Tutorial Belajar Python Part 17: Jenis-jenis Operator Aritmatika Python

Operator aritmatika termasuk diantara operator yang amat banyak diaplikasikan, terutama di hitungan matematis. Di lanjutan panduan belajar bahasa pemrograman Python di Source Code Program ini kita akan membahasnya dengan lebih di.


Pengertian dan Jenis Operator Aritmatika Python

Operator aritmatika ialah operator yang lazim kita dapatkan untuk operasi matematika. Aritmatika sendiri yakni cabang ilmu matematika yang membahas perhitungan sederhana, seperti kali, bagi, tambah dan kurang (kabataku).

Selain keempat operasi tersebut, bahasa Python pun mempunyai operasi modulo division dengan operator % yang diaplikasikan untuk mencari sisa hasil bagi serta operasi pemangkatan dengan operator ‘**’.

Tabel berikut merangkum 7 operator aritmatika di bahasa pemrograman Python:

Operator Penjelasan Contoh
+ Penambahan 20 + 6, hasil: 26
Pengurangan 20 – 6, hasil: 14
* Perkalian 20 * 6, hasil: 120
/ Pembagian (real/pecahan) 20 / 6, hasil: 3.3333
// Pembagian (dibulatkan ke bawah) 20 // 6, hasil: 3
% Modulus (sisa hasil bagi) 20 % 6, hasil: 2
** Pemangkatan 20 ** 6, hasil: 64000000

Dan berikut 2 jenis operator aritmatika unary (hanya butuh 1 operand):

Operator Penjelasan Contoh
+ Positif (plus) +5
Negatif (min) -3

Kita akan bahas dengan contoh kode program sesaat lagi.


Contoh Kode Program Operator Aritmatika Python

Berikut contoh kode program pemakaian bermacam-macam operator aritmatika di bahasa Python:

Hasil kode program:

Di sini saya menampilkan teks dan hasil operasi menggunakan 1 pedoman print. Tanda koma diaplikasikan untuk memisahkan teks dengan operasi. Command print(‘x + y =’,x+y) dapat pun dipisah menjadi:

Dari kode program terlihat bahwa bahasa Python mempunyai 2 buah operasi pembagian, yakni pembagian pecahan dengan operator ‘ / ‘ dan pembagian bulat dengan operator ‘//’.

Operator ‘/’ akan selalu menghasilkan angka pecahan, misalnya 20 / 5 akan menghasilkan 4.0. Sedangkan operator ‘//’ akan selalu menghasilkan bilangan bulat dengan cara “membuang” nilai pecahan, misalnya 11//4 akan menghasilkan 2.

Operator modulus ‘%’ diaplikasikan untuk mencari sisa hasil bagi. Hasil dari 20 % 6 ialah 2 karena pembagian bulat terbesar dari 6 ialah 18, sehingga 20 – 18 = 2. Contoh lain, 100 % 7 hasilnya pun 2, karena hanya 98 yang habis dibagi 7 (bersisa 2).

Operator ‘**’ ialah untuk mencari pemangkatan, misalnya 5**2 = 25, atau di operasi matematis lazim kita tulis dengan 52.

Setiap angka pun dapat menggunakan tanda + untuk angka positif, dan tanda – untuk angka negatif.


Prioritas Operator Aritmatika Python

Di matematika lazim, operator perkalian dan pembagian mempunyai prioritas yang lebih tinggi daripada operator penambahan dan pengurangan. Aturan ini pun berlaku di operasi aritmatika Python. Berikut contohnya:

Hasil kode program: 28. Angka 28 didapat karena operasi yang dijalankan ialah selaku berikut:

Untuk mem-prioritaskan sebuah operasi, dapat ditambahkan tanda kurung, seperti contoh berikut:

Hasil kode program: -72


Di panduan bahasa Python kali ini kita telah membahas cara pemakaian operator aritmatika. Berikutnya, kita akan membahas Operator Perbandingan / Relasional Python.


Sumber https://www.duniailkom.com/

Share

You may also like...