Tutorial Belajar MySQL: Pengertian VIEW dan Cara Penggunaan VIEW dalam MySQL

Posted on

Di di bahasa SQL, terdapat vitur yang dinamakan VIEW. Di panduan belajar MySQL kali ini saya akan membahas mengenai pengertian VIEW dan cara penggunaan VIEW di dalam MySQL.

Panduan ini menggunakan database mahasiswa yang dibangun di panduan Cara Menjalankan Query MySQL dari File Teks.


Pengertian VIEW MySQL

Di di MySQL, View dapat didefenisikan selaku ‘tabel virtual’. Tabel ini dapat berasal dari tabel lain, atau gabungan dari beberapa tabel.

Tujuan dari penyusunan VIEW yaitu untuk kenyamanan (mempermudah penulisan query), untuk keamanan (menyembunyikan beberapa kolom yang bersifat rahasia), atau di beberapa kasus dapat digunakan untuk mempercepat proses menampilkan data (terutama jikalau kita akan menjalankan query tersebut secara berulang).

Selaku contoh, misalkan saya ingin menampilkan nama dosen yang berdomisi di Jakarta, karenanya saya dapat menggunakan query berikut:

Misalkan query tersebut akan dijalankan setiap beberapa detik (diakses dari blog yang sibuk),  di setiap permintaan data, MySQL server mesti menjalankan pemrosesan untuk mencari seluruh dosen yang mempunyai domisili di Jakarta. Selain itu, dengan menggunakan VIEW saya dapat menyembunyikan beberapa kolom dari tabel daftar_dosen.


Cara Pemakaian VIEW di di MySQL

Untuk membangun View di di MySQL, kita tinggal menggunakan format basic selaku berikut:

Berikutnya VIEW dapat diakses seperti tabel ‘biasanya’. Agar lebih jelas, seketika saja kita praktek menggunakan tabel daftar_dosen dari database mahasiswa:

Di query diatas, saya membangun sebuah VIEW bernama dosen_jakarta. Saya pun menyembunyikan kolom no_hp dari tabel asli daftar_dosen.

Untuk mengakses data yang terdapat di VIEW, lumayan menggunakan query SELECT:

Kini ini, di setiap pemanggilan VIEW, MySQL Server tak perlu memfilter hasil pencarian, namun lumayan memanggil tabel virtual. Hal ini akan mempercepat proses tampilan data.

VIEW pun berfungsi sama seperti layaknya tabel ‘biasanya’, selaku contoh, saya dapat menjalankan query berikut:

Bagaimana jikalau tabel utama di update? Mari kita coba:

Terlihat bahwa VIEW pun otomatis diupdate.

Apakah kita dapat menambahkan data ke di VIEW? Berikut percobaannya:

Ternyata kita pun dapat menjalankan update ke di VIEW. Namun karena tak seluruh kolom dari tabel daftar_dosen yang terdapat di di VIEW dosen_jakarta, akan terdapat nilai NULL di di tabel daftar_dosen (kolom no_hp).


Di panduan kali ini kita telah membah
as mengenai pengertian VIEW dan cara penggunaan VIEW dalam MySQL. Contoh yang saya gunakan memang betul-betul sederhana, dan mungkin tak terlihat perubahan kecepatan akses antara VIEW dengan query biasanya. Untuk query yang rumit serta melibatkan ratusan tabel, VIEW dapat memberikan pengaruh besar di performa MySQL Server.


Sumber https://www.duniailkom.com/