Tutorial Belajar Pascal Part 34: Jenis-jenis Operator Logika dalam Pascal

Posted on

Di panduan belajar pascal di Source Code Program kali ini, kita akan membahas mengenai jenis-jenis operator logika dalam pascal. Operator logika ini sering pun disebut selaku operator boolean.


Pengertian Operator Logika di Pascal

Operator logika yaitu operator yang digunakan untuk menyusun kesimpulan logis dari 2 kondisi boolean: TRUE atau FALSE. Nilai asal dan nilai ahir dari operator logika ini pun bertipe data boolean.

Melanjutkan analogi mengenai kalimat password dari panduan sebelumnya: jenis-jenis operator perbandingan pascal. Umumnya selain password, untuk mempunyai hak akses seseorang pun mesti menggunakan username yang cocok.

Dengan kata lain, kita baru dapat memberi hak akses seandainya username DAN password cocok. Kata ‘dan’ dari kalimat sebelum ini ialah diantara dari operator logika, yakni: AND.

Di di pascal, terdapat 4 operator logika:

Operator Penjelasan Contoh
and Akan menghasilkan TRUE seandainya kedua operand TRUE TRUE and FALSE, hasilnya: FALSE
or Akan menghasilkan TRUE seandainya diantara operand TRUE TRUE or FALSE, hasilnya: TRUE
xor Akan menghasilkan TRUE seandainya kedua operand berbeda TRUE xor FALSE, hasilnya: TRUE
not Akan menghasilkan TRUE seandainya operand FALSE not TRUE , hasilnya: FALSE


Contoh Pemakaian Operator Logika Pascal

Selaku contoh pertama-tama, mari kita uji hasil dari keempat jenis operator ini:

Seperti yang terlihat, hasil dari contoh kode program sesuai dengan penjelasan dari tabel.

Lanjut ke contoh yang lebih ‘membumi’, saya akan menggabungkan operator perbandingan dengan operator logika:

Contoh kali ini lebih panjang, mari kita bahas:

  • Di baris 8 saya mencari logika dari 3 kondisi: false and false or true. Untuk operasi seperti ini, pascal akan mulai dari kanan ke kiri, sehingga yang akan dijalankan yaitu: (false and false) or true. Ini menjadi: false or true. Hasilnya akhirnya yaitu true.
  • Di baris 11 saya mencari logika dari 4 kondisi: true and false or true and false. Yang dijalankan yaitu selaku berikut: ((true and false) or true) and false. Silahkan kamu ikuti satu persatu tanda kurung tersebut dan hasil akhirnya yaitu false.
  • Di baris ke 14, operasinya yaitu (5 > 4) and (10 > 9), yang akan diproses menjadi (true) and (true), hasil akhirnya yaitu true.
  • Di baris ke 17, operasinya yaitu (15 <= 15) and (15 < 15), yang akan diproses menjadi (true) and (false), hasil akhirnya yaitu false.
  • Di baris ke 20, operasinya yaitu (‘a’ = ‘a’) or (‘a’ = ‘b’) , yang akan diproses menjadi (true) or (false), hasil akhirnya yaitu true.
  • Di baris ke 23, operasinya yaitu (10 > 7) and (‘duniailkom’=’duniailkom’), yang akan diproses menjadi (true) and (true), hasil akhirnya yaitu true.

Operator logika seperti ini betul-betul sering kita gunakan sepanjang perancangan kode program. Penyusunan percabangan kode program seperti pedoman IF THEN dan IF THEN ELSE akan banyak menggunakan operator logika ini. Nantinya
akan kita pelajari di panduan terpisah.

Berikutnya, saya akan membahas mengenai Urutan Prioritas Operator dalam Bahasa Pemrograman Pascal.


Sumber https://www.duniailkom.com/