Tutorial Belajar Pascal Part 15: Pengertian dan Cara Penggunaan Tipe Data String Pascal

Posted on

Tipe data char yang kita pelajari sebelumnya hanya mendukung 1 karakter saja. Untuk menyimpan 2 karakter atau lebih, kita dapat menggunakan tipe data string di di Pascal. Di panduan kali ini akan dibahas mengenai pengertian dan cara penggunaan tipe data string pascal.


Pengertian Tipe Data String di di Pascal

Tipe data String yaitu tipe data yang dapat menampung banyak karakter sekaligus. Secara internal di di pascal, string yakni sebuah array dari tipe data char.

Di compiler Turbo Pascal, maksimal jumlah karakter yang dapat ditampung di di string yaitu sebanyak 255 karakter. Compiler FreePascal menambahkan beberapa jenis tipe data lain seperti AnsiString yang dapat menampung lebih banyak karakter (tak dibatasi).


Cara Pemakaian Tipe Data String Pascal

Untuk mendeklarasikan sebuah variabel selaku string, kita tinggal menambahkannya di bagian var. Berikut contoh penggunaannya:

Di kode program diatas, saya mendefinisikan variabel a selaku string, kemudian mengubah nilainya sepanjang kode program dan menampilkan hasilnya menggunakan pedoman writeln.

Secara default, tipe data string akan menyediakan tempat untuk 255 karakter. Kita dapat menetapkan seberapa besar ‘ruang’ yang disediakan. Caranya, dengan menambahkan angka di di kurung siku selaku penanda jumlah karakter.

Selaku contoh, pedoman a: string[10] akan menyusun variabel a hanya dapat diisi dengan 10 karakter saja. Bila karakter yang diinput lebih dari 10, sisanya akan dibuang. Berikut contohnya:

 Seperti yang terlihat, karakter yang dapat disimpan kedalam variabel a hanya 10 karakter saja.


Mengenal Tipe Data AnsiString FreePascal

Di di compiler Turbo Pascal, maksimal karakter yang dapat disimpan ke di string yaitu 255. Bila lebih dari itu, sisa karakter akan dibuang. Berikut contohnya:

Variabel a saya isi dengan string yang lumayan panjang, tanda ‘ + ’ digunakan untuk menyambung sebuah string dengan string lain, sehingga saya dapat memecahnya menjadi beberapa baris. Ini yaitu operator penyambungan string di di pascal.

Seperti yang terlihat, kalimat tersebut akan terpotong di karakter ke 255.

Compiler FreePascal mempersembahkan tipe data AnsiString yang tak membatasi jumlah string. Berikut contoh penggunaannya:

Kali ini seluruh kalimat akan ditampilkan, walaupun telah melebihi 255 karakter (yang yakni sebuah batasan tipe data string ‘lazim’). Bila kamu menjalankan kode di atas di di Turbo Pascal, hasilnya akan terdapat error, karena Turbo pascal tak mengenal tipe data ansistring.


Di perancangan sebuah program, tipe data string hampir selalu digunakan, karena dengan menggunakan tipe data inilah kita dapat menginput banyak karakter ke di sebuah variabel. Berikutnya, kita akan membahas tipe data boolean dalam Pascal.


Sumber https://www.duniailkom.com/