Tutorial Belajar Pascal Part 24: Fungsi Perintah With pada Tipe data Record Pascal

Posted on

Setelah membahas pengertian tipe data record dan cara penggunaan tipe data record pascal, kali ini saya akan membahas perintah with yang dapat digunakan untuk mengakses isi record di bahasa pemrograman pascal.

Command with ini akan mempermudah pengaksesan isi atau field dari record.


Cara Mengakses Field Record di Pascal

Seperti yang telah kita pelajari, untuk mengakses isi record, atau dikenal dengan istilah field record, kita menggunakan tanda titik. Selaku contoh, bila saya mempunyai record ‘pelajar’ berikut:

Untuk mengakses field record pelajar tersebut mesti ditulis dengan format nama_record.field_record, seperti berikut ini:

Command pelajar.nama:= ‘Anto’ berarti saya ingin mengisi field nama dari record pelajar dengan nilai ‘Anto’.


Guna command With di Pascal

Selain cara pengaksesan diatas, pascal menyediakan keyword atau command with. Command with ini dapat digunakan untuk menyederhanakan pengaksesan isi record.

Selaku contoh, proses penginputan record pelajar sebelumnya dapat ditulis menjadi:

Kode program diatas diawali dengan command “with pelajar do” ini ialah sebuah instruksi kepada pascal bahwa kita ingin akan mengakses isi dari record pelajar. Setelah command with, kita mesti membatasi block kode program dengan command begin hingga end; Diantara blok inilah pengaksesan record dengan with dilakukan.

Perhatikan cara pengaksesan isi/field dari record pelajar. Saya tak perlu menyusun nama variabel record “pelajar.nama”, tetapi lumayan “nama” saja. Ini akan mempermudah penulisan kode program, terutama bila record yang diisi lumayan banyak.

Berikut contoh komplit kode program pascal dengan command with:

Lebih jauh lagi, kita dapat melingkupi seluruh kode program dengan command with.

Pemakaian command with seperti ini hanya dapat digunakan pada kurun waktu di di block kode program tersebut kita tak mengakses record lain. Kalau butuh untuk mengakses record lain, kita mesti keluar dari block with terlebih dahulu (menggunakan command end;).


Command with yang kita pelajari disini cocok digunakan untuk mempermudah pengaksesan record, terutama bila record tersebut mempunyai banyak field. Di panduan berikutnya kita akan mempelajari cara menyusun array dari struktur data record.


Sumber https://www.duniailkom.com/