis sama dengan form kita bahas di bagian awal panduan ini.

Sebelum membangun halaman proses.php, kita akan mencoba menjalankan sediki
t percobaan dengan form HTML ini. Silahkan coba input kedua kotak isian form ini dengan nilai apapun dan klik tombol submit. Ketika sahabat men-klik tombol submit, sahabat akan mendapati halaman error seperti berikut ini:

Halaman error tersebut memberitahu kita bahwa halaman proses.php tak ditemukan (yang memang belum kita bikin), namun perhatikan domisili URL di address bar web browser, kita dapat melihat ada penambahan seperti berikut ini:

http://localhost/belajar_form/proses.php?nama=duniailkomemail=duniailkom%40gmail.com

Perhatikan bahwa domisili URL sekarang ini telah berganti menjadi proses.php, yang kemudian diikuti dengan ?nama=duniailkomemail=duniailkom%40gmail.com. Pesan inilah yang sebetulnya di kirim oleh halaman form.html sewaktu kita men-klik tombol submit.

Tanda ? menandakan awal dari data form, dan kemudian diikuti dengan nama dari objek form dan nilainya, pada contoh ini, nilai yang akan dikirim yaitu nama=duniailkom. Karakter “” digunakan selaku tanda pemisah nilai objek form yang 1 dengan yang lain, kemudian diikuti dengan nilai kedua email=duniailkom%40gmail.com. Tanda %40 pada kode ini yaitu kode karakter HTML bagi karakter @ yang lazimnya digunakan di pada email.

Jikalau sahabat menambahkan objek form ketiga, karenanya domisili URL akan semakin panjang. Kita dapat melihat data yang dikirim karena di ketika perancangan form, saya menggunakan method=get. Namun apabila sahabat merubah form HTML kita dengan menggunakan method=post, karenanya sahabat tak akan melihat karakter-karakter ini di pada URL.

Berikutnya kita akan mencoba menampilkan nilai ini dengan PHP di halaman proses.php.


Cara Menampilkan nilai Form HTML dengan PHP ($_GET dan $_POST)

Setelah membangun halaman form.html yang berisi form HTML, kita akan membangun halaman proses.php yang berisi kode PHP bagi menangani nilai dari form ini.

Silahkan bikin file proses.php dengan kode program selaku berikut, dan savelah di pada folder yang sama dengan form.html berada:

Sebelum kita membahas kode program PHP tersebut, silahkan buka kembali halaman form.html, isi kotak input nama dan email, lalu klik tombol Proses Data. Apabila tak ada error, karenanya akan tampil hasil berikut ini:

Tampilan diatas yaitu hasil dari 3 baris kode program PHP yang kita bikin di pada halaman proses.php.

Bagi mengambil nilai form HTML, PHP menyediakan 2 buah variabel global yaitu variabel $_GET dan $_POST. Kita menggunakan variabel $_GET apabila di ketika perancangan form menggunakan atribut method=get, dan menggunakan variabel $_POST apabila form dikerjakan dengan method=post.

Kedua variabel ini sebetulnya yaitu array, sehingga cara mengakses nilai dari form yaitu dengan cara: $_GET[‘nama_objek_form’].

‘nama_objek_form’ yaitu nilai dari atribut name di pada form. Jikalau kita mempunyai tag dengan kode HTML <input type=”text” name=”nama” />, karenanya bagi mengakses nilainya yaitu dengan $_GET[‘nama’], dan bagi tag <input type=”text” name=”email” /> diakses dengan nilai $_GET[’email’].

Selaku latihan, silahkan sahabat mengganti atribut method pada file form.html menjadi:

Lalu ubah pun file proses.php menjadi:

Dan PHP akan menampilkan hasil yang sama, namun kali ini form dikirim menggunakan method=post.


Di pada panduan kali ini kita telah membahas mendasar Cara Menampilkan Hasil Form HTML dengan PHP, namun apa yang kita bahas disini hanya cara sangat mendasar bagi menampilkan nilai form dengan PHP. Pada panduan Form PHP berikutnya kita akan membahas lebih pada mengenai perbedaan pengiriman form dengan method GET dan POST.


Sumber https://www.duniailkom.com/