cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial Belajar JavaScript Part 14: Mengenal Method Objek Angka (Number) dalam JavaScript

Posted on

Seperti yang telah kita pelajari di pada panduan Pengertian dan Cara Pembuatan Variabel dalam JavaScript, bahwa di pada JavaScript, sebuah tipe data akan mempunyai method (manfaat yang ‘melekat’) bagi menjalankan beberapa operasi. Di pada panduan kali ini kita akan mempelajari mengenai Method apa saja yang terdapat bagi Objek Angka (Number) dalam JavaScipt.


Pengertian Objek Angka (Number) pada JavaScipt

Dengan memberikan nilai angka ke pada sebuah variabel, secara otomatis variabel tersebut akan bertipe angka (number). Variabel dengan tipe angka, akan mempunyai method yang dapat digunakan bagi memproses data yang terdapat didalam varibel tersebut.

Di pada JavaScript, method bagi tipe angka akan lebih banyak berfungsi bagi mengatur bagaimana angka tersebut ditampilkan ke pada web browser, dan umumnya akan menghasilkan nilai dengan tipe data String. Kita akan membahas method bagi tipe data number ini secara satu-persatu.

Method ini diurutkan menurut abjad.


Method JavaScript: Number.toExponential()

Method toExponential digunakan bagi menampilkan angka menjadi tampilan scientific notation. Scientific Notation yaitu tampilan angka dengan 1 digit sebelum tanda desimal, dan diikuti dengan tanda pangkat. Misalnya angka 123.45, jikalau ditulis kedalam wujud scientific notation akan menjadi 1.23 x 10^2. Akan tetapi, bahasa pemograman umumnya mengganti penyebutan pangkat sepuluh ini menjadi karakter e atau E. Sehingga 1.23 x 10^2 ditulis menjadi 1.23e+2.

Method Number.toExponential menyediakan 1 argumen opsional yang jikalau diinput inputan akan menentukan ‘panjang’ digit secara keseluruhan. Argumen ini dapat diisi dengan angka 0 – 20. Apabila tak menggunakan argumen, karenanya method toExponential akan menggunakan panjang sangat maksimal sesuai jumlah digit pada variabel asal.

Tipe data kembalian method Number.toExponential() bertipe String.

Berikut yaitu contoh pemakaian method toExponential:


Method JavaScript: Number.toFixed()

Method toFixed digunakan bagi membangun tampilan angka dengan jumlah desimal yang tetap. Method ini membutuhkan satu parameter opsional yang jikalau diinput akan menentukan jumlah digit setelah tanda desimal.

Seandainya angka yang di tampilkan mengurangi digit asal, method ini akan membulatkan ke bilangan terdekat (0,5 akan menjadi 1). Dan apabila angka yang ditampilkan melebihi digit asal, method ini akan menambahkan angka 0 dibelakang hasil agar tampilan sesuai dengan yang diinginkan.

Misalkan angka 123,222222, akan ditampilkan menjadi 123,22 jikalau menggunakan method toFixed(2), dan akan ditampilkan menjadi 123,222 jikalau menggunakan toFixed(3). Hasil pemanggilan method ini bertipe String.

Berikut yaitu contoh pemakaian method toFixed bagi tipe data angka pada JavaScript:

 Seperti hasil dari contoh, method toFixed akan membulatkan angka desimal jikalau ke bilangan terdekat, dan menambahkan angka 0 di ahir angka bagi mencukupi bilangan fixed yang diminta. Fitur ini akan amat bermanfaat bagi merapikan tampilan, misalnya bagi tampilan nominal mata uang yang biasanya mempunyai 2 tempat desimal.


Method JavaScript: Number. toPrecision()

Method toPrecision digunakan bagi menampilkan angka dengan jumlah digit angka yang ‘tetap’ tergantung nilai angka yang dijadikan selaku argumen. Misalkan jikalau angka yang akan ditampilkan yaitu 12.2234 karenanya hasil dari toPrecision(2) yaitu 12, dan toPrecision(3) yaitu 12.2.

Berbeda dengan 2 method sebelumnya, nilai tetap bagi method toPrecision yaitu jumlah digit sebelum dan setelah desimal.

Seandainya argumen tak ditulis, method ini akan mengembalikan nilai awal variabel, tanpa ‘menformatnya’. Hasil kembalian toPrecision() bertipe String.

Selaku contoh program, berikut yaitu hasil tampilan pemakaian method toPrecision di pada JavaScript:

 Perhatikan bahwa jikalau angka asal mempunyai digit yang lebih dari argumen method to precision, seperti contoh pemanggilan a.toPrecision(2) dari123.43678 , hasilnya akan ditampilkan menggunakan scientific notation.


Method JavaScript: Number.toString()

Method toString dimiliki hampir segala tipe data. Method ini berfungsi bagi menkonversi tipe data menjadi string.

Seandainya digunakan bagi tipe data number, method ini dapat diberikan sebuah argumen opsional yang akan menampilkan angka ke pada wujud basis lain selain 10. Misalkan angka asal 255, jikalau dipanggil dengan toString(2) akan ditampilkan menjadi 11111111. Karena toString(2) berarti menampilkan angka menjadi basis 2 (bilangan biner). Argumen yang didukung yaitu dari 2 hingga 36.

Berikut yaitu contoh tampilan pemakaian method toSting bagi tipe data Number di pada JavaScript.

Diluar dari ke empat method yang dideskripsikan di sini, JavaScript pun mempunyai 2 method lain bagi tipe data number, yakni Number.toLocaleString() bagi menampilkan angka sesuai aturan lokal web browser (mengganti tanda titik menjadi koma bagi pembeda tempat desimal), dan Number.valueOf() yang digunakan bagi memanggil tipe data ‘primitif’ dari objek angka. Keduanya tak terlalu sering digunakan.

Selain mempunyai method (manfaat) tipe data number di pada JavaScript pun mempunyai read-only properti, atau konstanta yang menyimpan angka ‘khusus’ yang dapat digunakan di pada kode program. Konstanta ini akan kita pelajari pada panduan berikutnya: Mengenal Konstanta Objek Angka (Number) dalam JavaScript.


eBook JavaScript Uncover Duniailkom

JavaScript telah menjadi fitur wajib di setiap situs modern. Duniailkom telah menyusun eBook JavaScript Uncover yang membahas JavaScript dengan lebih detail dan lebih komplit, mulai dari basic hingga konsep DOM, Event dan AJAX. Penjelasan lebih lanjut dapat ke eBook JavaScript Uncover Duniailkom.


Sumber https://www.duniailkom.com/