Tutorial Belajar WordPress Part 8: Cara Login ke Halaman Admin WordPress

Posted on

Melanjutkan panduan belajar wordpress, kali ini saya akan membahas cara mengakses (login) ke fitur administrasi wordpress. Di di halaman admin inilah nantinya kita membangun posting, artikel, mengubah theme, dll. Selain itu akan dibahas cara login, logout dan cara mengupdate wordpress dari program wordpress itu sendiri.

Halaman awal admin WordPress dikenal pun dengan sebutan Dashboard.


Cara Log-in ke Halaman Administrasi WordPress

Cara untuk log in ke halaman administrasi wordpress ialah dengan mengunjungi domisili http://localhost/wordpress/wp-login.php, atau ke http://localhost/wordpress/wp-admin. Namun pastikan Web server Apache dan Database Server MySQL telah berjalan.

Di halaman ini kita akan berhadapan dengan form login. Disini kita mesti menginput username dan password yang dibangun sewaktu proses instalasi. Di panduan cara menginstall wordpress offline, saya membangun username: admin_situsku, dan password: qwerty.

Kotak checkbox remember me dapat di pilih agar wordpress menyimpan cookie di web browser, sehingga kita tak perlu menginput password lagi di lain waktu. Namun pastikan fitur ini dipilih hanya ketika digunakan di komputer pribadi.

Setelah mengisi username dan password, klik tombol Log In untuk masuk ke fitur administrasi wordpress.

Link “Lost your password?” dapat digunakan untuk mereset password admin seandainya kamu lupa, tapi fitur ini hanya dapat diaplikasikan untuk wordpress online (menggunakan jasa web hosting).


Mengenal Halaman Administrasi WordPress: Dashboard

Halaman awal yang tampil setelah log-in ialah halaman Dashboard. Halaman dashboard berisi kumpulan ‘apa yang sedang terjadi’ di di wordpress.

Bagian (1) ialah sebuah jendela utama. Disini berisi ringkasan informasi seperti post apa saja yang belum selesai, siapa saja yang memberikan komentar, atau pelbagai informasi lain. Beberapa plugin pun akan menampakkan diri di bagian ini.

Dibagian kiri (2) terdapat fitur untuk mengakses halaman lain dari admin, seperti untuk membangun post, page, konfigurasi, mengubah theme, dll. Saya akan membahas kegunaan menu-menu ini sepanjang panduan wordpress di Source Code Program ini.

Di bagian atas (3) Yaitu admin menu-bar. Disini terdapat beberapa tombol shortcut, dan di sisi kanan atas terdapat tombol logout.

Halaman dashboard dan seluruh fitur administrasi ini dikenal pun selaku Back End Page, atau ‘halaman belakang’. Maksudnya, seluruh yang kita lihat di bagian ini hanya dapat diakses oleh administrator atau user tertentu saja. Bagian situs yang akan dilihat oleh pengunjung (menggunakan theme twenty fifteen) di sebut dengan Front End Page, atau halaman depan.

Tampilan dashboard dikala ini masih sepi karena saya memang belum membangun posting apapun. akan tetapi seiiring kita membangun artikel, dan menginstall pelbagai plugin, tampilan Dashboard akan terlihat ‘ramai’. Selaku contoh, berikut ialah tampilan admin dari situs duniailkom:


Cara Update WordPress

Secara berkala, wordpress mengerjakan update kode program. Entah itu untuk menambah fitur baru atau menutup celah keamanan. Setiap kali kita login ke fitur admin, secara otomatis wordpress akan mengecek apakah terdapat update atau tak. Apabila belum update, kita akan melihat link informasi untuk segera mengerjakan update.

Cara update wordpress dari fitur admin ini lumayan sederhana: klik link “Please update now”, lalu kita akan dibawa ke halaman WordPress Update. Kali ini klik tombol “Update Now” dan kita tinggal menunggu sebentar.

Apabila telah selesai, halaman welcome akan tampil dan wordpress berhasil diupdate ke versi terbaru.

Apabila koneksi internet yang kamu gunakan agak lambat, mungkin akan muncul pesan: Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in D:xampp_5.6.3htdocswordpresswp-includesclass-http.php on line 1589

Untuk mengatasi masalah ini silahkan ke: Tutorial PHP: Mengatasi Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded di XAMPP.


Cara Log-out dari Dashboard Wordpress

Untuk keluar dari halaman administrasi wordpress. Arahkan kursor mouse di kanan atas halaman, ke bagian nama user: situs_admin. Sesaat akan muncul fitur baru, lalu klik Log Out.


Di panduan belajar WordPress kali ini kita telah membahas sekilas mengenai tampilan halaman admin wordpress serta cara login dan logut dari dashboard Worpdress. Di panduan berikutnya kita akan mempelajari lebih jauh mengenai konfigurasi admin wordpress.


Sumber https://www.duniailkom.com/