Tutorial Belajar Pascal Part 4: Cara Mendownload dan Menginstall Compiler Turbo Pascal 7

Posted on

Pada panduan belajar Pascal kali ini kita akan mempelajari cara mendownload dan menginstall aplikasi compiler Turbo Pascal 7 di program operasi Windows.

Walaupun saya menyarankan bagi menggunakan compiler Free Pascal yang lebih baru, namun tak ada salahnya sekiranya kamu memilih menggunakan Turbo Pascal. Terlebih lagi, compiler Turbo Pascal 7 mempunyai aspek sejarah dan pernah menjadi program yang amat populer di zamannya.

Jikalau kamu memilih bagi menggunakan Free Pascal, silahkan lewatkan panduan kali ini dan lanjut dengan panduan berikutnya.


Mengenal Turbo Pascal 7

Di era ‘keemasan’ bahasa pemrograman Pascal di tahun 1980-an, Borland Turbo Pascal adalah sebuah program compiler pascal sangat populer dikala itu.

Jikalau kamu mencari informasi mengenai Turbo Pascal, versi yang sangat sering digunakan dikala ini ialah Turbo Pascal 7. Turbo Pascal 7 adalah sebuah compiler Pascal terakhir yang dirilis oleh Borland di program operasi MS-DOS. Setelah itu Borland beralih memaksimalkan Delphi bagi program operasi Windows. Walaupun Delphi pun adalah sebuah compiler Pascal, tetapi tak terlalu cocok digunakan bagi belajar programming.

Sepanjang perjalannya, Borland merilis 10 versi Turbo Pascal, terdiri dari 8 versi bagi program operasi DOS, dan 2 bagi program operasi Windows 3.0. Berikut ialah daftar mengenai versi dan tanggal perilisan Borland Turbo Pascal:

  • Turbo Pascal 1 – November 20, 1983 – versi pertama-tama, 64kb limit, CP/M-80, CP/M-86, DOS
  • Turbo Pascal 2 – April 17, 1984 – 8087 support via optional compiler
  • Turbo Pascal 3 – September 17, 1986 – overlays, 8087 compiler, BCD compiler
  • Turbo Pascal 4 – November 20, 1987 – separately compiled units
  • Turbo Pascal 5 – August 24, 1988 – integrated debugging, dynamic overlays
  • Turbo Pascal 5.5 – May 2, 1989 – mendukung pemrograman object
  • Turbo Pascal 6 – October 23, 1990 – Dirilis pun dengan nama Turbo Vision
  • Turbo Pascal for Windows 1.0 – February 13, 1991 – versi pertama-tama bagi 16-bit Windows 3.0, Object Windows Library, Whitewater Resource Toolkit (WRT)
  • Turbo Pascal for Windows 1.5 – June 8, 1992 – Windows 3.1, Resource Workshop, versi terakhir bagi Windows.
  • Turbo/Borland Pascal 7 – October 27, 1992 – DPMI 16/32 bit, versi terkahir bagi MS DOS

Seperti yang terlihat dari daftar diatas, Borland mengulang penomoran Turbo Pascal dari versi DOS kepada versi Windows. Turbo Pascal 7 dan Turbo Pascal for Windows 1.5 dirilis di dikala yang hampir bersamaan, sehingga keduanya mempunyai fitur yang sama. Namun karena angka “7” lebih tinggi dari angka “1.5” banyak yang menganggap Turbo Pascal 7 ialah versi sangat terkahir.

Sebelum kita mulai menginstall Turbo Pascal 7, ada beberapa aspek yang perlu dibahas terkait program ini.

Walaupun Turbo Pascal 7 dapat kamu dapatkan dengan gampang di internet, namun sebetulnya program ini ialah program berbayar (mempunyai hak cipta). Borland memang men-gratiskan beberapa versi Turbo Pascal (versi 1.0, 3.02, dan 5.5), namun tak bagi Turbo Pascal 7.

Jikalau ingin menggunakan Turbo Pascal 7 secara ‘legal’, kita mesti membeli program ini dari Borland. Masalahnya, dikala ini Borland telah tak menjual Turbo Pascal 7, sehingga kita ‘terpaksa’ menggunakan program non-legal.

Keterbatasan dukungan program operasi pun menjadi masalah lainnya. Borland Turbo Pascal 7 dirilis di tahun 1992 bagi program operasi Microsoft DOS. Di dikala itu, komputer masih menggunakan arsitektur 16 bit. Ketika ini, kita umumnya menggunakan Program Operasi Linux/Windows dengan arsitektur64-bit. Sehingga program ‘jadul’ seperti Turbo Pascal 7 tak dapat dijalankan di Windows vista, 7 atau Windows 8.

Bagi menjalankan Turbo Pascal 7 di pada program operasi modern, kita mesti menggunakan emulator MS-DOS. Emulator ialah sebuah program yang men-simul
asikan program lain. Emulator MS-DOS akan merancang sebuah program DOS di pada Windows. Program emulator yang akan kita gunakan ialah DOSBox.

Baiklah, seketika saja kita mulai proses Instalasi Turbo Pascal 7 dengan menggunakan DOSBox.

Khusus bagi Program Operasi Windows XP/Windows Vista / Windows 7 dengan arsitektur 32-bit, kamu mungkin dapat menjalankan Turbo Pascal secara seketika tanpa mesti menggunakan DOSBox, tetapi sekiranya tak dapat, terpaksa mengikuti strategi dibawah ini 🙂


Menginstall Program DOSBox

Emulator MS-DOS: DOSBox, dapat diperoleh dengan tidak dipungut bayaran via situs resminya di domisili www.dosbox.com.

Dari halaman awal, pilih fitur unduh di bagian atas situs.

Kemudian pilih program operasi yang diinginkan. Kali ini saya memilih Windows.

Kita akan dibawa ke situs SourceForge dan proses unduh akan seketika berjalan. Program DOSBox berukuran kecil, hanya 1,4 MB. Versi DOSBox yang saya gunakan ketika merancang panduan ini ialah versi 0.74.

Setelah file instalasi DOSBox selesai di unduh, silahkan double klik file DOSBox0.74-win32-installer.exe bagi memulai proses instalasi.

Jendela pertama-tama ialah “License Agreement”, di pada halaman ini kamu dapat melihat bahwa DOSBox dirilis dengan lisensi GNU General Public License. Klik Next bagi melanjutkan.

Di jendela kedua “Installation Options”, kita dapat memilih komponen apa saja yang ingin diinstall. Karena alternatif yang terdapat hanya 2 : Core files dan Desktop Shortcut, biarkan keduanya terchecklist, dan klik tombol Next.

Di jendela “Installation Folder”, kita dapat memilih dimana lokasi instalasi. Secara default, lokasi yang akan digunakan ialah di C:Program Files (x86)DOSBox-0.74, lokasi ini karena saya menggunakan Windows 7 64-bit. Jikalau kamu menggunakan program 32-bit, karenanya lokasinya akan berada di C:Program FilesDOSBox-0.74.

Saya akan membiarkan lokasi default dan men-klik tombol Install. Proses instalasi akan berjalan beberapa dikala.

Jikalau tak ada masalah akan terlihat keterangan “Complete” yang menandakan instalasi telah berhasil. Klik tombol Close bagi menutup jendela.

Apabila kamu melihat ke tampilan desktop, akan terdapat shortcut DOSBox. Double klik bagi menjalankan program ini.


Mengunduh Turbo Pascal 7

Setelah DOSBox berhasil diinstall, langkah berikutnya ialah menjalankan Turbo Pascal 7 dari pada DOSBox. Namun sebelumnya, kita mesti mengunduh file program Turbo Pascal 7.

Seperti yang saya bahas di awal panduan ini, Turbo Pascal 7 tak terdapat secara resmi. Kamu dapat mencari program ini di internet, atau dapat mengunjungi link berikut: TP7. Turbo Pascal 7 berukuran sekitar 1,8 MB pada format Zip.

Setelah berhasil di unduh, un-zip isi file tersebut. Agar gampang diakses, saya akan meletakkannya di pada drive C, sehingga alamatnya berada di C:TP. Di pada folder TP ini kamu dapat melihat folder-folder lain penyusun Turbo Pascal 7.

Program Turbo Pascal (TURBO.EXE) berada di pada folder BIN. Jikalau kamu mencoba menjalankan file ini, akan muncul keterangan Error bahwa Windows tak dapat menjalankannya (karena berbeda arsitektur processor). Bagi itu, kita mesti menggunakan DOSBox.


Menjalankan Turbo Pascal 7 dengan DOSBox

Bagi menjalankan Turbo Pascal 7 dari pada DOSBox, kita akan mengetik beberapa petunjuk DOS. Command ini digunakan bagi mengakses folder TP di pada drive C. Jikalau kamu meletakkan folder Turbo Pascal bukan di C:TP, silahkan lakukan beberapa pengesuaian. Silahkan jalankan kembali DOSBox sekiranya kamu belum membukanya.

Command pertama-tama yang kita gunakan ialah:

MOUNT X C:TP

Silahkan ketik petunjuk di atas di pada DOSBox, kemudian tekan ENTER. DOSBox tak mempermasalakna pemakaian huruf besar atau kecil (case insensitive). Jikalau kamu mengetiknya dengan benar, akan ditampilkan konfirmasi:

Drive X is mounted as local directory C:TP

Command diatas digunakan bagi ‘menghubungkan’ folder Turbo Pascal 7 di lokasi C:TP dengan drive ‘virtual’ X. Drive virtual ini hanya digunakan di pada DOSBox. Kamu pun boleh menggunakan huruf lain, seperti C, D, Y dll. Saya memilih X
hanya bagi contoh saja agar terkesan lebih keren 🙂

Berikutnya, ketikkan petunjuk berikut dan akhiri dengan tombol ENTER:

X:

Command diatas digunakan agar DOXBox pindah dari drive default di Z ke drive X yang baru saja kita bikin. Kamu dapat perhatikan bahwa setelah mengetikkan petunjuk tersebut, terdapat karakter X:> di awal petunjuk DOSBox.

Berikutnya, kita akan memeriksa apakah di pada drive X ini memang folder Turbo Pascal. Lakukan dengan petunjuk berikut, akhiri dengan tombol ENTER:

DIR

Command DIR digunakan bagi menampilkan seluruh folder dikala ini. Jikalau kamu mengikuti langkah-lahkan diatas dengan benar, akan terlihat daftar folder yang adalah sebuah isi dari folder C:TP. Command ini sebetulnya tak diperlukan, hanya bagi memastikan saja.

Bagi langkah terakhir, kita tinggal mengakses file TURBO.EXE yang terdapat di pada folder BIN. Ketikkan petunjuk berikut, dan akhiri dengan ENTER:

BINTURBO.EXE

Dan…. Borland Turbo Pascal 7 siap digunakan.

 Jikalau kamu mengalami kendala ketika mengetik kode-kode diatas, berikut ialah print screen petunjuk yang saya gunakan:

Selain mengetik BINTURBO.EXE, kamu pun dapat menggunakan BINTPX.EXE. Keduanya dapat digunakan bagi menjalankan Turbo Pascal.


Menggunakan Mouse di DOSBox Turbo Pascal

Ketika Turbo Pascal mulai berjalan, hal pertama-tama yang mungkin kamu lakukan ialah melihat-lihat fitur yang terdapat menggunakan mouse. Namun tanpa kamu sadari, cursor mouse kita ‘tertahan’ di pada DOSBox. Bagi melepaskan cursor mouse, tekan tombol CTRL+F10. Kombinasi tombol ini mesti kamu gunakan setiap kali ingin beralih dari DOSBox ke Windows.

Bagi merancang tombol mouse otomatis keluar-masuk dari Windows ke DOSBox (dan sebaliknya) tanpa perlu menekan kombinasi CRTL+F10, kita dapat menjalankan sedikit perubahan file konfigurasi DOSBox.

Caranya, buka fitur file pengaturan DOSBox dari Start Fitur -> All Program -> DOSBox-0.74 -> Options -> DOSBox-0.74 Options.

Akan tampil program Notepad yang berisi seluruh pengaturan DOSBox. Di bagian atas file konfigurasi, cari baris teks berikut:

autolock=true

Dan ubah menjadi:

autolock=false

 Save pengaturan dengan menekan CRTL+S, atau dari fitur File-> Save. Tutup Notepad, dan coba jalankan DOSBox kembali. Kali ini mouse akan otomatis berpindah tanpa di ‘lock’ oleh DOSBox.


Autorun Turbo Pascal dari DOSBox

Command-perintah bagi menjalankan Turbo Pascal dari pada DOSBox yang kita lalukan diatas, mesti dijalankan setiap kali membuka DOSBox. Hal ini amat merepotkan. Untungnya kita dapat mengubah sedikit pengaturan DOSBox agar Turbo Pascal 7 seketika berjalan ketika membuka DOSBox.

Buka kembali fitur file pengaturan DOSBox dari Start Fitur -> All Program -> DOSBox-0.74 -> Options -> DOSBox-0.74 Options.

Kali ini, scroll hingga bagian ahir, hingga kamu menemukan baris berikut:

Tambahkan beberapa baris petunjuk berikut dibawah teks tersebut:

Sehingga tampilannya menjadi seperti dibawah ini:

Save pengaturan, dan restart DOSBox. Jikalau tak ada masalah, Turbo Pascal akan seketika berjalan ketika DOSBox dibuka.


Menampilkan DOSBox Turbo Pascal secara Full Screen

Jikalau kamu merasa kurang nyaman dengan tampilan jendela DOSBox yang lumayan kecil, kita dapat memperbesarnya dengan menekan tombol ALT+ENTER dikala berada di pada DOSBox maupun Turbo Pascal. Kombinasi tombol yang sama pun dapat digunakan bagi keluar dari tampilan Full Screen.

Apabila kamu mengalami kendala mouse tak dapat digunakan pada mode Full Screen, kita mesti mengubah sedikit pengaturan dari DOSBox. Buka file konfigurasi DOSBox dari Start Fitur -> All Program -> DOSBox-0.74 -> Options -> DOSBox-0.74 Options.

Di bagian atas file konfigurasi, cari baris teks berikut:

output=surface

Dan ubah menjadi:

output=overlay

Save pengaturan, dan restart DOSBox.


Memperbesar Jendela DOSBox Turbo Pascal (non-Full Screen)

Apabila kamu ingin tampilan DOSBox Turbo Pascal menjadi Full Screen (dimana seluruh toolbar windows pun akan tertutup), kamu dapat memperbesar jendela DOSBox Turbo Pascal namun tak pada versi Full Screen.

Bagi menjalankan hal ini, kita kembali menggunakan file pengaturan DOSBox. Buka kembali file ini dari Start Fitur -> All Program -> DOSBox-0.74 -> Options -> DOSBox-0.74 Options.

Di bagian atas file konfigurasi, kali ini ubah settingan:

windowresolution=original

menjadi

windowresolution=1024×768

Save pengaturan, dan restart DOSBox. Kamu dapat mengubah nilai diatas bagi menyesuaikan ukuran jendela.


Mengubah Setingan CRTL+F9 dari DOSBox

Secara default, DOSBox menggunakan kombinasi tombol CRTL+F1 hingga dengan tombol CRTL+F12 selaku shortcut fungsi-fungsi DOSBox. Masalahnya, Turbo Pascal pun menggunakan kombinasi tombol-tombol ini. Terutama tombol CRTL+F9 yang digunakan bagi menjalankan program pascal (run). Walaupun kamu dapat menjalankannya dengan memilih fitur run di pada Turbo Pascal, shortcut tombol ini amat mudah.

Oleh DOSBox, kombinasi tombol CRTL+F9 digunakan bagi keluar dari program (shutdown). Kita mesti mengubah manfaat ini dengan cara selaku berikut:

  1. Tekan tombol CRTL+F1 bagi masuk ke fitur shortcut DOSBox.
  2. Cari kotak dengan tulisan “Shutdown”, klik kotak ini. Kotak Shutdown akan berwarna hijau.
  3. Klik kotak “Del” di bagian tengah bawah
  4. Klik kotak “Add”, kemudian tekan tombol “q” di keyboard.
  5. Klik kotak “mod1” di bagian kanan bawah
  6. Akhiri dengan klik kotak “Save

Strategi diatas digunakan bagi mengubah shortcut shutdown DOSBox dari CRTL+F9 menjadi CTRL+Q, sehingga kita dapat menggunakan tombol CRTL+F9 bagi menjalankan (run) program pascal.

Kamu pun dapat menjalankan hal yang sama bagi mengubah kombinasi tombol lain seperti CRTL+F1 yang digunakan bagi fitur help di pada Turbo Pascal.


Mengatasi Error: Invalid file name or extension pada Turbo Pascal

Walaupun tak berpengaruh, pada beberapa kasus kamu akan mendapati error “Error: Invalid file name or extension” ketika pertama-tama kali menjalankan Turbo Pascal. Error ini terjadi karena Turbo Pascal mencari file awal bagi ditampilkan.

Error ini sebetulnya tak terlalu masalah, karena kamu dapat menekan tombol OK, dan Turbo Pascal dapat kembali digunakan.

Bagi menghilangkan pesan error tersebut, jalankan langkah-lahkan berikut:

  1. Setelah men-klik tombol OK dari pesan error, bikin file pascal baru dari fitur File -> New.
  2. Jikalau halaman kosong telah tampil, berikutnya cari fitur Options -> Save BINTURBO.TP

Sekarang ini, pesan error tersebut tak akan muncul lagi.


Program Turbo Pascal 7 for Windows 7/8/8.1/9

Apabila kamu tak mau direpotkan dengan menginstall DOSBox secara manual, dikala ini telah terdapat program instant yang bagi menjalankan Turbo Pascal. Program “Turbo Pascal 7 for Windows 7/8/8.1/9” dapat kamu unduh dari domisili berikut: http://sourceforge.net/projects/turbopascal7/.

Di dasarnya, program ini menggabungkan proses instalasi DOSBox, Turbo Pascal dan seluruh setingannya pada 1 kali proses instalasi.

Walaupun mudah, kamu akan sedikit kesulitan sekiranya ingin mencari file konfigurasi DOSBox.


Demikianlah panduan cara menginstall program Turbo Pascal 7 menggunakan DOSBox. Kamu boleh memilih menggunakan Turbo Pascal 7 atau Free Pascal. Pada panduan belajar pascal di Source Code Program ini saya akan menggunakan Free Pascal. Walaupun demikian, tampilan dan cara pemakaian kedua complier pascal ini relatif sama.

Pada panduan berikutnya kita akan membahas cara menjalankan kode program pascal, dan cara merancang file executable (.exe).

Referensi:

http://www.emsps.com/oldtools/borpasv.htm


Sumber https://www.duniailkom.com/