Tutorial Belajar MySQL Part 7: Folder Instalasi MySQL dan File my.ini

Posted on

Di panduan sebelumnya kita telah mempelajari cara Download, Install dan Setingan awal MySQL. Kali ini akan dibahas mengenai Folder Instalasi MySQL dan File my.ini, dimana kita akan lihat isi folder instalasi MySQL serta file-file apa saja yang perlu diketahui bersama bersama dari folder MySQL.


Folder Instalasi MySQL

Jikalau rekan-rekan mengikuti instalasi MySQL sebelumnya: Tutorial MySQL: Download, Install dan Setingan awal MySQL, karenanya folder instalasi MySQL akan berada di “C:MySQL 8.0”. Namun jikalau rekan-rekan menginstal MySQL tanpa merubah lokasi default, instalasi MySQL akan berada di “C:Program FilesMySQLMySQL Server 8.0”.

Di folder MySQL ini kita akan mendapati beberapa file dan folder:


Folder bin

Folder bin yakni folder utama yang berisi semua program MySQL di wujud .exe. Beberapa diantaranya:

  • mysqld: untuk menjalankan MySQL Server.
  • mysql: untuk menjalankan MySQL Client.
  • mysqldump: untuk export file database.
  • mysqladmin: untuk mengkonfigurasi MySQL.

Beberapa program di folder bin ini akan kita pelajari di panduan MySQL berikutnya. Salah satunya yakni mysqld yang digunakan untuk menjalankan Server MySQL secara manual.


Folder Data

Folder Data berisi seluruh file database dan tabel yang kita bikin di di MySQL. Jikalau rekan-rekan menggunakan setingan default, karenanya lokasinya akan berada di: C:ProgramDataMySQLMySQL Server 8.0data.

Lokasi dan nama folder ini saya ubah secara manual di dikala proses instalasi MySQL (rekan-rekan dapat baca kembali Tutorial Belajar MySQL: Download, Install dan Setingan awal MySQL). Folder ini berasal dari setingan bagian Data Directory di dikala instalasi MySQL.

Di folder ini terdapat folder lain bernama Data, file installer_config.xml dan file my.ini.

Jikalau ada buka folder C:MySQL 8.0DataData (folder Data di di Data), disinilah seluruh file tabel dan database nantinya disimpan. Setiap database akan tampil selaku sebuah folder. Selaku contoh, jikalau saya membangun database belajar di di MySQL, karenanya akan muncul folder “belajar” dengan tempat tinggal di C:MySQL 8.0DataDatabelajar.


Folder doc

Jikalau rekan-rekan memilih menambahkan file dokumentasi MySQL di dikala instalasi, karenanya di di folder ini akan terdapat file manual MySQL. Namun jikalau rekan-rekan mengikuti panduan sebelumnya di Source Code Program untuk menginstall MySQL, di di folder ini tak akan ditemukan manual, dan hanya ada 2 file log. Apabila rekan-rekan ingin melihat dan mempelajari file manual MySQL, dapat mengaksesnya di dev.mysql.com/doc/refman/8.0/en/


Folder include

Folder include berisi beberapa file library pendukung dan settingan manfaat untuk MySQL (manual MySQL menyebutnya selaku header file). Kita dapat melihat-lihat isi dari file ini dengan program notepad, atau dengan Notepad++. Sebahagian besar library MySQL dibangun dengan bahasa C dan C++.


Folder lib

Folder lib pun berisi file-file library MySQL, serta terdapat folder plugin untuk menambahkan manfaat tambahan untuk MySQL.


Folder share

Di folder share ini terdapat bermacam folder dengan nama-nama negara. Folder ini berisi file-file untuk mengatur character set dan zona waktu terkait dengan perbedaan negara.


File Setingan MySQL: my.ini

Dari semua file di folder C:MySQL 8.0, terdapat 3 file yang akan sering kita akses:

  • file binmysqld.exe untuk menjalankan MySQL Server.
  • file binmysqld.exe untuk menjalankan MySQL Server.
  • file datamysql.ini untuk pengaturan dan konfigurasi MySQL Server dan MySQL Client.

File my.ini berisi seluruh pengaturan untuk mengubah konfigurasi MySQL. File ini di dasarnya berupa file teks lazimnya dan dapat dibuka menggunakan program teks editor seperti Notepad bawaan Windows atau Notepad++.

Berikut cuplikan tampilan dari file my.ini:

Baris yang diawali dengan tanda pagar ‘#’ yakni komentar atau penjelasan. Sedangkan baris yang tanpa awalan tanda pagar yakni konfigurasi MySQL. Di di file ini kita dapat mengubah banyak hal, seperti menukar nomor port, menaikkan jumlah memory yang boleh digunakan MySQL, dst.

Jikalau rekan-rekan ingin mengedit file ini, sebaiknya copy terlebih dahulu (bikin backup). Karena salah konfigurasi dapat berakibat MySQL tak dapat berjalan.

Dengan mengetahui isi dari folder instalasi MySQL, saatnya kita mulai jalankan MySQL Server, di panduan berikutnya, Tutorial Belajar MySQL: Cara Menjalankan MySQL Server


eBook MySQL Uncover Duniailkom

MySQL dan MariaDB telah menjadi standar database untuk web programming. Duniailkom telah menyusun eBook MySQL Uncover yang membahas MySQL/MariaDB dengan lebih detail dan lebih komplit, mulai dari query mendasar hingga View, Stored Procedure dan Trigger. Penjelasan lebih lanjut dapat ke eBook MySQL Uncover Duniailkom.


Sumber https://www.duniailkom.com/