Tutorial Belajar WordPress Part 2: Cara Mendownload Aplikasi WordPress

Posted on

Setelah membahas mengenai Pengertian WordPress dan CMS pada panduan sebelumnya, di panduan belajar WordPress kali ini kita akan membahas mengenai cara mendownload aplikasi WordPress.


Mengenal 2 Situs WordPress: wordpress.org dan wordpress.com

Situs resmi WordPress ada 2 jenis, yakni wordpress.org dan wordpress.com. Keduanya sama-sama bagian dari wordpress.

Situs WordPress pertama-tama: www.wordpress.org yaitu situs CMS WordPress. Disinilah kita dapat mengunduh program WordPress. Di dalamnya terdapat dokumentasi, theme, plugin, dan forum mengenai WordPress. Ini yaitu situs wajib jikalau kamu ingin mempelajari WordPress secara mendalam. Kita akan membahas cara menggunakan situs ini beberapa ketika lagi.

Situs WordPress kedua: www.wordpress.com yaitu situs bagi merancang web online free dengan WordPress. Apabila kamu pernah menggunakan blogger.com, hal yang sama pun terdapat bagi wordpress. Pada situs ini kita dapat merancang laman WordPress dengan domisili: nama_anda.wordpress.com. Situs ini dikelola oleh automattic, perusahaan yang pun berada dibelakang CMS wordpress. Kamu dapat mendaftar, dan seketika menggunakan wordpress.

Akan tetapi situs yang dibangun dengan wordpress.com mempunyai banyak batasan sehingga kita tak dapat menggunakan WordPress secara optimal (kecuali jikalau kamu memilih opsi berbayar). Boleh di bilang bahwa wordpress.com ini yaitu versi komersil dari wordpress.org.

Jadi, situs mana yang kita gunakan? Pada panduan belajar WordPress di Source Code Program ini saya akan menjalankan WordPress secara lokal (offline) di komputer kita sendiri. Yang akan kita akses yaitu situs wordpress.org.

Apabila kamu telah mempunyai situs WordPress yang di hosting sendiri, bahan yang akan kita pelajari disini pun dapat dipakai.


Cara Mengunduh WordPress

Karena saya akan mengakses WordPress di komputer lokal, karenanya kita perlu menggunakan 2 buah program, yakni file sourcecode WordPress dan program web server+PHP+MySQL seperti XAMPP. Bagi cara menggunakan XAMPP, akan saya bahas di panduan berikutnya.

Bagi memperoleh file WordPress, silahkan kunjungi situs www.wordpress.org. Di halaman awal ini terdapat 2 buah tombol unduh, yakni di bagian kanan atas, dan bagian tengah laman. Silahkan klik salah satunya. Pada contoh ini saya akan menggunakan tombol: Unduh WordPress 5.1. Silahkan klik tombol ini, dan kamu akan dibawa ke halaman: https://wordpress.org/download/.

Berikutnya, di halaman unduh, silahkan klik tombol Unduh WordPress 4.1 di bagian kanan halaman. Web browser kemudian akan mengunduh file wordpress-4.1.zip. Save lah file ini dikomputer kamu. Ukuran WordPress 4.1 sekitar 6,4 MB.

WordPress adalah diantara CMS yang betul-betul sering mengerjakan update bagi menambah fitur baru atau menutup celah keamanan/bug yang terdapat. Sehingga kemungkinan besar ketika kamu membaca panduan ini, versi WordPress yang digunakan tak lagi versi 4.1. Di dasarnya panduan cara pemakaian WordPress akan tetap sama (mungkin dengan penambahan beberapa fitur).

Selaku alternatif jikalau WordPress mengadakan update besar, saya menyediakan link bagi unduh WordPress versi 4.1 yang akan saya gunakan pada seluruh panduan WordPress di Source Code Program ini. WordPress versi 4.1 dapat diakses di: http://wordpress.org/wordpress-4.1.zip

File wordpress-4.1.zip ini yaitu kumpulan dari ratusan halaman PHP pada format zip. Bagi dapat menggunakannya, kita mesti menempatkan file ini ke pada web server yang mendukung PHP dan MySQL. Apabila kamu menggunakan web hosting, program ini telah seketika terdapat. Akan tetapi karena kita ingin menjalankannya di komputer lokal secara offline kita memerlukan program khusus seperti XAMPP atau WAMP.


Pada panduan belajar WordPress kali ini kita telah selesai menyimpan file WordPress 4.1. Pada panduan WordPress berikutnya, kita akan mempelajari cara menginstall program XAMPP bagi mempersiapkan proses instalasi wordpress.


Sumber https://www.duniailkom.com/