Tutorial Belajar OOP PHP Part 6: Cara Penggunaan Pseudo-Variable $this dalam Objek PHP

Posted on

Apabila pada panduan sebelumnya kita telah memahami pengertian dan fungsi dari variabel $this, pada panduan kali ini saya akan membahas cara penggunaan pseudo-variable $this dalam pemrograman Objek PHP. Panduan kali ini hanya bagi memperjelas konsep variabel $this yang telah kita pelajari sebelumnya.


Arti Pseudo-Variable $this pada Pemrograman Objek PHP

Melanjutkan panduan mengenai variabel $this, kali ini kita akan melihat cara penggunaannya lewat contoh program PHP yang lebih komplit.

Pada contoh berikut, saya membangun class laptop dengan method yang saling memanggil method lain menggunakan variabel $this, silahkan kamu pahami alur kerja dari class dan objek dibawah ini:

Contoh class laptop diatas, mirip dengan contoh-contoh kita sebelumnya, dengan beberapa modifikasi. Saya membangun 2 property: $pemilik dan $merk, kemudian membangun 3 method: hidupkan_laptop(), matikan_laptop(), dan restart_laptop().

Pada method hidupkan_laptop(), dan saya memanggil property $pemilik dan $merk. Karena property ini nantinya akan dipanggil dari objek, karenanya kita mesti menggunakan variabel $this:

Variabel $this nantinya akan ‘merujuk’ kepada objek yang memanggil method. Misalkan kita mempunyai objek $laptop_anto, karenanya hasil yang dijalankan yaitu:

Method matikan_laptop() pun menggunakan pola petunjuk yang sama.

Bagi method restart_laptop(), di pada struktur method ini saya memanggil method matikan_laptop() dan hidupkan_laptop(). Karena alasan yang sama dengan property $pemilik dan $merk, saya pun menggunakan variabel $this bagi memanggil method. Hasil pemanggilan kedua method, kemudian disambung dan disimpan kedalam variabel $restart.


Panduan kali ini diperuntukkan bagi melengkapi pemahaman variabel $this dari panduan sebelumnya. Pada panduan OOP PHP berikutnya, kita akan membahas cara membuat method dalam pemrograman objek PHP.


Sumber https://www.duniailkom.com/