info-b

Tutorial Belajar JavaScript Part 10: Pengertian dan Cara Pembuatan Variabel dalam JavaScript

Posted on

Pada panduan belajar JavaScript kali ini, kita akan mempelajari Pengertian dan Cara Pembuatan Variabel dalam JavaScript. Termasuk pun aturan penamaan variabel dan konsep Variable Scope.


Pengertian dan Sifat Variabel di Pada JavaScript

Pada bahasa pemograman, variabel yaitu ‘penampung’ sebuah nilai. Tergantung dengan ‘nilai’ dari variabel tersebut, sebuah variabel di pada JavaScript dapat bertipe Angka (Number), String, Boolean, atau yang lainnya.

Tak seperti bahasa pemograman desktop seperti C++ dan Visual Basic, di pada JavaScript kita tak perlu mendeklarasikan jenis tipe data. Seluruh variabel di pada JavaScript dapat berisi nilai apapun (tipe data apapun), dan dapat diubah menjadi tipe lain sepanjang program. Jenis pemograman seperti ini dikenal pun dengan Typeless Programming Language.

Diantara bahasa pemograman yang pun berjenis Typeless Programming Language yaitu PHP.


Aturan Penamaan Variabel JavaScript

Aturan penamaan variabel pernah kita bahas di panduan Aturan Dasar Penulisan Kode Program JavaScript yakni sama dengan aturan penyusunan identifier:

  • Karakter pertama-tama mesti diawali dengan huruf, underscore (_) atau tanda dollar ($)
  • Karakter kedua dan seterusnya dapat ditambahkan dengan huruf, angka, underscore (_) atau tanda dollar ($).


Cara Merancang Variabel JavaScript

Walaupun kita tak perlu menyebutkan jenis tipe data dari suatu variabel, namun kita tetap mesti mendeklarasikan variabel di pada JavaScript. Cara merancang variabel di pada JavaScript di bedakan menjadi 2, yakni dengan menggunakan keyword var, dan tanpa var.

Bila menggunakan kata kunci var, berikut yaitu contoh penulisannya:

Di 2 baris terakhir saya merancang variabel, sekaligus memberikan nilai ke pada variabel tersebut.

Cara kedua bagi merancang variabel yaitu tanpa menggunakan keyword var, seperti berikut ini:

Penyusunan variabel tanpa menggunakan keyword var memang lebih cepat, akan tetapi tak disarankan. Walaupun variabel yang dideklarasikan tanpa keyword var akan tetap berfungsi dari yang mestinya seperti variabel dengan var, namun JavaScript ‘menyimpan’ variabel tersebut dengan cara yang berbeda. Diantara perbedaannya yaitu mengenai variabel scope (yang akan kita bahas setelah ini). Sedapat mungkin kita selalu merancang variabel menggunakan keyword var.


Jangkauan Variabel (Variabel Scope) pada JavaScript

Jangkauan Variabel (atau Variabel Scope) yaitu konsep mengenai pembatasan akses dari sebuah variabel. Yaitu di bagian mana sebuah variabel masih dapat diakses.

Sebuah variabel jikalau dideklarasikan (bagus dengan keyword var ataupun tanpa var), akan bersifat global, atau dikenal dengan istilah global variable. Sebuah variabel akan menjadi global variabel sepanjang variabel tersebut di deklarasikan di luar guna.

Bila sebuah variabel di deklarasikan di pada guna, karenanya variabel tersebut hanya akan dapat diakses di pada guna tersebut, atau bersifat lokal (dikenal pun dengan local variable).

Apabila kita merancang 2 variabel dengan nama yang sama selaku global variabel, dan pun local variable di pada sebuah guna, karenanya local variable akan mempunyai prioritas yang lebih tinggi dibandingi global variabel.

Variabel di pada guna hanya akan bersifat lokal jikalau dideklarasikan menggunakan keyword var. Bila sebuah variabel di pada guna di bikin tanpa menggunakan keyword var, efeknya akan sama dengan merancang variabel global.

Berikut yaitu contoh efek konsep global variable dan local variable pada JavaScript:

 Pada contoh kode diatas, saya merancang dan mendeklarasikan beberapa variabel secara global maupun lokal.

Di baris ke-8, saya merancang sebuah variabel global, dengan nama nilai, dan memberikan nilai string “global” ke pada variabel ini.

Berikutnya, saya merancang guna test() dan mendeklarasikan kembali variabel nilai, namun kali ini memberikan nilai string “lokal”. Di pada guna ini saya pun merancang variabel baru, yakni nilai_lokal dan tanpa_var.

Khusus bagi variabel tanpa_var, sesuai dengan namanya, saya mendeklarisakannya tanpa keyword var. sehingga efeknya, variabel tanpa_var akan menjadi variabel global.

Dengan merancang beberapa petunjuk console.log, kita dapat mencari tahu apa yang terjadi dari contoh kode diatas.

Variabel nilai apabila diakses dari luar guna akan bernilai “global”, sedangkan jikalau diakses dari pada guna akan bernilai “lokal”. Variabel tanpa_var pun sukses ditampilkan, karena variabel ini telah menjadi variabel global.

Dikala mencoba mengakses variabel nilai_lokal, web browser akan menampilkan error. Hal ini terjadi karen variabel nilai_lokal bersifat lokal di pada guna test, sehingga apabila diakses dari luar guna, JavaScript ‘tak melihat’ variabel ini, dan menampilkan error.

Pengertian dan Cara Penulisan Variabel JavaScript yang kita bahas di panduan kali ini tak akan bermanfaat tanpa ‘diberikan‘ data. Pada panduan JavaScript berikutnya, kita akan membahas mengenai Jenis dan Pengertian Tipe data dalam JavaScript.


eBook JavaScript Uncover Duniailkom

JavaScript telah menjadi fitur wajib di setiap laman modern. Duniailkom telah menyusun eBook JavaScript Uncover yang membahas JavaScript dengan lebih detail dan lebih komplit, mulai dari basic hingga konsep DOM, Event dan AJAX. Penjelasan lebih lanjut dapat ke eBook JavaScript Uncover Duniailkom.


Sumber https://www.duniailkom.com/