Tutorial Belajar Python Part 5: Cara Menjalankan Python dari IDLE

Posted on

Menjalankan kode program python secara manual dari cmd Windows memang lumayan gampang. Namun ada alternatif yang lebih bagus, yakni menggunakan IDLE bawaan Python. Apa itu IDLE? dan bagaimana cara menggunakan IDLE? Kita akan bahas di panduan belajar bahasa pemrograman python kali ini: Cara Menjalankan Python dari IDLE.


Pengertian IDLE Python

IDLE yaitu singkatan dari Integrated Development and Learning Environment. Di pengertian sederhana, IDLE Python tak lain yaitu teks editor bawaan Python. Ketika kita menginstall Python, IDLE telah seketika terinstall secara otomatis.

Untuk membukanya, silahkan pilih fitur Python di start fitur, lalu cari IDLE (Python 3.7 32-bit).

Menggunakan IDLE, kita dapat menjalankan kode Python di interactive mode maupun script mode.


Menjalankan Kode Python dari IDLE (interactive mode)

Tampilan awal IDLE mirip seperti interactive mode python seperti yang pernah kita bahas di panduan Cara Menjalankan Kode Program Python, namun kali ini dengan warna background putih, bukan hitam seperti cmd Windows.

Cursor “>>>” menandakan kita dapat seketika mengetik kode program Python. Kamu dapat coba mengetik beberapa pedoman dan kode Python seketika di proses.


Menjalankan File Python dari IDLE (script mode)

Keunggulan IDLE Python yaitu kita dapat membangun sebuah file kode python dan seketika menjalankannya (script mode).

Caranya, bikin file teks baru dari fitur File -> New File. Sesaat kemudian akan tampil teks editor yang mirip seperti Notepad. Mari kita ketik beberapa pedoman python yang sama seperti panduan sebelumnya:

Lalu simpan file dengan cara pilih fitur File -> Save As atau dapat pun dengan menekan tombol CTRL+S. Kita dapat menyimpan file ini dimana saja, namun agar lebih rapi saya akan menyimpannya di D:belajar_python dengan nama file hello_world.py. Folder ini telah kita bikin di panduan sebelumnya.

Untuk menjalankan kode python, pilih fitur Run -> Run Module, atau dapat pun tekan tombol F5.

Hasil dari file python ini akan tampil di jendela awal IDLE Python.

Inilah cara menjalankan file Python dari IDLE. Jikalau kita butuh mengedit atau menambahkan pedoman lain, lumayan kembali ke teks editor, save, dan tekan tombol F5.


Alternatif Editor Python

Sepanjang panduan belajar bahasa pemrograman Python di blog Duniailkom ini, saya akan menggunakan cara diatas, yakni dari IDLE. Meskipun sederhana, IDLE bawaan Python telah lumayan bagi kita di menjalankan perintah-perintah mendasar Python.

Namun kalau rekan-rekan berencana membangun project besar dengan Python, terdapat alternatif editor lain dengan fitur yang lebih “wah”. Yang betul-betul terkenal yaitu PyCharm. PyCharm yaitu IDE khusus Python terdapat di versi berbayar dan tak dipungut bayaran.

Alternatif lain yaitu Anaconda, yang ialah sebuah editor Python dengan tampilan web-based. Anaconda banyak diaplikasikan untuk project Python yang berhubungan dengan data science.

Jikalau rekan-rekan telah “malang melintang” di dunia programming, dapat pun menggunakan teks editor universal seperti Notepad++, Atom atau VS Code. Namun perlu menginstall beberapa plugin tambahan agar lebih nyaman mengetik kode-kode Python.


Di panduan kali ini kita telah membahas cara pemakaian IDLE Python. IDLE amat gampang, sederhana dan gampang digunakan. Terlebih IDLE telah terinstall seketika dan tinggal gunakan.

Panduan kali ini pun menutup bahan singkat mengenai pengertian dan cara instalasi Python. Berikutnya kita akan ke bahan kode program python yang dimulai dari Aturan Dasar Penulisan Kode Program Python.


Sumber https://www.duniailkom.com/