Tutorial Belajar Python Part 2: Cara Mendownload dan Menginstall Python

Posted on

Agar dapat menjalankan kode program Python, kita perlu menginstall Python Interpreter, atau boleh disebut selaku program Python. Di panduan kali ini akan dibahas mengenai Cara Mendownload dan Menginstall Python.


Cara Mengunduh Python

Agar kode program yang ditulis di bahasa Python dapat diproses menjadi program komputer, kita butuh sebuah Python Interpreter. Python interpreter inilah yang akan membaca satu persatu pedoman di bahasa Python dan memprosesnya menjadi kode-kode yang dapat dimengerti komputer.

File Python interpreter dapat di unduh dari web resmi Python di www.python.org. Silahkan buka tempat tinggal tersebut lalu klik fitur “Unduh” (1).

Link Unduh Installer Python

Di halaman Unduh, blog Python dapat mendeteksi program operasi yang kita gunakan. Karena saya menggunakan Windows, karenanya akan muncul judul “Unduh the latest version for Windows“, yang diikuti dengan tombol “Unduh Python 3.7.0” (2).

Silahkan klik tombol ini dan proses unduh akan berlangsung. File python-3.7.0.exe yang saya unduh berukuran sekitar 24,3 MB.

Ketika panduan ini ditulis, versi terakhir Python yakni 3.7.0. Amat mungkin versi yang sobat peroleh telah lebih update, tapi pada rentang waktu belum hingga ke Python 4, tak akan ada banyak perbedaan. Dan kalaupun Python 4 nanti di rilis, kemungkinan besar kode program dasarnya masih tetap sama dengan panduan Python di Source Code Program ini.

Jikalau sobat menggunakan program operasi lain seperti Linux, atau Mac OS, program python pun terdapat. Namun di panduan ini saya akan membahas cara instalasi python di Windows saja.

Sedikit catatan, Python versi 3.5 ke atas (termasuk Python 3.7) tak dapat dimanfaatkan di Windows XP. Jikalau sobat masih menggunakan Windows XP, silahkan pilih Python 3.5 ke bawah.


Cara Instalasi Python

Setelah file Python berhasil di unduh, kita dapat masuk ke proses instalasi. Klik dua kali file python-3.7.0.exe.

File Installer Python 3.7

Berikutnya akan tampil jendela awal instalasi Python seperti gambar dibawah ini:

Jendela pertama-tama proses instalasi Python

Centang alternatif “Add Python 3.7 to PATH” di bagian bawah jendela (1). Ini bermanfaat agar python interpreter dapat diakses dari lokasi mana saja. Setelah itu klik tombol “Install Now” (2). Proses instalasi akan berlangsung beberapa dikala.

Proses instalasi Python sedang berlangsung

Proses instalasi Python telah selesai

Setelah selesai, akan tampil jendela “Setup was successful&#
8220;. Seketika saja klik tombol “Close“.

Di bagian bawah jendela ini hakekatnya terdapat alternatif untuk mematikan fitur Windows: “Disable path length limit“. Saya memilih untuk tak mengaktifkannya karena batasan ini kadang bermanfaat dikala menyusun program Desktop. Jikalau ini diaktifkan, program yang kita bikin dapat bermasalah di komputer lain yang mempunyai setingan path length limit.

Berikutnya periksa di bagian Fitur Windows, lalu cari Python 3.7. Rekan rekan akan mendapati 4 file di fitur ini:

  • IDLE (Python 3.7)
  • Python 3.7
  • Python 3.7 Manual
  • Python 3.7 Module Docs

Fitur Python di Windows

Apa saja kegunaan dari ke-4 fitur ini? Dan bagaimana cara menjalankan kode Python? Kita akan bahas di panduan berikutnya: Cara Menjalankan Kode Program Python.


Sumber https://www.duniailkom.com/