cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial Belajar JavaScript Part 21: Pengertian Nilai Null dan Undefined di dalam JavaScript

Posted on

Setelah pembahasan mengenai 3 tipe data basic JavaScript, yakni Number, String dan Boolean. Terdapat 2 nilai yang ‘dapat dianggap’ selaku tipe basic di pada JavaScript, yakni nilai null dan undefined. Pada panduan kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Nilai Null dan Undefined di dalam JavaScript.


Pengertian Nilai Null di pada JavaScript

Null yakni kata kunci (keyword) khusus yang berarti ‘tak mempunyai nilai’. Kita dapat memberikan nilai null kepada variabel, faktor dari array, property dari objek, atau yang lainnya.

Null berbeda dengan string kosong, karena string kosong masih bertipe ‘string’. Sedangkan null bukan adalah tipe data apapun. Kalau kita menggunakan operator typeof kepada null, hasilnya yakni : object. Hal Ini berarti bahwa null yakni object khusus yang mengindikasikan ’tak ada nilai’ di pada JavaScript.

Berikut yakni contoh kode program cara pemberian nilai null kedalam variabel


Pengertian Undefined di pada JavaScript

Undefined yakni keyword khusus lainnya di pada JavaScript yang mengindikasikan ’tak ada nilai’. Namun undefined lebih ’pada’ dari di null. Undefined yakni hasil yang akan didapat dari proses berikut:

  • Nilai dari pemanggilan variabel yang belum didefenisikan
  • Nilai dari pemanggilan element array yang tak ada
  • Nilai dari pemanggilan property objek yang tak ada
  • Nilai dari pemanggilan guna yang tak mengembalikan nilai
  • Nilai dari parameter guna yang tak mempunyai argumen

Undefined yakni variabel global di pada javascript, dan bukan adalah objek khusus seperti null. Pemanggilan operator typeof bagi undefined akan menghasilkan undefined.

Berikut yakni contoh kode program yang akan menghasilkan undefined:


Perbedaan Null dengan Undefined

Pada tahap pembelajaran JavaScript, kadang kita akan menyamakan nilai null dengan undefined. Malah hasil dari operasi null == undefinded yakni true. Keduanya pun akan menjadi false seandainya dikonversi menjadi boolean.

Namun null dan undefined di dasarnya yakni berbeda. Null biasanya diperoleh pada kondisi normal dan telah direncanakan. Namun undefined biasanya didapat dari hasil kesalahan program dan tak direncanakan. Operasi null === undefinded akan menghasilkan nilai false, yang menunjukkan kedua nilai ini berbeda.

Hampir selalu pada proses perancangan program, seandainya membutuhkan nilai bagi mendefenisikan ’tanpa nilai’ kita menggunakan nilai null, bukan undefined.

Selaku penutup, berikut yakni contoh program kode program yang menghasilkan null dan undefined:

Kita mungkin akan jarang berurusan dengan tipe data null dan undefined. Namun dari panduan kali ini setidaknya kita telah mengenal mengenai Pengertian Nilai Null dan Undefined di dalam JavaScript. Pada panduan berikutnya, kita akan membahas mengenai Cara Konversi Tipe Data dalam JavaScript.


eBook JavaScript Uncover Duniailkom

JavaScript telah menjadi fitur wajib di setiap laman modern. Duniailkom telah menyusun eBook JavaScript Uncover yang membahas JavaScript dengan lebih detail dan lebih komplit, mulai dari basic hingga konsep DOM, Event dan AJAX. Penjelasan lebih lanjut dapat ke eBook JavaScript Uncover Duniailkom.


Sumber https://www.duniailkom.com/