Tutorial Belajar Pascal Part 8: Pengertian Variabel dan Cara Penulisan Variabel Pascal

Pada panduan belajar pascal kali ini kita akan membahas mengenai pengertian variabel dan cara penulisan variabel dalam bahasa pemrograman pascal.


Pengertian Variabel

Variabel yakni ‘penanda’ identitas yang digunakan bagi menampung suatu nilai. Nilai tersebut dapat diubah sepanjang kode program. Secara teknis, variabel merujuk kepada suatu tempat tinggal di memory komputer. Setiap variabel mempunyai nama yang selaku identitas variabel tersebut.

Pada matematika, konsep variabel biasanya menggunakan x atau y, seperti persamaan berikut:

x = y + 2

Disini, nilai ‘x’ dan ‘y’ dapat diisi dengan angka apapun (walaupun pada persamaan diatas, nilai x bergantung kepada nilai y).

Di pada pemrograman, nilai variabel dapat berubah dari waktu ke waktu, tergantung kebutuhkan. Selaku contoh, jikalau saya membangun program menghitung luas lingkaran, saya dapat membangun variabel ‘jari2’ dan mengisinya dengan nilai ‘7’, kemudian di pada kode program, saya dapat mengubah nilainya menjadi ‘8’, ‘10’ atau ‘1000’.


Cara Penulisan Variabel di pada Pascal

Bagi membangun variabel di pada pascal, kita mesti men-deklarasikan-nya sebelum main program. Setiap variabel pun mempunyai tipe data tertentu, dan sepanjang kode program, variabel tersebut hanya dapat diubah nilainya asalkan masih pada tipe yang sama.

Selaku contoh, jikalau variabel ‘jari2’ di-set dengan tipe data ‘angka’, kita hanya dapat mengisi variabel ini dengan nilai angka seperti 4, 6, atau 90. Kita tak dapat mengisinya dengan nilai huruf atau kata seperti ‘empat’, ‘lima’ atau ‘Andi’.


Jenis-Jenis Tipe Data pada Pascal

Pascal mendukung bermacam-macam jenis tipe data. Tipe data ini dapat dikelompokkan menjadi tipe data mendasar, tipe data terstruktur, tipe data bentukan, dll.

Terdapat 4 tipe data mendasar di pada Pascal. Keempat tipe data ini dikenal pun selaku tipe data ‘scalar’ :

  • Integer: tipe data berupa angka bulat, seperti 1,2,5,9,1000 atau 476563.
  • Real: tipe data yang berisi angka desimal (pecahan), seperti 22.7, 3.14, atau 0.006
  • Char: tipe data yang berisi huruf, seperti “a”, “A”, “C” atau “z”.
  • Boolean: tipe data yang hanya berisi 2 nilai, true atau false.

Selain itu, Pascal pun menyediakan 8 tipe data tambahan:

  • String: tipe data yang berisi kumpulan karakter, seperti “admin”, “kamu” atau “belajar pascal di Source Code Program”.
  • Enumerated: tipe data bentukan yang dapat didefenisikan sendiri. Selaku contoh kita dapat membangun tipe data warna yang terdiri dari nama-nama warna.
  • Subrange: tipe data bentukan yang berisi bagian dari tipe data lain. Selaku contoh, kita dapat membangun tipe data “angka_kecil” yang hanya berisi angka 1 – 9 (adalah bagian dari tipe data integer)
  • Array: tipe data yang terdiri dari banyak variabel, selaku contoh kita dapat membangun nama pelajar selaku array “pelajar”, dan variabel penyusunnya yakni pelajar[1], pelajar[2], pelajar[3], dst.
  • Record: tipe data bentukan yang dapat berisi bermacam-macam tipe data. Record bagi “pelajar” dapat terdiri dari “nama”, “tempat tinggal”, “tinggi_badan”, dll.
  • Set: tipe data yang mirip dengan subrange, tetapi dapat digunakan bagi operasi himpunan seperti gabungan, irisan, bagian, dll.
  • File: tipe data yang digunakan bagi mengakses file atau dokumen.
  • Pointer: tipe data khusus yang merujuk kepada sebuah tempat tinggal di memory.

Gambar dibawah ini memperlihatkan jenis-jenis tipe data dan pembagiannya (sumber: tutorialspoint.com):

Penjelasan lebih lanjut mengenai pemakaian tipe data diatas akan dibahas pada panduan tersendiri.


Aturan Penulisan Variabel pada Pascal

Sebuah variabel di pada pascal mesti ditulis sesuai dengan aturan berikut:

  • Karakter pertama-tama mesti berupa huruf.
  • Karakter kedua dan seterusnya dapat berupa huruf, angka, atau karakter underscore “_”.
  • Penulisan variabel tak boleh menggunakan karakter selain angka, huruf dan underscore. Kita tak dapat menggunakan spasi, dan tanda-tanda khusus seperti *, +, -, , %, $, #, atau @.
  • Maksimal panjang variabel tergantung kepada compiler yang digunakan. Beberapa mendukung 32 karakter hingga 63 karakter. Walaupun semacam itu, sebaiknya gunakan nama variabel yang tak terlalu panjang.
  • Sebelum digunakan, setiap variabel mesti dideklarasikan terlebih dahulu.
  • Variabel hanya dapat diubah nilainya sesuai dengan tipe data asal.

Berikut yakni contoh penulisan variabel yang salah:

  • 9ayam: diawali dengan angka
  • belajar+: menggunakan karakter ‘+’
  • pertama-tama*: menggunakan karakter ‘*’
  • jari jari: dipisahkan oleh spasi

Berikut yakni contoh penulisan variabel yang benar:

  • panjang_persegi
  • angkatan99
  • AnGKa


Cara Pendeklarasian Variabel

Sebelum dapat digunakan di pada kode program, sebuah variabel mesti di deklarasikan terlebih dahulu. Berikut format penulisannya:

Perhatikan bahwa penulisan nama variabel dengan tipe datanya dipisah oleh karakter titik dua : ”. Diakhir deklarasi pun ditutup dengan karakter titik koma;

Berikut contohnya di d
alam kode pascal:

Pascal pun membolehkan deklarasi variabel bagi tipe data yang sama pada 1 baris (dipisahkan dengan tanda koma “ , ”):


Cara Memberikan Nilai Variabel (Assignment)

Setelah variabel dideklarasikan, berikutnya yakni men-input nilai kedalam variabel tersebut. Berikut format penulisannya:

Perhatikan bahwa bagi memberikan nilai, pascal menggunakan karakter ‘titik dua sama dengan’ yakni “ := ”. Di pada pemrograman, proses pemberian nilai ini dikenal dengan istilah assignment, dan tanda “ := ” disebut pun dengan operator assignment di pada pascal.

Proses assignment dibaca dari kanan ke kiri. Perhatikan kode berikut:

Kode diatas berarti kita memberikan nilai ‘Andika’ kedalam variabel nama.


Penggabungan Petunjuk Deklarasi dan Assignment

Pascal pun membolehkan proses deklarasi dan assignment digabung pada 1 kali penulisan. Berikut contoh penggunaannya:

Cara memberikan nilai di ketika deklarasi ini dikenal dengan istilah inisialisasi (bahasa inggris: initialization).

Update: Sepertinya command gabungan deklarasi dan assignment ini tak dapat berjalan di Turbo Pascal 7, namun tak masalah dengan FreePascal. Oleh karena itu jikalau kamu menggunakan Turbo Pascal 7, command diatas akan menghasilkan error


Menampilkan Nilai Varibel

Bagi menampilkan nilai variabel, kita tinggal menuliskannya dengan command writeln, seperti contoh berikut ini:


Contoh Program mengenai Variabel

Selaku penutup panduan pascal kali ini, berikut yakni contoh kode program sederhana yang merangkum apa yang kita pelajari kali ini:

Pada kode diatas saya membangun beberapa variabel, memberikan nilai kepada variabel tersebut, kemudian menampilkannya.

Di baris ke-5 saya membangun 2 variabel: nama dan tempat tinggal. Kedua variabel ini bertipe string.

Di baris ke-6, variabel umur dideklarasikan dengan tipe integer, kemudian seketika diberikan nilai 19. Dengan kata lain, variabel umur di-inisialisasi dengan nilai integer 19.

Baris berikutnya saya pun men-inisialisasi variabel sekolah dengan nilai string ‘SMA 1 Durian Runtuh’.

Pada program utama (main program), di baris 12 dan 13 saya men-assigment variabel nama dan tempat tinggal dengan nilai masing-masing. Di baris 14, saya pun memberi nilai 17 ke pada variabel umur. Perhatikan bahwa variabel umur pun telah saya isi dengan nilai 19 di ketika inisialisasi, sehingga nilai pada variabel umur akan “ditimpa” dengan nilai baru.

Selaku percobaan, kamu dapat memberikan nilai ‘sembilan belas’ kepada variabel umur. Hasilnya? Seperti yang dapat ditebak, pascal akan ‘komplain’ dan mengeluarkan error, karena kita mencoba mengisi variabel umur yang bertipe integer dengan nilai string ‘sembilan belas’. Pada bahasa pemrograman pascal, setiap variabel hanya dapat diisi dengan nilai yang sesuai dengan tipe datanya.

Update: Di contoh diatas, saya menggunakan compiler Free Pascal. Kalau kamu menggunakan Turbo Pascal 7, ini akan menghasilkan error, karena Turbo Pascal tak mendukung penggabungan command deklarasi dan assignment.

Bagi Turbo Pascal 7 dapat menggunakan kode program berikut:


Pada panduan kali ini kita telah mempelajari pengertian variabel dan cara penulisan variabel di pascal. Pada panduan berikutnya, kita akan membahas mengenai pengertian konstanta dan cara penulisan konstanta di pascal.


Sumber https://www.duniailkom.com/

Share

You may also like...