Tutorial Belajar C Part 6: Cara Mencompile dan Membuat File exe Bahasa Pemrograman C

Posted on

Di panduan sebelumnya, kita telah mempelajari cara menulis kode program dalam bahasa pemrograman C. Kali ini akan disambung dengan membahas cara men-compile dan membuat file exe dari kode program tersebut.


Cara Men-compile Kode Program Bahasa C

Dari yang yang telah kita bahas di Pengertian Compiler, Linker dan IDE. Compile ialah proses untuk mengubah kode program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman menjadi object code. Object code ini kemudian diproses oleh linker untuk menjadi file exe (file executable) atau “program” dari yang yang lazim kita kenal.

Di kebanyakan program compiler (termasuk yang digunakan oleh Code::Blocks), proses men-compile ini telah seketika digabung dengan linker. Yang artinya ketika di compile, kode program bahasa C akan seketika menghasilkan file exe.

Mari kita praktek membangun file exe ini. Silahkan kamu buka kembali file hello_world.c. yang telah kita bikin sebelumnya. Sekedar penyegaran, berikut isi kode program tersebut:

Untuk memulai proses compile, pilih fitur Build -> Compile current File atau dapat pun dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + F9.

Bila kode program yang ditulis tak ada yang salah, akan tampil beberapa tulisan di bagian bawah program Code::Blocks:

Artinya kode program kita tak mempunyai error maupun warning. Proses compile berlangsung di 1 detik.


Melihat Object File dan File exe Bahasa C

Setelah proses compile kode program bahasa C berhasil, silahkan buka folder belajar_c, yakni folder dimana file kode program disimpan. Sebelumnya hanya terdapat 1 file, yakni hello_world.c, kini kamu akan menemukan 2 file tambahan: hello_world.o dan hello_world.exe.

File hello_world.o ialah object file hasil proses compile. Object file ini digunakan secara internal oleh compiler bahasa C (di praktek kali ini kita menggunakan compiler Code::Blocks). File ini tak perlu di utak-atik.

File hello_world.exe ialah file ahir hasil linker, dimana object file diproses lebih lanjut untuk menjadi program ahir.

Mari kita test jalankan file ini, silahkan double klik file hello_world.exe.

Telah? Jendela tampilan akan berkedip sebentar kemudian tertutup kembali. Apa yang terjadi?

Hal tersebut ialah fitur normal dari sebuah program console. Yakni sebutan dari program yang kita bikin menggunakan Code::Blocks. Kode program console mesti diakses dari jendela console. Bila menggunakan Windows, jendela console yang dimaksud ialah program CMD (command prompt).

Silahkan jalankan program CMD. Program ini dapat dicari di fitur Home Windows, atau klik search, kemudian ketik cmd.exe:

 Ketik tempat tinggal file tempat dimana file hello_world.exe berada. Di contoh yang saya gunakan, file tersebut berada di D:belajar_chello_world.exe:

Akan terlihat tampilan teks “Hello, World!”. Selamat! Inilah hasil dari kode program bahasa C yang telah kita bikin.


Menggunakan Fitur Build and Run Code:Blocks

Melihat hasil kode program seketika dari CMD memang sedikit panjang. Untungnya terdapat cara yang lebih singkat, yakni menggunakan fitur Build and Run bawaan dari Code::Blocks.

Fitur ini ialah gabungan dari proses build dan run. Build ialah proses untuk men-compile file bahasa C dan Run untuk menjalankannya.

Caranya, klik fitur Build -> Build and run, atau lumayan dengan menekan tombol F9 di keyboard.

Proses compile akan berlangsung beberapa ketika. Setelah itu akan tampil sebuah jendela console yang menampilkan hasil kode program: “Hello, World!”.

Untuk keluar dari jendela console ini lumayan tekan tombol apa saja (press any key). Dan tampilan akan kembali ke editor Code::Blocks.

Fitur build and run ini pun terdapat selaku shortcut yang lebih gampang:

Selain menjalankan build and run sekaligus, kamu pun dapat menjalankan build saja, atau run saja. Proses Build di dasarnya tak berbeda dengan compile, yakni untuk menggenerate file .exe, sedangkan proses Run digunakan untuk menjalankan kode program menggunakan console Code::Blocks.


Di panduan ini kita telah membahas cara menjalankan hasil kode program yang ditulis dalam bahasa C. Karena berupa program console, hasilnya hanya dapat dilihat menggunakan cmd atau menggunakan fitur run dari program Code::Blocks.

Berikutnya kita akan lanjut ke Struktur Dasar Kode Program Bahasa Pemrograman C.


Sumber https://www.duniailkom.com/