Tutorial Belajar Pascal Part 1: Pengertian Bahasa Pemrograman Pascal

Posted on

Di panduan pertama-tama belajar pemrograman pascal di Source Code Program ini kita akan berkenalan dengan bahasa Pascal, mulai dari Pengertian Bahasa Pemrograman Pascal, fitur-fitur yang terdapat di di bahasa Pascal serta mengenal compiler pascal: Turbo Pascal dan Free Pascal.


Pengertian Bahasa Pemrograman PASCAL

Pascal ialah diantara bahasa pemrograman komputer yang sering digunakan untuk belajar algoritma dan pemrograman bagi pemula terutama di bidang akademis.

Dikala ini pascal pun masih menjadi bahasa pemrograman standar untuk lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang komputer. Selain itu, mayoritas jurusan komputer di Indonesia pun menggunakan bahasa Pascal di tahun pertama-tama bangku kuliah.

Nama Pascal diambil dari ahli matematika Prancis abad pertengahan, Blaise Pascal. Bahasa Pemrograman Pascal dikembangkan oleh Niklaus Wirth di tahun 1970 dan mencapai puncak kepopulerannya di di era 1970 hingga awal 1990an (terutama dengan compiler Turbo Pascal).

Pascal sempat menjadi bahasa pemrograman utama di pengembangan Apple Lisa, yakni cikal bakal program operasi Apple Macintosh, dan Apple pernah merilis program operasi Apple Pascal. Photoshop versi pertama-tama pun dikerjakan menggunakan bahasa Pascal.

Bahasa Pascal mengaplikasikan konsep procedural dan structured programming yang bagus, sehingga pas untuk belajar konsep programming. Pedoman Pascal mirip dengan bahasa inggris sehari-hari seperti begin, end, write, dan read.

Apple Lisa (sumber gambar: wikimedia.org)


Fitur Bahasa PASCAL

Pascal mempunyai beberapa fitur yang membuatnya cocok untuk belajar pemrograman dan untuk membangun program komersil. Beberapa diantaranya ialah:

  • Tipe data bawaan: Pascal mempunyai tipe data standar yang umum terdapat di bahasa pemrograman komputer seperti Integer, Real, Character, dan Boolean.
  • Tipe data bentukan: Pascal membolehkan kita untuk membangun tipe data bentukan yang didefinisikan sendiri.
  • Mempunyai beragam struktur data: Pascal menyediakan beberapa struktur data seperti Array, Record, File dan Set.
  • Aturan tipe data yang ketat: Pascal membatasi pemakaian tipe data secara ketat. Kita hanya dapat menggunakan variabel untuk 1 tipe data saja dan variabel tersebut mesti dideklarasikan terlebih dahulu.
  • Mendukung struktural programming: Bahasa Pascal dirancang dengan konsep pemrograman terstruktur yang mendukung sub program lewat kegunaan dan prosedur
  • Sederhana dan expresif: Pascal banyak menggunakan perintah-perintah di bahasa inggris sederhana, sehingga gampang dimengerti.
  • Mendukung pemrograman objek: Walaupun tak banyak dibahas, tetapi Pascal pun mendukung pemrograman dengan menggunakan objek, terutama di compiler versi terakhir.


Mengenal Borland Turbo Pascal

Jikalau membicarakan program untuk membangun program menggunakan pascal, karenanya yang benar-benar terkenal ialah Turbo Pascal.

Turbo Pascal ialah compiler (program untuk menjalankan bahasa pascal) yang dikerjakan oleh perusahaan asal Amerika: Borland. Turbo Pascal hanyalah diantara dari banyak compiler pascal yang terdapat. Di periode 1980an, terdapat program UCSD Pascal, Microsoft Pascal, maupun QuickPascal yang kesemuanya digunakan untuk menjalankan bahasa pemrograman Pascal.


Compiler Free Pascal

Walaupun populer, Turbo Pascal telah jauh melampaui zamannya. Turbo Pascal versi terakhir (Turbo Pascal 7) dirilis di tahun 1992 untuk program operasi Microsoft DOS (MS-DOS) yang dijalankan di arsitektur 16-bit. Sehingga kita tak dapat menjalankan program Turbo Pascal di program operasi modern seperti Windows 7 atau 8 yang menggunakan arsitektur 32-bit atau 64-bit. Turbo Pascal pun telah tak dikembangkan lagi oleh Borland.

Diantara cara untuk dapat menjalankan program Turbo Pascal 7 ialah dengan menggunakan emulator MS-DOS seperti DOSBox (www.dosbox.com). Emulator ialah sebuah program yang men-simulasikan suatu program di di program lain, sehingga kita dapat menjalankan Turbo Pascal dari di DOSBox.

Alternatif lainnya untuk menjalankan Pascal ialah menggunakan compiler Free Pascal (www.freepascal.org). Free Pascal ialah program compiler pascal yang terus dikembangkan hingga kini secara sukarela oleh bermacam programmer dari seluruh dunia. Free Pascal dapat digunakan secara tak dipungut bayaran dan dapat diinstal seketika ke di program operasi modern tanpa memerlukan emulator atau program tambahan.

Tampilan Awal Program Free Pascal

Di panduan belajar pascal di Source Code Program ini saya akan menggunakan Free Pascal karena kita tak direpotkan untuk menginstall emulator dan masalah hak cipta/copyright.

< br/>

Terkait dengan masalah hak cipta, Turbo Pascal 7 sebetulnya program berbayar dan tak dirilis dengan tak dipungut bayaran. Borland secara resmi merilis Turbo Pascal 1.0, Turbo Pascal 3.02 dan Turbo Pascal 5.5 dengan tak dipungut bayaran, namun tak untuk Turbo Pascal 7.

Permasalahannya, ketika ini Borland pun tak lagi menjual Turbo Pascal 7, sehingga Turbo Pascal 7 yang banyak beredar ialah ‘bajakan’ dari versi aslinya. Oleh karena itu saya pun menyarankan kamu untuk menggunakan Free Pascal. Dari sisi fitur dan tampilan, bagus Turbo Pascal 7 dan Free Pascal sangatlah mirip.

Cara instalasi Turbo Pascal 7 dengan DOSBox dan Instalasi Free Pascal akan saya bahas di panduan terpisah.


Perlukah Belajar Pascal?

Jikalau kamu melihat lowongan kerja programmer ketika ini, nyaris tak ada yang membutuhkan keahlian bahasa pascal, jadi untuk apa mempelajari pascal?

Karena bermacam alasan dan sejarah yang panjang, ketika ini Pascal ‘kalah bersaing’ dengan bahasa pemrograman lain, seperti C, C++, Java bahkan bahasa BASIC (lewat Microsoft Visual Basic). Ini terjadi bukan karena bahasa Pascal yang tak ‘bagus’, akan tetapi lebih karena sisi marketing dan kurangnya dukungan Industri.

Selaku contoh, banyak kalangan yang menganggap Pascal lebih bagus dan lebih terstruktur dibandingi dengan BASIC, namun BASIC didukung oleh perusahaan sekelas Microsoft dengan Microsoft Visual Basic, sehingga lebih populer dibandingi Borland Delphi (program sejenis Visual Basic yang menggunakan bahasa Pascal).

Walaupun tak sepopuler bahasa C,C++ atau Java, ketika ini Pascal masih banyak digunakan selaku bahasa pemrograman pengantar di sekolah dan universitas.

Pascal ialah untuk kamu yang ingin mempelajari algoritma dan pemrograman dari basic, atau pelajar SMA/SMK yang ingin mengikuti olimpiade komputer. Pascal pun cocok bagi pelajar SMA yang berencana mengambil jurusan Ilmu Komputer / Teknik Informatika dan ingin ‘curi start’ berkenalan dengan bahasa pemrograman.

Jikalau kamu telah paham garis besar algoritma dan ingin menguasai bahasa ‘dunia kerja’, Pascal mungkin tak terlalu cocok. Kamu dapat seketika mempelajari C++, C#, Java, Python, atau bahasa pemrograman modern lainnya.

Selaku penutup, ketika ini pun terdapat program Lazarus (www.lazarus-ide.org) yang menyediakan fitur mirip Microsoft Visual Basic dan Borland Delphi untuk membangun program Windows dengan cepat. Program ini dapat digunakan dengan tak dipungut bayaran, sehingga bahasa pascal yang kamu pelajari masih dapat digunakan untuk membangun proyek ‘real world’.


Sebelum kita mulai menulis program pascal, ada baiknya melihat sejenak mengenai sejarah perjalanan bahasa pemrograman pascal sejak awal kemunculannya di tahun 1970 hingga kini.


Sumber https://www.duniailkom.com/