cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial Belajar PHP Part 24: Pengertian dan Jenis-jenis Operator Increment dan Decrement PHP

Posted on

Operator Increment dan Decrement yakni operator yang mempersingkat perancangan kode program. Pada panduan kali ini kita akan membahas Pengertian, Jenis-jenis serta cara penggunaan Operator Increment dan Decrement dalam PHP.


Pengertian Operator Increment dan Decrement PHP

Operator Increment dan Decrement yakni penyebutan bagi operasi sepert $a++, dan $a–. Apabila kamu telah mempelajari bahasa pemograman lain, operasi increment dan decrement ini sering digunakan pada perulangan (looping).

Increment digunakan bagi menambah variabel sebanyak 1 angka, sedangkan decrement digunakan bagi mengurangi variabel sebanyak 1 angka. Penulisannya menggunakan tanda tambah 2 kali bagi increment, dan tanda kurang 2 kali bagi decrement. Penempatan tanda tambah atau kurang ini boleh diwal, atau diakhir variabel, namun keduanya mempunyai perbedaan, sehingga terdapat 4 jenis increment dan decrement pada PHP.


Jenis Operator Increment dan Decrement pada PHP

Berikut yakni tabel 4 jenis operator increment dan decrement pada PHP:

Dari tabel diatas terlihat bahwa terdapat 2 jenis increment, yaitu Pre-increment, dan Post-Increment, dan 2 jenis decrement, yaitu Pre-decrement dan Post-decrement. Perbedaan keduanya terletak di posisi mana tanda tambah atau kurang diletakkan.


Cara Pemakaian Operator Increment dan Decrement

Bagi memahami cara pemakaian operator increment dan decrement, berikut contoh kode program PHP:

Contoh kode program diatas terlihat agak rumit, namun sebahagian besar hanyalah pengaturan format agar hasilnya tampil rapi seperti berikut ini:

 Terlihat bahwa Post-increment ($a++), akan memberikan hasilnya dulu, baru menambahkan nilai variabel $a sebanyak 1 angka, namun dengan Pre-increment, $a akan ditambahkan 1 angka, baru nilainya ditampilkan. Semacam itu pun hal nya dengan operasi Post-decrement dan Pre-decrement.


Pada panduan PHP kali ini kita telah membahas mengenai operator Increment dan Decrement pada PHP dan perbedaan Post-Increment dan Pre-Increment. Memahami perbedaan ini akan mempermudah kita pada menulis dan menghindari penulisan kode program yang tak diinginkan.


Sumber https://www.duniailkom.com/