Tutorial Belajar Pascal Part 22: Cara Membuat Array dari Tipe Data Bentukan Pascal

Posted on

Melajutkan panduan mengenai array di di bahasa pemrograman pascal, kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat array dari tipe data bentukan.


Membangun Array dari Tipe Data Standar

Di panduan mengenai array sebelumnya, secara tak seketika kita telah menyusun array menggunakan tipe data standar pascal, yakni integer, string atau char. Ditambah dengan tipe data boolean dan real, kelimanya yaitu sebuah tipe data standar bawaan pascal (atau dikenal pun dengan tipe data skalar).


Membangun Array dari Tipe Data Bentukan

Tipe data bentukan (user-defined data types) ialah sebutan untuk tipe data yang dibentuk sendiri. Hingga panduan ini, kita telah membahas 2 buah tipe data bentukan, yakni enumeration dan subrange.

Uniknya, tipe data bentukan ini pun dapat menggunakan selaku element array. Seketika saja kita simak contoh kode program berikut ini:

Di kode diatas saya menyusun 2 buah tipe data bentukan, yakni nama_hari yang yaitu sebuah tipe data enumeration dan umur yang yaitu sebuah tipa data subrange. Setelah deklarasi kedua tipe data ini, saya kemudian ‘memasukkannya’ ke di variabel hari dan umur. Keduanya yaitu sebuah array dari tipe data nama_hari dan usia.

Jikalau kamu kurang paham mengenai maksud keduanya, silahkan pelajari tutorial tipe data enumeration pascal dan tutorial subrange pascal.

Selebihnya, cara penggunaannya sama seperti biasanya, kecuali kita dibatasi kepada batasan yang dibangun. Selaku contoh, variabel hari hanya dapat diisi dengan nama-nama hari yang telah dideklarasikan di bagian type. Untuk variabel umur, pun tak dapat diisi dengan angka lebih dari 100.


Panduan cara menyusun array dari tipe data bentukan ini akan menutup 4 panduan mengenai tipe data array. Berikutnya, saya akan membahas tipe data record pascal.


Sumber https://www.duniailkom.com/