Tutorial Belajar Pascal Part 5: Cara Menjalankan Kode Program Pascal (Membuat File exe)

Posted on

Setelah menginstall program Free Pascal atau Turbo Pascal, kini saatnya kita mencoba menjalankan kode program Pascal. Pada panduan belajar pascal kali ini akan dibahas mengenai alur kerja perancangan dan cara menjalankan kode program pascal (merancang file .exe).

Pada panduan ini dan seterusnya, saya lebih banyak menggunakan program Free Pascal. Walaupun demikian itu, sahabat tetap dapat mengikuti panduan ini dari Turbo Pascal 7, karena dari sisi tampilan serta alternatif fitur yang terdapat, kedua program ini hampir sama.

Selaku contoh klasik ketika mempelajari bahasa pemrograman baru, pada panduan ini kita akan merancang kode program bagi menampilkan teks “Hello World” menggunakan pascal.

Sebelumnya, saya telah mempersiapkan folder “belajar” dimana kode program pascal akan disimpan. Saya meletakkan folder ini di tempat tinggal “C:FPC2.6.4”, sehingga akan bersebelahan dengan folder-folder program Free Pascal lainnya.


Merancang File Baru

Bagi merancang file baru dari pada Free Pascal (atau Turbo Pascal), silahkan pilih fitur File -> New di bagian kiri atas.

Berikutnya, akan tampil layar biru editor pascal yang mempesona 🙂

Seandainya sahabat perhatikan, di bagian tengah atas editor ini terdapat tulisan noname01.pas. Ini ialah nama file sementara (temporary) sebelum kita menyimpan file pascal. Kamu pun dapat melihat bahwa pascal menggunakan extension .pas.

Berikutnya, silahkan ketik kode program berikut ke pada editor :

 Bagi sementara, abaikan saja maksud kode diatas. Kita akan membahasnya pada pada panduan pascal berikutnya.


Menyimpan File Kode Pascal

Walaupun kita dapat menjalankan kode pascal tanpa menyimpannya, namun akan lebih rapi apabila setiap program pascal disimpan di file tersendiri. Bagi menyimpan kode diatas, silahkan pilih fitur File -> Save.

Berbeda dengan jendela Save di program Windows lainnya, jendela “Save File As” di pada Free Pascal atau Turbo Pascal tak tertalu ‘cantik’ dan terasa kurang familiar. Ini karena program Turbo Pascal memang diperuntukkan bagi program operasi DOS, bukan Windows yang telah mempunyai dukungan grafis.

Di bagian bawah jendela, terdapat tempat tinggal “C:FPC2.6.4bini386-win32*.pas”. Domisili ini mencerminkan posisi folder ketika ini. Saya akan mengubahnya menjadi “C:FPC2.6.4belajar”, sesuai dengan folder “belajar” yang telah saya bikin sebelumnya.

Di bagian tengah jendela (Files) terdapat tanda “..”. Tanda “..” digunakan bagi naik 1 folder dari posisi sekarang ini. Silahkan double-klik tanda “..”.

Sejenak tak tampak perubahan apa-apa. Namun jikalau sahabat perhatikan, di bagian Name, akan terisi “..*.pas

Double-klik sekali lagi tanda “..”. Kali ini di bagian Files akan terlihat “i386-win32”. Dan posisi tempat tinggal folder di bawah jendela akan berubah menjadi “C:FPC2.6.4bin*.pas”. Yang berarti kita telah naik 1 folder.

Kembali double klik tanda “..”. Kali ini sahabat akan melihat beberapa folder muncul di bagian Files. Domisili folder di bagian bawah pun telah berubah menjadi “C:FPC2.6.4”. Kita telah naik 2 folder.

Karena saya ingin menyimpan file kode pascal tersebut di pada folder “belajar”, double-klik nama folder “belajar”. Seandainya benar, di bagian bawah jendela akan berubah menjadi “C:FPC2.6.4belajar*.pas”. Inilah tempat tinggal yang saya tuju.

Selaku langkah terakhir, hapus teks “..*.pas” di bagian Name, kemudian ketik: “hello” atau “hello.pas” dan klik OK.

Jendela Save akan menghilang dan kita kembali ke editor kode program. Di tengah atas editor, terlihat tempat tinggal C:FPC2.6.4belajarhello.pas. Inilah lokasi penyimpanan file kode program kita kali ini.

Agar lebih yakin, silahkan periksa isi folder C:FPC2.6.4belajar lewat Windows Explorer. Akan terdapat file hello.pas yang baru saja kita bikin.


Men-compile Kode Pascal (Merancang File .exe)

Setelah menyimpan file, langkah berikutnya ialah men-compile kode program tersebut. Secara sederhana, compile ialah sebuah proses bagi merancang program executable (file .exe) menurut kode yang telah dikerjakan.

Proses compile sesungguhnya lumayan rumit. Biasanya sebuah compiler akan mengubah kode yang kita bikin menjadi apa yang disebut dengan object code. Object code berikutnya diproses lagi menjadi program executable, yakni file dengan akhiran *.exe yang adalah sebuah hasil ahir program.

Pada jurusan ilmu komputer / teknik informatika, proses compile ini dipelajari pada mata kuliah khusus: Teknik Kompilasi. Kamu tak mesti memahami proses compile bagi dapat mempelajari bahasa pemrograman pascal.

Bagi men-compile kode program pascal, pilih fitur Compile -> Compile. Atau gunakan shortcut ALT+F9.

Ketika melalukan proses compile, program Free Pascal (atau Turbo Pascal) akan memproses seluruh kode program dan menampilkan error (jikalau ada) atau menampilkan keterangan “Compile sucessfull: Press any key” jikalau berhasil.

Silahkan tekan tombol sembarang bagi keluar dari pemberitahuan hasil compile.

Seandainya sahabat telah mengerjakan proses compile dan sukses. Periksa kembali folder “belajar” menggunakan Windows Explorer. Apabila menggunakan Free Pascal, akan terlihat 3 buah file: hello.pas, hello.o dan hello.exe.

Untuk yang menggunakan Turbo Pascal, hanya akan terlihat file hello.pas dan hello.exe.

Apabila sahabat menggunakan Turbo Pascal dan tak melihat file hello.exe, ini disebabkan hasil compile Turbo Pascal di letakkan di “memory”, bukan di pada “disk”. Kamu dapat memeriksanya dari fitur Compile -> Destination. Seandainya tertera Destination Memory seperti berikut ini:

Klik fitur tersebut bagi mengubahnya menjadi Destination Disk.

Kemudian compile ulang menggunakan fitur Compile -> Compile.

File hello.pas adalah sebuah file kode pascal yang kita save sebelumnya. Sedangkan file hello.o ialah object code yang digunakan secara internal oleh Free Pascal (di pada Turbo Pascal sahabat tak akan mendapati file ini). Dan file hello.exe ialah program hasil kode pascal yang kita bikin sebelumnya.

Sepanjang merancang kode program pascal nantinya, sahabat mungkin pun akan menemukan beberapa file tambahan seperti *.bak bagi file bakcup.

Kita dapat seketika menjalankan file hello.exe seperti layaknya sebuah program Windows jikalau sahabat mengunakan Free Pascal. Silahkan double-klik file hello.exe:

Namun jikalau sahabat menggunakan Turbo Pascal 7 di program operasi Windows 64-bit, sahabat tak akan dapat menjalankan file hello.exe secara seketika dari Windows Explorer. Ini terjadi karena Turbo Pascal 7 tak dirancang menghasilkan program yang dapat berjalan di komputer modern. Selaku solusinya, kita mesti men-run kode tersebut dari pada editor Turbo Pascal.


Menjalankan Kode Program Pascal (run)

Pada panduan diatas, kita telah berhasil menjalankan program pascal di luar editor (menggunakan Windows Explorer). Program Free Pascal (dan pun Turbo Pascal) menyediakan cara yang lebih mudah bagi menjalankan hasil kode pascal dari pada editor. Caranya, pilih fitur Run -> Run, atau menggunakan shortcut CTRL+F9.

Silahkan kembali ke program Free Pascal / Turbo Pascal, dan jalankan fitur run. Kali ini hasil program akan ditampilkan seketika dari editor. Klik tombol sembarang bagi kembali ke editor.

Sepanjang perancangan program, akan lebih mudah jikalau kita menggunakan fitur ini. Terlebih, ketika memilih fitur Run, program Free Pascal/Turbo Pascal akan otomatis pun men-compilenya kode tersebut. Tombol CRTL+F9 akan menjadi diantara tombol yang sangat sering sahabat gunakan.


Di pada panduan belajar pascal kali ini kita telah mempelajari cara menjalankan kode program pascal dan mengenal alur kerjanya. Pada panduan berikutnya kita akan mulai fokus membahas aturan dan cara penulisan kode program pascal.


Sumber https://www.duniailkom.com/