Tutorial Belajar MySQL: Cara Mengubah Case (Huruf Besar dan Kecil) MySQL

Posted on

Ketika menampilkan data dari database MySQL, kadang kita mesti menformat hasilnya agar sesuai dengan keinginan. Kali ini saya akan membahas fungsi UPPER() dan LOWER() yang dapat digunakan untuk mengubah case (huruf besar dan kecil) dari hasil query SELECT.


Mengubah Tampilan SELECT menjadi Huruf Besar

Untuk mengubah tampilan hasil query SELECT ke huruf besar, kita dapat menggunakan manfaat bawaan MySQL: UPPER(). Berikut contoh penggunaannya:

Query pertama-tama, SELECT nama_dosen FROM daftar_dosen digunakan untuk menampilkan kolom nama dosen ‘apa adanya’ sesuai dengan yang tersimpan di di database. Sehingga kita dapat melihat hasilnya dengan penambahan manfaat UPPER() dengan query SELECT UPPER(nama_dosen) FROM daftar_dosen.

Agar tampilan judul tabel lebih cantik, kita dapat menggunakan ALIAS menggunakan query AS, seperti berikut ini:

Kali ini tampilan tabel lebih ‘pas’ tanpa penambahan tulisan ‘UPPER(nama_dosen)’.

Bagaimana jikalau ingin menampilkan kolom lain dari tabel yang sama? lumayan dengan menyisipkan manfaat UPPER() ke di kolom yang ingin diubah:

Mengenai cara pemakaian query ALIAS atau AS telah dibahas di Tutorial MySQL: Menggunakan Alias (AS)


Mengubah Tampilan SELECT menjadi Huruf Kecil

Untuk mengubah tampilan query SELECT ke di huruf kecil, dapat menggunakan manfaat LOWER(). Penggunaannya sama persis dengan manfaat UPPER() yang telah kita bahas. Berikut contoh penggunaannya:


Mengubah Huruf Kolom Tabel Secara Permanen

Selain digunakan di menampilkan data (query SELECT), kita pun dapat menggunakan manfaat UPPER dan LOWER() untuk mengubah huruf di di kolom tabel secara permanen. Berikut contohnya:

Pedoman UPDATE diatas akan mengubah secara permanen kolom nama_dosen menjadi huruf besar.


Manfaat bawaan MySQL UPPER() dan LOWER() yang kita bahas disini
lumayan sederhana, namun akan bermanfaat di beberapa kasus tertentu. Kalau menggunakan PHP untuk menampilkan data MySQL kita dapat memilih apakah akan menggunakan manfaat UPPER() MySQL atau menggunakan manfaat strtoupper() dari PHP.


Sumber https://www.duniailkom.com/