Tutorial Belajar Python Part 6: Aturan Dasar Penulisan Kode Program Python

Posted on

Setelah program atau interpreter Python telah terdapat dan dapat dijalankan, kita telah dapat fokus membahas kode program Python itu sendiri, yang diawali dengan Aturan Dasar Penulisan Kode Program Python.


Struktur Kode Program Python

Python termasuk bahasa pemrograman yang amat minimalis. Kita tak butuh mendesain struktur program apapun. Ini sering dijadikan “meme” di internet untuk menunjukkan betapa mudahnya mendesain kode program di bahasa Python.

Selaku contoh, berikut kode program di bahasa C untuk menampilkan teks “Hello World”:

Berikut kode program di bahasa Pascal untuk menampilkan teks “Hello World”:

Dan berikut kode program di bahasa Python untuk menampilkan teks “Hello World”:

Yup, hanya satu baris saja. Dan dari kode program ini dapat disimpulkan bahwa print ialah pedoman Python untuk menampilkan teks ke layar. Amat sederhana.


Statement Terminator

Selain tak butuh struktur basic, bahasa Python pun tak perlu tanda titik koma ( ; ) di ahir setiap pedoman dari yang yang sering ditemukan di bahasa pemrograman lain.

Secara teknis, Python menggunakan karakter new line selaku pemisah pedoman. Karakter newline ini tak lain ialah penanda pindah baris yang kita bikin dengan cara menekan tombol Enter. Berikut contoh kode program Python dengan 4 baris pedoman:

Pada rentang waktu tiap pedoman berada di baris yang berlainan, itu telah lumayan.

Meskipun demikian itu, Python tak protes seandainya kita tetap ingin menambah tanda titik dua di ahir setiap pedoman:

Tanda titik koma ini menjadi mesti ditulis jikalau kita ingin menulis beberapa pedoman di 1 baris kode program:

Namun penulisan seperti ini tak disarankan karena susah bagi kita untuk membacanya. Sebaiknya tempatkan 1 pedoman di satu baris saja.


Perbedaan Huruf Besar / Kecil di Bahasa Python

Bahasa Python menganut aturan penulisan case sensitif, yang artinya huruf besar dan kecil dianggap berbeda. Pedoman print tak dapat ditulis menjadi Print atau PRINT. Ini berlaku untuk perintah-perintah lain seperti variabel dan keyword.

Berikut tampilan pesan error di Python ketika saya menulis pedoman Print (dengan awalan huruf “P” besar):


Indentations

Di bahasa Indonesia, indentations dapat di translate selaku indentasi. Bahasa bebasnya, indentasi ialah menggeser atau “menjorokkan” beberapa baris kode program ke arah di.

Biasanya indentasi diaplikasikan untuk sekedar mempermudah pembacaan kode program, namun di Python, indentasi berfungsi selaku penanda blok kode program.

Perhatikan kode program berikut ini:

Hasil kode program Python:

 Maksud dari kode program ini boleh diabaikan terlebih dahulu karena akan kita bahas secara bertahap di tutorial-tutorial berikutnya.

Tetapi perhatikan spasi di awal baris mulai dari baris ke 2 hingga ke 4. Inilah yang disebut dengan indentasi. Di bahasa pemrograman lain, indentasi ini hanya sebatas “pemanis” untuk mempermudah pembacaan kode program, tanpa tambahan spasi di awal pun kode program tetap berjalan dari yang mestinya.

Namun di bahasa Python, spasi di awal baris mempunyai makna untuk mendesain blok kode program. Kalau indentasi di hapus, kode Python dapat menghasilkan error.

Kode diatas menghasilkan error karena saya menghapus spasi di awal baris kedua.

Lebih jauh mengenai indentasi dan blok kode program akan kita bahas di ketika masuk ke kondisi if dan perulangan. Untuk ketika ini yang perlu dimengerti ialah, spasi di awal kode program amat urgen
di di Python.


Comments

Di programming, comments atau baris komentar ialah istilah untuk menyebut keterangan tambahan. Comment ini ibarat notes atau catatan yang biasanya diaplikasikan untuk menulis maksud dari kode tersebut. Comment tak akan diproses oleh interpreter Python.

Untuk project yang besar dan melibatkan banyak programmer, comment akan mempermudah programmer lain untuk memahami maksud dari kode yang kita tulis.

Untuk mendesain comment di di Python, awali sebuah baris dengan tanda hash atau tanda pagar ( # ), seperti contoh berikut:

Terlihat di baris 4 bahwa comment pun dapat berada di pertengahan baris. Mulai dari karakter hash hingga ahir baris tak akan diproses oleh interpreter Python.


Di panduan ini kita telah membahas secara singkat apa saja aturan basic dari bahasa pemrograman Python. Diantaranya mengenai struktur kode program, statement terminator, pemakaian huruf besar atau kecil, indentasi, dan comment.

Berikutnya kita akan masuk ke Cara Pembuatan Variabel di dalam Bahasa Python.


Sumber https://www.duniailkom.com/