info-b

Tutorial Belajar MySQL Part 12: Cara Membuat dan Menghapus Tabel MySQL

Posted on

Setelah kita membangun database di Tutorial Belajar MySQL: Cara Membuat dan Menghapus Database MySQL, di panduan ini, kita akan mempelajari cara membuat tabel, melihat struktur tabel, dan menghapus tabel MySQL. Query yang akan kita gunakan yaitu: CREATE tabel, SHOW tables, DESCRIBE tabel, dan DROP table.

Kita akan mengakses MySQL Server menggunakan MySQL Client via cmd Windows, tutorialnya telah kita bahas di Tutorial Belajar MySQL: Menjalankan MySQL Server, dan Tutorial Belajar MySQL: Menjalankan MySQL Client. Masuklah selaku user root.


Cara Membangun Tabel MySQL

Langkah pertama-tama sebelum membangun tabel yaitu membangun dan memilih database yang akan digunakan. Seperti di Tutorial MySQL : Membuat dan Menghapus Database, kita akan melanjutkan menggunakan database mahasiswa. Sekiranya sahabat belum membangun dan memilih database mahasiswa, silahkan ketik query berikut:

Format mendasar query bagi membangun tabel yaitu:

  • Query opsional  [IF NOT EXISTS] sama seperti di query perancangan database, digunakan bagi membangun MySQL tak menampilkan pesan error apabila tabel tersebut telah ada sebelumnya pada database.

  • Nama_tabel yaitu nama dari tabel yang ingin kita bikin.

  • Daftar_kolom berisi definisi dari kolom-kolom yang akan kita bikin bagi database ini. Lebih lanjut mengenai jenis-jenis kolom akan kita bahas pada panduan berikutnya.

  • Tipe_tabel yaitu query opsional dimana kita dapat mendefinisikan tipe tabel bagi tabel yang akan kita gunakan, seperti MyISAM maupun InnoDB. Lebih lanjut mengenai tipe tabel akan kita bahas di panduan berikutnya.

Selaku contoh, kita akan membangun tabel merujuk pada data mahasiswa berikut ini :

NIM Nama Umur Tempat Lahir Jurusan
101401030 Alex Ferdinand 21 Padang Ilmu Komputer
120502045 Joko Suprianto 19 Jakarta Managemen
110901033 Susi Sulastri 20 Medan Kedokteran
100301021 Suparman 21 Jakarta Teknik Elektro
121401074 Tania Mutia 19 Padang Ilmu Komputer
110501023 Aprilia Susanti 20 Pekanbaru Managemen

Dari tabel tersebut kita dapat simpulkan bahwa tabel akan terdiri dari 5 buah kolom:

  • Kolom NIM (Nomor Induk Mahasiswa), walaupun isi tabel ini berupa angka, namun angka disini bukan dimaksudkan bagi operasi matematis, sehingga kita akan lebih cocok apabila apabila menganggapnya kumpulan karakter atau huruf, karenanya kita akan membuatnya dengan tipe tabel string. Pada MySQL tipe string didefinisikan selaku char.

  • Kolom Nama berisi karakter huruf, karenanya akan kita bikin dengan tipe data string.

  • Kolom Umur akan berisi angka-angka, dan mungkin saja kita akan menggunakan umur bagi kebutuhan matematis, karenanya tipe data yang akan kita gunakan yaitu integer.

  • Kolom Tempat Lahir berisi kumpulan karakter huruf, karenanya akan kita bikin dengan tipe data string.

  • Kolom Jurusan berisi kumpulan karakter huruf, karenanya akan kita bikin dengan tipe data string.

Sehingga query bagi membangun tabel data_mahasiswa seperti diatas yaitu:

Penjelasan query:

  • Dengan query diatas, kita telah membangun sebuah tabel dengan nama data_mahasiswa, terdiri dari 5 kolom: nim, nama, umur, tempat_lahir, dan jurusan.

  • Setelah nama kolom, kita definisikan jenis dari kolom tersebut.

  • Bagi kolom yang berisi huruf (string), pada MySQL dapat kita definisikan selaku char. Angka di pada kurung yaitu jumlah karakter maksimal yang dapat ditampung, misalnya bagi kolom nama, kita menginstruksikan MySQL bagi menyediakan maksimal sebanyak 50 karakter bagi kolom nama.

  • Bagi kolom yang berisi angka, MySQL menyediakan beberapa tipe yang dapat dipilih, bagi contoh diatas, kita memilih integer, disingkat menjadi int.

  • Bagi setiap kolom, pada query CREATE TABEL, dipisahkan dengan tanda koma, dan seluruh definisi kolom mesti berada diantara tanda kurung.

Penamaan kolom tak boleh
mengandung spasi, karenanya bagi contoh tabel data_mahasiswa, kolom Tanggal Lahir, kita ubah menjadi tanggal_lahir. Huruf besar dan kecil tak berpengaruh pada penamaan tabel dan kolom, tetapi dapat saja menyebabkan masalah apabila kita menggunakannya ke pada bahasa pemograman lain, seperti ke PHP atau ASP.

Bagi menghindari masalah ini, sebaiknya konsisten pada penamaan tabel dan kolom. Pada panduan ini saya membangun seluruh nama database, tabel, dan kolom dengan huruf kecil, dan menggunakan tanda “_” bagi menggantikan spasi. Ini semata-mata hanya alternatif, sahabat bebas menggunakan penamaan yang disukai.


Cara Melihat Daftar Tabel pada MySQL

Bagi melihat seluruh tabel yang terdapat di database aktif ketika ini, format querynya yaitu:

Bagi contoh kita, karena baru ada 1 buah tabel, karenanya hasil eksekusi querynya yaitu selaku berikut:


Cara Melihat Struktur Tabel MySQL

Bagi melihat struktur dari sebuah tabel, seperti nama kolom yang terdapat, dan tipenya, dapat dilihat dengan format query:

Pada contoh kita, hasil dari DESCRIBE data_mahasiswa, yaitu:

Dari hasil query, dapat terlihat segala kolom serta tipe dari setiap kolom tersebut. Bagi keterangan kolom seperti Null, Key, Default, dan Extra akan kita bahas pada panduan berikutnya.

Selain query DESCRIBE nama_tabel, pun dapat menggunakan query singkat, DESC nama_tabel


Cara Menghapus Tabel MySQL

Format query bagi menghapus tabel yaitu:

Query opsional [IF EXISTS] digunakan bagi menghilangkan pesan error apabila tabel yang akan dihapus memang telah tak ada.

Dari format query DROP TABLE, dapat dilihat bahwa pada satu query, kita dapat menghapus beberapa tabel sekaligus.

Bagi menghapus tabel data_mahasiswa, querynya yaitu:


Setelah membangun database dan tabel pada MySQL, bagi panduan berikutnya kita akan membahas tipe data yang digunakan pada setiap tabel MySQL.

MySQL menyediakan bermacam tipe data sesuai dengan kebutuhan data yang akan kita input kedalam tabel. Tipe data pertama-tama yang akan kita bahas yaitu tipe data numerik, lebih jauh di pada Tutorial Belajar MySQL: Tipe Data Numerik.


Sumber https://www.duniailkom.com/