info-b

Tutorial Belajar JavaScript Part 16: Konstanta dan Method (fungsi) Objek Math dalam JavaScript

Posted on

Bagi operasi angka (number) dan matematika yang lebih kompleks, JavaScript menyediakan objek Math yang terdiri dari bermacam-macam kosntanta dan pun method (guna). Method yang terdapat misalnya bagi guna pemangkatan, akar kuadrat, logaritma, dan trigonometri. Pada panduan JavaScript kali ini kita akan membahas mengenai Konstanta dan Method (fungsi) dari Objek Math di dalam JavaScript.


Konstanta bagi Objek Math pada JavaScript

Objek Math mempunyai beberapa konstanta matematika yang dapat digunakan di pada proses penyusunan program. Bagi menggunakan konstanta objek Math, kita tinggal menulis: Math.nama_konstanta.

Berikut yakni kosntanta bagi Objek Math di pada JavaScript, diurutkan menurut abjad:

  • Math.E: Berisi nilai dari logaritma natural e, dengan nilai 2.718281828459045
  • Math.LN10 : Berisi nilai dari logaritma natural 10, dengan nilai 2.302585092994046
  • Math.LN2 : Berisi nilai dari logaritma natural 2, dengan nilai 0.6931471805599453
  • Math.LOG10E : Berisi nilai dari logaritma natural e basis 10, dengan nilai 0.4342944819032518
  • Math.LOG2E : Berisi nilai dari logaritma natural e basis 2, dengan nilai 1.4426950408889634
  • Math.PI : Berisi nilai dari pi (π) dengan nilai 3.141592653589793
  • Math.SQRT1_2: Berisi hasil dari 1 dibagi dengan akar kuadrat 2, dengan nilai 0.707106781186
  • Math.SQRT2: Berisi hasil akar kuadrat dari 2, dengan nilai 1.4142135623730951

Sekiranya sahabat pernah menggunakan bahasa pemograman dengan objek, istilah konstanta ini lebih tepatnya disebut dengan read-only property dari objek Math.

Berikut yakni contoh pemakaian konstanta objek Math di pada JavaScript

Di baris terakhir kode JavaScript diatas, saya menghitung rumus luas lingkaran dengan menggunakan kosntanta Math.PI.


Manfaat bagi Objek Math pada JavaScript

Selain konstanta, Objek Math pun menyediakan banyak guna matematis. Kamu mungkin akan jarang menggunakan guna atau method ini, kecuali merancang program ilmiah atau program kalkulator dengan JavaScript.

Berikut yakni method yang disediakan oleh objek Math JavaScript, diurutkan menurut abjad, dan akan kita bahas satu per satu:

  • Math.abs()
  • Math.acos()
  • Math.asin()
  • Math.atan()
  • Math.atan2()
  • Math.ceil()
  • Math.cos()
  • Math.exp()
  • Math.floor()
  • Math.log()
  • Math.max()
  • Math.min()
  • Math.pow()
  • Math.random()
  • Math.round()
  • Math.sin()
  • Math.sqrt()
  • Math.tan()

Method atau guna yang akan kita bahas ini lebih tepatnya disebut dengan static function dari objek Math. Math pun bukan class dari objek seperti Number atau String. Di pada JavaScript tak ada Math() constructor.


Method Objek Math JavaScript: Math.abs()

Method Math.abs berfungsi bagi menghasilkan nilai absolut (nilai negatif akan menjadi positif, sedangkan nilai positif akan tetap positif). Manfaat ini membutuhkan 1 argumen angka. Berikut yakni contoh pemanggilan guna abs():

Method Objek Math JavaScript: Math.acos()

Method Math.acos() berfungsi bagi menghitung nilai arccosine. Manfaat ini membutuhkan 1 argumen angka dengan nilai antara -1 hingga dengan 1. Nilai ahir guna yakni 0 hingga dengan π radian.

Method Objek Math JavaScript: Math.asin()

Method Math.asin() berfungsi bagi menghitung nilai arcsine. Manfaat ini membutuhkan 1 argumen angka dengan nilai antara -1 hingga dengan 1. Nilai ahir guna yakni -π/2 hingga dengan π/2 radian.

Method Objek Math JavaScript: Math.atan()

Method Math.atan() berfungsi bagi menghitung nilai arctangent. Manfaat ini membutuhkan 1 argumen angka dengan nilai apapun. Nilai ahir guna yakni -π/2 hingga dengan π/2 radian.

Method Objek Math JavaScript: Math.atan2()

Method Math.atan2() berfungsi bagi menghitung nilai arctangent dari rasio y/x. Manfaat ini membutuhkan 2 buah argumen bagi nilai y dan x. Nilai hasil guna yakni diantara dan π radians.

Method Objek Math JavaScript: Math.ceil()

Method Math.ceil() berfungsi bagi pembulatan keat
as dari sebuah nilai desimal. Manfaat ini membutuhkan 1 argumen, yaitu angka yang akan dibulatkan. Berikut yakni hasil pemanggilan guna ceil:

Method Objek Math JavaScript: Math.cos()

Method Math.cos() berfungsi bagi menghitung nilai cosinus. Manfaat ini membutuhkan 1 buah argumen pada wujud sudut dengan nilai radian. Bagi menkonversi derajat menjadi radian, kalikan besar sudut dengan 0.017453293 (2π/360). Nilai ahir guna ini berada antara −1.0 dan 1.0.

Method Objek Math JavaScript: Math.exp()

Method Math.exp() digunakan bagi menghitung hasil dari e^x dimana x yakni argumen yang diberikan. e adalah logaritma natural dengan nilai 2.718.

Method Objek Math JavaScript: Math.floor()

Method Math.floor() berfungsi bagi pembulatan kebawah dari sebuah nilai desimal. Manfaat ini membutuhkan 1 argumen, yaitu angka yang akan dibulatkan. Berikut yakni hasil pemanggilan guna floor:

Method Objek Math JavaScript: Math.log()

Method Math.log() berfungsi bagi menghitung nilai logaritma natural, yaitu nilai dari log e x. Manfaat ini membutuhkan 1 buah argumen angka.

Method Objek Math JavaScript: Math.max()

Method Math.max() berfungsi bagi mencari angka sangat besar diantara argumen yang diberikan. Manfaat ini membutuhkan 1 atau lebih argumen. Berikut yakni contoh pemakaian guna Math.max():

Method Objek Math JavaScript: Math.min()

Method Math.min() berfungsi bagi mencari angka sangat kecil diantara argumen yang diberikan. Manfaat ini membutuhkan 1 atau lebih argumen. Berikut yakni contoh pemakaian guna Math.min():

Method Objek Math JavaScript: Math.pow()

Method Math.pow() berfungsi bagi bagi mencari hasil pemangkatan. Manfaat ini membutuhkan 2 buah argumen. Argumen pertama-tama yakni angka asal, dan argumen kedua yakni nilai pangkat. Berikut yakni contoh pemakaian guna Math. pow():

Method Objek Math JavaScript: Math.random()

Method Math.random() berfungsi bagi menghasilkan angka acak pada setiap pemanggilan. Manfaat ini tak membutuhkan argumen apapun. Nilai ahir berada pada rentang 0 dan 1. Bagi hasil angka acak 1-100, kita tinggal mengalikan hasil guna ini dengan 100. Berikut yakni contoh pemakaian guna Math.random():

Method Objek Math JavaScript: Math.round()

Method Math.round() berfungsi bagi membulatkan nilai angka ke bilangan terdekat. Sekiranya nilai desimal dibawah 0.5 karenanya akan dibulatkan ke bawah, namun jikalau nilai desimal bernilai 0.5 atau lebih, akan dibulatkan keatas. Manfaat ini membutuhkan 1 argumen, yaitu angka yang akan dibulatkan. Berikut yakni hasil pemanggilan guna floor:

Method Objek Math JavaScript: Math.sin()

Method Math.sin() berfungsi bagi menghitung hasil sinus. Manfaat ini membutuhkan 1 buah argumen pada wujud sudut dengan nilai radian. Bagi menkonversi derajat menjadi radian, kalikan besar sudut dengan 0.017453293 (2π/360). Nilai ahir guna ini berada antara −1.0 dan 1.0.

Method Objek Math JavaScript: Math.sqrt()

Method Math.sqrt() digunakan bagi mencari hasil dari akar kuadrat sebuah angka. Manfaat ini membutuhkan 1 argumen, yaitu angka yang akan dihitung. Berikut yakni contoh pemakaian guna Math. sqrt();

Method Objek Math JavaScript: Math.tan()

Method Math.tan() berfungsi bagi menghitung hasil tangen. Manfaat ini membutuhkan 1 buah argumen pada wujud sudut dengan nilai radian. Bagi menkonversi derajat menjadi radian, kalikan besar sudut dengan 0.017453293 (2π/360).

Pada panduan kali ini kita telah mempelajari mengenai Konstanta dan Method dari Objek Math di dalam JavaScript. Pada panduan berikutnya, kita akan membahas mengenai Tipe data String di dalam JavaScript.


eBook JavaScript Uncover Duniailkom

JavaScript telah menjadi fitur wajib di setiap situs modern. Duniailkom telah menyusun eBook JavaScript Uncover yang membahas JavaScript dengan lebih detail dan lebih komplit, mulai dari mendasar hingga konsep DOM, Event dan AJAX. Penjelasan lebih lanjut dapat ke eBook JavaScript Uncover Duniailkom.


Sumber https://www.duniailkom.com/