cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial Belajar PHP Part 44: Pengertian Variable Parameter dalam Fungsi PHP

Posted on

Pada panduan belajar PHP kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian variable parameter, dan guna dari variabel parameter pada PHP.


Pengertian Variable Parameter

Variable Parameter yakni sebuah fitur pada PHP dimana kita dapat merancang guna dengan jumlah parameter yang dapat berubah-ubah (variable). Umumnya sebuah guna membutuhkan parameter yang telah ditentukan sebelumnya, namun dengan beberapa guna khusus, PHP membolehkan kita bagi merancang guna dengan jumlah parameter tak dibatasi, dapat 0, 2, 5, bahkan 100 parameter dengan 1 nama guna.


Cara Perancangan Manfaat dengan Variable Parameter

Sebuah guna dengan jumlah parameter yang tak dipahami tampaknya agak aneh, namun fleksibilitas ini dapat digunakan bagi kasus-kasus pemograman khusus.

Selaku contoh, saya akan merancang guna penambahan(), dimana guna ini akan menambahkan seluruh angka yang terdapat di pada argumennya. Misalkan penambahan(2,6,8) akan menghasilkan 16, dan penambahan(1,2,3,4,5,6) akan menghasilkan nilai 21. Saya menginginkan guna ini mendukung berapapun jumlah argumen. Manfaat akan mengunakan fitur Variable Parameter.

Bagi merancang sebuah guna dengan jumlah parameter yang tak dipahami, PHP menyediakan 3 guna tambahan bagi mengakses argumen yang diinput di dikala guna dipanggil. Ketiga guna tersebut yakni:

  • func_get_args(): guna ini akan mengembalikan seluruh nilai argumen pada sebuah guna. Hasilnya pada wujud array.
  • func_num_args(): guna ini akan mengembalikan banyaknya jumlah argumen pada pemanggilan guna, apakah 1 argumen, 3 argumen, atau 10 argumen.
  • func_get_arg(no_urut_argumen): guna ini akan mengembalikan nilai dari argumen di nomor urut yang diberikan kepadanya.

Agar gampang memahami guna ketiganya, seketika saja kita masuk ke pada kode program:

 Mari kita membahas kode PHP diatas:

Di baris ke-2, saya mendefenisikan guna penambahan() tanpa menggunakan parameter. Bagi merancang guna variable parameter (dimana jumlah parameternya yang tak ditentukan) pada pendefenisian guna, dibangun tanpa parameter sama sekali.

Pad baris 5-7, saya menjalankan ke-3 guna khusus yang telah diterangkan sebelumnya. Manfaat-fungsi ini akan mengambil nilai-nilai dari argumen yang diinputkan di dikala pemanggilan guna. Lalu nilai ini saya simpan kedalam 3 variabel, yakni $array_argumen, $jumlah_argumen, dan $nilai_argumen_ke_2

Selaku catatan, bagi mengambil nilai argumen ke-2, saya dapatkan nilainya dari guna func_get_arg(1). Karena argumen dihitung dari angka 0, sehingga argumen kedua berada di index ke 1.

Berikutnya dari baris 11-20 saya menampilkan hasil masing-masing variabel. Penulisan echo ”<br/>” digunakan semata-mata agar tampilan di browser lebih rapi dan gampang dilihat.

Di dikala pemanggilan guna penambahan() di baris ke 26, 30 dan 34, saya memanggilnya dengan jumlah argumen yang berbeda-beda, dan sahabat dapat melihat hasil dari ke-3 guna khusus variabel parameter.

Dengan ke-3 guna khusus telah sukses di jalankan, bagi merancang guna penambahan() yang sesungguhnya, saya tinggal merancang perulangan (looping) bagi menambahkan seluruh argumen-argumen yang terdapat. Berikut yakni kode program guna penambahan versi final:

Manfaat penambahan() diatas akan memproses tiap-tiap argumen yang diberikan kepada guna tersebut. Perulangan for akan memproses perulangan sebanyak argumen yang dimiliki.


Sumber https://www.duniailkom.com/