Tutorial Belajar PHP Part 5: Cara Menjalankan File PHP dengan XAMPP

Posted on

Setelah sebelumnya kita mempraktekkan cara menjalankan web server Apache dengan XAMPP, di panduan kali ini akan membahas cara menjalankan file PHP melalui aplikasi XAMPP.


Mengenal Folder htdoc

Agar dapat mengakses halaman PHP dari web browser, karenanya kita mesti menempatkan file PHP di folder khusus yang ialah folder home dari web server. Di program XAMPP, folder tersebut yaitu folder htdocs yang berada di C:xampphtdocs.

Seluruh file PHP mesti diletakkan di folder htdocs ini. Agar mempermudah pencarian file, saya akan membangun folder “belajar” di di folder htdocs. Nantinya file kita akan ada di di folder belajar ini.


Cara Menulis File PHP

File PHP di dasarnya ialah file text biasanya yang dapat dikerjakan menggunakan program notepad bawaan windows, namun untuk pemakaian yang lebih bagus, kita dapat gunakan program text editor khusus programming seperti Notepad++, Atom, VS Code atau Sublime Text.

Teks editor yang betul-betul ringan yaitu Notepad++, program ini hanya berukuran 4MB dan telah lumayan untuk membangun pedoman PHP sederhana. Mengenai cara instalasi Notepad++ pernah saya bahas di Tutorial HTML: Memilih Aplikasi Editor HTML.

Selaku text-editor alternatif, rekan rekan dapat mencoba Visual Studio Code atau sering disingkat selaku VS Code. Program editor ini ialah diantara teks editor favorit banyak programmer. VS Code dapat di unduh secara free dari web resminya di: code.visualstudio.com.

Kembali ke folder belajar yang berada di C:xampphtdocsbelajar, kita akan membangun sebuah file baru. Untuk perancangan file ini dapat menggunakan notepad bawaan Windows, Notepad++, maupun VS Code.

Untuk isi dari file tersebut, silahkan ketik kode berikut:

Lalu save selaku coba.php. File tersebut akan berada di tempat tinggal C:xampphtdocsbelajarcoba.php. Untuk menjalankannya, mesti menggunakan web browser.


Cara Menjalankan File PHP

Seandainya Web Server Apache belum berjalan, silahkan jalankan terlebih dahulu seperti yang telah kita bahas di panduan Cara Menjalankan Web Server Apache dengan XAMPP.

Lalu buka browser, dan ketik tempat tinggal berikut: localhost/belajar/coba.php di address bar dan tekan Enter.

Apabila rekan rekan mengikutinya strategi di atas dengan benar, karenanya di di web browser akan tampil seperti tampilan di berikut:

Selamat! Kita telah berhasil menjalankan sebuah file PHP, walaupun file PHP tersebut tak mengerjakan apa-apa selain menampilkan beberapa baris text.

Sebelum mengakhiri panduan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait cara menjalankan file PHP:

  • File php yang akan dijalankan mesti berada di di folder C:xampphtdocs, bagus itu di di folder tersebut, atau folder-folder dibawahnya. Untuk menjalankan di di browser, tinggal mengganti tempat tinggal C:xampphtdocs menjadi localhost. Seandainya file php berada di luar folder htdocs, karenanya web server tak dapat mengaksesnya.
  • Setiap file PHP mesti ditulis menggunakan akhiran .php (meskipun ini dapat diubah di pengaturan modul php).
  • Penamaan file PHP mesti tanpa spasi dan sebaiknya menggunakan huruf kecil. Rekan rekan dapat menggunakan underscore (_) selaku pengganti spasi.


Di panduan ini kita telah mempelajari cara menjalankan file PHP di web server Apache. Berikutnya kita akan membahas mengenai cara kerja web server dalam menjalankan PHP.


Sumber https://www.duniailkom.com/