Tutorial Belajar Java Part 19: Tipe Data Char Bahasa Pemrograman Java

Posted on

Di panduan belajar bahasa Java kali ini kita akan membahas tipe data char. Pembahasan dimulai dengan pengertian tipe data char, contoh kode program, hingga cara membaca data (input) dari tipe data char.


Pengertian Tipe Data char Bahasa Java

Tipe data char di bahasa Java dimanfaatkan untuk menampung 1 digit karakter, bagus itu berupa huruf, angka maupun karakter lain seperti ^, %, dan #.

Variabel yang didefinisikan untuk menampung tipe data char butuh 2 byte memory karena secara bawaan Java, telah mendukung karakter Unicode (yang lebih luas daripada 256 karakter ASCII).


Contoh Kode Program Tipe Data char Bahasa Java

Untuk menyusun tipe data char, sebuah variabel mesti di deklarasikan dengan keyword “char“. Dan karakter yang akan diinput ditulis di tanda kutip satu ( ‘ ). Berikut contoh kode programnya:

Hasil kode program:

Di sini saya menyusun dua buah variabel var1 dan var2, kemudian mengisi karakter ‘a‘ dan ‘Z‘ ke dalamnya, lalu ditampilkan dengan command System.out.println().

Karakter yang dapat ditampung ke di tipe data char pun termasuk karakter angka seperti ‘5‘ dan karakter non alfanumeric seperti ‘$‘:

Hasil kode program:

Kali ini saya menulis proses deklarasi dan inisialisasi di 1 command. Perhatikan pun bahwa di bahasa Java, karakter ‘5’ dari tipe data char berbeda dengan angka 5 dari tipe data integer.

Char pun dapat mendukung karakter Unicode. Caranya, tulis dengan awalan (prefix) ‘u‘, lalu diikuti dengan 4 digit nomor unicode:

Unicode ialah sebutan untuk pengkodean karakter (character set), yang mendukung berjenis-jenis jenis aksara di dunia, termasuk huruf arab, china, jepang, korea, serta karakter khusus seperti emoji. Daftar komplit dari karakter Unicode ini dapat dilihat ke unicode-table.com.

Namun tak semua karakter Unicode dapat ditampilkan, karena ini lebih ke media yang dimanfaatkan. Misalnya bila kode Java ditampilkan menggunakan cmd, hanya beberapa karakter saja yang dapat tampil.

Tipe data char pun mendukung karakter khusus seperti tanda kutip, karakter enter, dst.

Hasil kode program:

Di bahasa pemrograman, karakter backslash atau tanda “” disebut pun selaku escape character. Fungsinya untuk menulis karakter khusus seperti tanda kutip, tanda kutip dua dan pun karakter Enter. Di contoh ini, karakter Enter diwakili oleh “n“.

Perhatikan bahwa saya menggunakan System.out.print(), bukan System.out.println(). Namun karakter tanda kutip dua ( ” ) tampil di baris baru karena berasal dari karakter n diatasnya.


Cara Membaca (input) Tipe Data Char

Proses pembacaan data char pun dapat dilakukan dengan Scanner class. Namun di di Scanner class tak terdapat command input nextChar(). Kita mesti memakai command input.next().charAt(0) seperti contoh berikut:

Di contoh ini proses pembacaan data dilakukan di baris 11 dan 14 dengan command input.next().charAt(0). Hasilnya disimpan ke di variabel var1 dan var2 untuk berikutnya di tampilkan kembali.


Di panduan kali ini ini kita telah membahas mengenai pengertian tipe data char, cara pemakaian tipe data char, serta cara input tipe da
ta char di bahasa pemrograman Java. Berikutnya akan masuk ke pembahasan tipe data String dalam bahasa Java.


Sumber https://www.duniailkom.com/