Tutorial Belajar C Part 5: Cara Menulis Kode Program Bahasa Pemrograman C

Posted on

Setelah compiler atau IDE Code::Blocks sukses diinstall, kita telah dapat seketika praktek cara menulis kode program bahasa C. Inilah yang akan dibahas di lanjutan belajar bahasa pemrograman C di Source Code Program.


Mendesain File Bahasa C

Silahkan buka program Code::Blocks, yang tampilan awalnya selaku berikut:

Tampilan Code::Blocks memang lumayan “njelimet”, tapi rekan-rekan tak perlu paham semua fitur yang terdapat. Kita hanya akan menggunakan beberapa fitur yang penting-penting saja.

Untuk membangun sebuah file baru, klik fitur File -> New -> Empty File, atau dapat pun dengan menekan kombinasi tombol CRTL + SHIFT + N.

Di bagian tengah Code::Blocks akan tampil sebuah file teks kosong. Disinilah kita akan menulis kode program bahasa C nantinya.

Agar dapat seketika praktek menulis sebuah file bahasa C, silahkan ketik kode program berikut ke di Code::Blocks:

Sobat dapat abaikan maksud dari kode program diatas untuk sementara. Kita akan membahasnya di tutorial-tutorial berikutnya. Inti dari kode program ini ialah menampilkan sebuah teks “Hello, World!”.

Pastikan rekan-rekan mengetik kode program sama persis dengan yang saya tulis diatas. Diantara huruf atau satu karakter saja yang kurang, kode program akan error. Untuk amannya silahkan copy paste kode tersebut ke di editor Code::Block.


Menyimpan File Kode Program Bahasa C

Berikutnya siapkan sebuah folder tempat file kode program C akan disimpan. Untuk mempermudah, saya membangun sebuah folder “belajar_c” di Drive D. Sobat dapat saja menyimpan file bahasa C ini dimana saja, tak mesti di folder D:belajar_c seperti yang saya gunakan.

Kembali ke Code::Blocks, save file yang telah kita tulis tadi dengan cara menekan kombinasi tombol CTRL + S atau klik fitur FILE -> Save file.

Sesaat kemudian akan tampil jendela Save file. Sobat bebas ingin menyimpan file ini di mana saja. Karena saya telah menyiapkan folder D:belajar_c, karenanya saya akan menyimpannya di folder ini.

Save file tersebut selaku hello_world.c. Khusus untuk bahasa pemrograman C, nama file tersebut mesti disimpan dengan akhiran *.c. Tentu saja rekan-rekan pun boleh menggunakan nama lain, sepanjang berakhiran *.c seperti duniailkom.c, andi.c, atau punyaku.c

Ketika file telah di save dan tampilan kembali ke editor Code::Blocks, kode program yang telah kita tulis sebelumnya akan berwarna. Inila
h fitur syntax highlighting dari Code::Blocks.

IDE Code::Blocks akan memberi warna berbeda untuk setiap kode program bahasa C. Dengan demikian, apabila terdapat salah ketik (atau salah tulis kode program), warna teks yang diraih pun akan berbeda.

Untuk memastikan, rekan-rekan dapat membuka Windows Explorer dan cari apakah file hello_world.c telah ada di folder D:belajar_c


Membuka File Kode Program Bahasa C

Selaku latihan tambahan, mari coba membuka file hello_world.c apabila program Code::Blocks telah ditutup.

Silahkan tutup program Code::Blocks, kemudian buka kembali. Kode program yang baru saja kita ketik telah tak tampil. Untuk membukanya, silahkan klik fitur File ->  Open, atau dapat pun diakses dengan menekan tombol CRTL+O.

Di jendela yang tampil, cari file hello_world.c, kemudian klik tombol Open.

 Kini ini, file kode program bahasa C telah kembali terbuka.


Hingga disini kita telah membuat sebuah file kode program dalam bahasa C. Di panduan berikutnya file kode program ini akan di-compile untuk menghasilkan program yang hakekatnya: Cara Mencompile dan Membuat File exe Bahasa Pemrograman C.


Sumber https://www.duniailkom.com/