Tutorial Belajar OOP PHP Part 13: Pengertian Konstanta Class dalam Pemrograman Objek

Posted on

Pada panduan belajar object oriented programming PHP kali ini, kita akan mempelajari pengertian konstanta class. Cara pengaksesan konstanta class pada PHP, mirip dengan cara mengakses static property yang telah kita pelajari pada panduan sebelumnya.


Pengertian Konstanta Class

Konstanta Class atau class constant ialah konstanta yang berada di pada class. Selain mempunyai property dan method, PHP pun membolehkan kita menggunakan konstanta (constant) di pada class.

Dari yang sifat konstanta reguler, class constant pun tak dapat diubah nilainya ketika telah didefenisikan. Bagi merancang class constant di pada PHP, kita menggunakan petunjuk: const.

Hampir seluruh sifat konstanta reguler pun sama di pada konstanta class. Pembahasan mengenai konstanta reguler telah kita bahas pada Tutorial PHP Dasar: Pengertian Konstanta dan Cara Penulisan Konstanta PHP

Berikut ialah contoh kode program penyusunan constanta di pada class:

Penulisan nama konstanta dengan huruf besar bukan keharusan, namun lebih kepada kebiasaan programmer PHP agar gampang dibedakan dengan variabel yang umumnya ditulis dengan huruf kecil.

Di pada PHP, class constant seolah-olah berprilaku selaku static property. Class constant pun terikat kepada class, bukan objek. Oleh karena itu, bagi mengakses nilai konstanta, kita menggunakan operator yang sama seperti static property, yakni menggunakan double colon ‘::’.

Kalau kita mempunyai class laptop dan konstanta MERK, karenanya cara mengaksesnya ialah selaku berikut:


Cara Penulisan Konstanta Class pada PHP

Bagi melihat cara penulisan dan pemakaian konstanta class, kita akan seketika menggunakan kode program. Berikut ialah contoh class laptop dengan sebuah konstanta DOLLAR:

Perhatikan bahwa bagi mengakses class constant DOLLAR milik class laptop, kita menggunakan petunjuk laptop::DOLLAR.

Selain mengakses konstanta dengan menggunakan nama class, PHP pun mempunyai cara lain, yakni dengan mengaksesnya dari objek. Fitur ini hanya dapat digunakan bagi PHP versi 5.3 keatas. Berikut contohnya:

Pada kode diatas, kita mengakses nilai kontanta class dari objek $laptop_baru menggunakan petunjuk $laptop_baru::DOLLAR.

PHP versi 5.3 keatas pun membolehkan pemanggilan property dengan nama class yang berada di pada variabel. Berikut contohnya:

Di kode program diatas, saya tak menggunakan objek, tetapi merancang variabel $nama dan memberikannya nilai laptop. Karena nama class kita pun ialah laptop, karenanya PHP membolehkan pemanggilan kosntanta DOLLAR dengan $nama::DOLLAR. Nama variabel yang digunakan boleh bebas, dalam kurun waktu nilainya cocok dengan nama class tempat konstanta itu berada.


Cara Mengakses Konstanta Class dari pada Class itu Sendiri

Bagi mengakses class constant dari pada class itu sendiri, PHP menggunakan cara yang sama dengan static property, yaitu dengan petunjuk self::nama_konstanta. Berikut contohnya:

Saya merancang class laptop dengan sebuah method beli_laptop(). Method beli_laptop() digunakan bagi menghitung harga laptop dengan mengalikan konstanta class DOLLAR dengan parameter $harga. Perhatikan bahwa kita mengakses class constant dengan petunjuk self::DOLLAR.


Cara Mengakses Konstanta Class milik Parent Class

Pewarisan class (class inheritance) dari sebuah class kedalam class lain, pun akan menurunkan konstanta. Kalau kebetulan class yang diturunkan (child class) mempunyai nama konstanta yang sama dengan parent class, konstanta tersebut akan ‘tertimpa’.

PHP menggunakan operator parent::nama_konstanta bagi mengakses konstanta milik parent class.

Agar lebih gampang, berikut ialah contoh kode program pemakaian operator parent::nama_konstanta:

Saya merancang konstanta DOLLAR di pada class komputer. Class komputer kemudian diturunkan ke pada class laptop. Di pada class laptop, saya mendefenisikan kembali konstanta DOLLAR. Karena kedua konstanta ini mempunyai nama yang sama, karenanya saya mesti menggunakan petunjuk parent::DOLLAR bagi memanggil konstanta DOLLAR miliki class komputer.


Pada panduan OOP PHP kali ini kita telah mempelajari mengenai pengertian konstanta class dan cara pemakaian konstanta class pada PHP. Walaupun konstanta class jarang digunakan di pada pemograman umum, namun fitur yang ditawarkan mungkin dapat menolong bagi penyelesaian kasus-kasus tertentu.

Pada panduan OOP PHP berikutnya, kita akan mempelajari Pengertian Final Method dan Final Class Pemrograman Objek PHP.


Sumber https://www.duniailkom.com/