Tutorial Belajar HTML5 untuk Pemula

Melanjutkan tutorial belajar HTML, kali ini duniailkom akan mencoba menyajikan tutorial belajar HTML5 untuk pemula. HTML5 adalah sebuah generasi terbaru pada perkembangan HTML.


Kehadiran Standar Resmi HTML5

HTML5 adalah sebuah kelanjutan dari HTML 4 yang tak diupdate sejak tahun 1999. Dimana W3C selaku badan yang membangun standar HTML lebih tertarik memaksimalkan XHTML daripada melanjutkan HTML.

Setelah beberapa tahun pengembangan, XHTML ternyata tak sesuai dengan harapan. XHTML 2.0 tak kunjung selesai, sehingga beberapa programmer web bergabung menyusun badan tersendiri: WHATWG. WHATWG kemudian memaksimalkan format yang akan menjadi cikal bakal HTML5. Singkat cerita, W3C meninggalkan XHTML 2.0 dan ikut memaksimalkan HTML5 bersama WHATWG.

Tepat di tanggal 28 Oktober 2014 lalu, W3C telah resmi merampungkan standar HTML5 (sumber resminya dapat dibaca di http://www.w3.org/blog/news/archives/4167). Walaupun demikian, ketika ini HTML5 telah didukung hampir oleh segala web browser modern, sehingga telah saatnya kita mulai membangun kode HTML menggunakan standar HTML5.


Panduan Belajar HTML5 bagi Pemula

Pada beberapa panduan kedepan, duniailkom akan mencoba membangun panduan sederhana selaku bahan mempelajari HTML5. Tutorial HTML5 untuk pemula ini ialah kelanjutan dari panduan HTML sebelumnya, sehingga beberapa besar tag dan atribut HTML versi 4 dan XHTML masih dapat digunakan.

HTML5 datang membawa beberapa sekitar 30an tag baru. Kebanyakan tag diperuntukkan bagi membangun struktur halaman, seperti <article>, <nav>, <aside> dan <header>. Selain tag-tag bagi struktur halaman, HTML5 pun membawa 3 tag multimedia, yakni <audio>, <video> dan <canvas>.

Standar baru HTML5 ini membawa banyak fitur baru pada pemrograman web. Akan tetapi, karena HTML5 adalah sebuah ‘living standar’, karenanya tag-tag baru dapat saja muncul dengan cepat, tanpa perlu menunggu standarisasi oleh W3C.

Pada halaman ini saya akan men-index seluruh panduan belajar HTML5 yang terdapat di Source Code Program.com. Ahir kata, selamat belajar HTML5 🙂

List Panduan HTML5 duniailkom:


Sumber https://www.duniailkom.com/

Share

You may also like...