Tutorial Belajar Pascal Part 18: Pengertian dan Cara Penggunaan Tipe Data Subrange Pascal

Posted on

Sama seperti tipe data enumerated, tipe data subrange pun yaitu sebuah tipe data yang dibentuk sendiri. Kali ini saya akan membahas lebih di mengenai pengertian dan cara penggunaan tipe data subrange pascal.


Pengertian Tipe Data Subrange Pascal

Sesuai dengan namanya, tipe data subrange yaitu sebuah tipe data bentukan yang berasal dari bagian (sub) tipe data lain yang berada di sebuah jangkauan (range).

Selaku contoh, kita dapat membatasi sebuah tipe data “satuan” dimana hanya dapat diisi dengan angka 1 hingga 9. Angka 1 hingga dengan 9 yaitu sebuah bagian (sub) dari tipe data integer. Apabila kita mencoba mengisi tipe data “satuan” ini dengan angka selain 1-9, Pascal akan memberikan error.


Cara Pemakaian Tipe Data Subrange Pascal

Untuk mendesain tipe data subrange, caranya hampir sama dengan tipe data enumerated, dimana kita mesti mendefenisikannya di bagian type, kemudan baru membuatnya selaku variabel di bagian var. Berikut contohnya:

Di kode program diatas, saya mendefenisikan sebuah tipe data subrangesatuan’ dengan angka 1 hingga 9. Tanda titik dua ‘..’ digunakan untuk membatasi seberapa jauh jangkauan untuk satuan ini.

Apabila saya ingin mendesain tipe data ‘puluhan’ yang terdiri dari angka 11 hingga 99 karenanya penulisannya yaitu selaku berikut:

Apa yang terjadi seandainya kita memberikan angka diluar jangkauan tipe data subrange? Berikut contohnya:

Hasilnya, compiler FreePascal akan menghasilkan error: range check error while evaluating constants, yang artinya nilai tersebut berada di luar range (jangkauan) yang telah ditetapkan, dimana saya mencoba memberikan nilai 10.

Kita tak dibatasi untuk menggunakan angka saja, tapi dapat pun menggunakan karakter huruf selaku tipe data subrange. Berikut contohnya:

Kali ini saya mendesain tipe data subrange ‘huruf’ yang dibatasi dari huruf ‘A’ hingga ‘F’. Perhatikan tanda kutip untuk huruf-huruf ini, karena huruf tersebut yaitu bagian (subrange) dari tipe data char yang mesti dikerjakan dengan tanda kutip.

Yang pun perlu diperhatikan, huruf ‘A’ tak sama dengan huruf ‘a’, seperti contoh kasus berikut:

Kali ini saya mencoba memberikan nilai ‘a’ kepada variabel a yang didefenisikan selaku subrange ‘huruf’. Hasilnya?

Yup, Pascal kembali komplain karena huruf ‘a’ tak ada di di subrange.

Walaupun sehari-hari kita menyamakan ‘A’ (huruf A besar) dengan ‘a’ (huruf ‘a’ kecil), komputer tak memahami hal ini. Apabila kamu telah mempelajari panduan mengenai tipe data char, kedua karakter ini sesungguhnya mempunyai nomor ASCII yang berbeda, sehingga hasilnya tak sama.


Cara Pemakaian Tipe Data Subrange dari Enumerated

Untuk membuatnya lebih kompleks (dan pun lebih fleksibel), kita dapat mendesain tipe data subrange dari yang isinya berasal dari tipe data enumerated. Seketika saja kita masuk ke contoh programnya:

Contoh diatas saya ambil dari kode program dari panduan tipe data enumeration, dimana saya mendefenisikan nama_hari selaku tipe data enumerated. Namun kali ini saya mendesain tipe data subrange hari_kerja dan weekend dari nama_hari.

Konsep penggabungan enumerated dan subrange ini mungkin lumayan rumit, tapi seandainya kamu telah memahami panduan sebelumnya mengenai enumeration, saya rasa dapat memahami cara kerja kode program diatas. Silahkan diubah-ubah dan lihat bagaimana hasilnya.


Berikutnya, kita akan membahas tipe data array, yang (hampir) selalu hadir di setiap bahasa pemrograman.


Sumber https://www.duniailkom.com/