Tutorial Belajar MySQL: Cara Menyambung String di dalam Query MySQL (CONCAT)

Posted on

Di panduan belajar MySQL di Source Code Program kali ini akan membahas mengenai cara menyambung string / menggabungkan string menggunakan fungsi CONCAT() dan CONCAT_WS() dari MySQL.

Panduan ini menggunakan database mahasiswa yang dibangun di panduan Cara Menjalankan Query MySQL dari File Teks.


Mengenal Cara Pemakaian Guna CONCAT() MySQL

MySQL mempunyai kegunaan bawaan yang dapat digunakan untuk menyambung string atau menggabungkan string hasil query, yakni lewat kegunaan CONCAT() (singkatan dari concatenating).

Menggunakan tabel mata_kuliah, misalkan saya ingin menyambung kolom kode_matkul dengan nama_matkul, berikut query yang dapat digunakan:

Query pertama-tama digunakan untuk menampilkan seluruh kolom dari tabel mata_kuliah, dan di di query kedualah kegunaan CONCAT() digunakan.

Bagaimana kalau menggabungkan 3 atau 4 sekaligus? Kita tinggal menambahkan nama setiap kolom ke di kegunaan CONCAT(), dan dipisahkan dengan karakter koma:

Agar nama tabel lebih rapi, kita dapat mengubah nama kolom hasil query menggunakan AS (alias):

Kini ini, judul kolom tabel terlihat lebih cantik.

Guna CONCAT() ini dapat digunakan untuk menyambung string hasil query MySQL, namun seperti yang rekan rekan lihat, kegunaan ini menyambung seluruh string tanpa adaspasi’. Seandainya kita ingin menambahkan sedikit jarak antara string ini, dapat menggunakan kegunaan CONCAT_WS()


Mengenal Cara Pemakaian Guna CONCAT_WS MySQL

Guna CONCAT_WS() yakni variasi lain dai kegunaan CONCAT(), perbedaannya dengan menggunakan kegunaan CONCAT_WS(), kita dapat menambahkan karakter pembatas antara kolom yang akan digabung. Tambahan singkatan WS disini berarti ‘With Separator’.

Cara pemakaian kegunaan CONCAT_WS() hampir sama dengan kegunaan CONCAT(), perbedaannya terletak di argumen pertama-tama kegunaan CONCAT_WS() yang meminta inputan karakter pembatas.

Selaku contoh, untuk menggabungkan kolom kode_matkul dengan nama_matkul yang dipisahkan dengan sebuah spasi, saya dapat menggunakan query berikut ini:

Perhatikan cara penulisan CONCAT_WS(‘ ‘,kode_matkul, nama_matkul). Argumen pertama-tama kegunaan ini yakni sebuah karakter spasi yang diapit di tanda kutip. Kita tinggal menggantinya dengan karakter lain kalau dibutuhkan, seperti contoh berikut:

Kali ini saya menggunakan kegunaan CONCAT_WS(‘, nama mata kuliah: ‘,kode_matkul, nama_matkul) untuk menghasilkan kolom baru. Dengan penambahan query AS, judul kolom akan lebih rapi:

Perlu pun ditambahkan bahwa kegunaan CONCAT_WS() akan menambahkan karakter pembatas untuk setiap penyambungan kolom, seperti contoh berikut:

Query diatas digunakan untuk menyambung 4 kolom sekaligus yang dibatasi dengan karakter ‘ > ’.


Guna CONCAT() dan CONCAT_WS() yang kita pelajari disini amat gampang dan cepat digunakan untuk menggabungkan beberapa kolom hasil query SELECT di MySQL.


Sumber https://www.duniailkom.com/