Tutorial Belajar C Part 40: Fungsi dan Pengertian Perintah Break

Posted on

Melanjutkan panduan belajar bahasa pemrograman C di Source Code Program, kali ini kita akan membahas mengenai Fungsi dan Pengertian Perintah Break. Pedoman break masih berhubungan dengan perulangan (loop) FOR, WHILE dan DO WHILE yang baru saja di bahas.


Pengertian Pedoman Break di Bahasa C

Ketika membangun perulangan, kadang kita ingin keluar dari perulangan sebelum waktunya. Misalnya terdapat kode program untuk mencari sebuah nilai di di array yang terdiri dari 100 element. Apabila ternyata nilai telah ditemukan di posisi ke-43, karenanya sisa perulangan tak diperlukan lagi. Akan lebih efisien apabila kita dapat seketika keluar dikala itu pun, dan inilah kegunaan dari command break.

Secara sederhana, break yakni command khusus yang dimanfaatkan untuk memaksa sebuah perulangan berhenti sebelum waktunya. Pedoman break ini dapat dimanfaatkan di seluruh jenis perulangan, bagus itu FOR, WHILE, maupun DO WHILE.

Berikut format basic pemakaian command break di perulangan FOR:

Di contoh ini, apabila condition_2 terpenuhi (bernilai true), karenanya perulangan akan seketika berhenti meskipun belum mencapai kondisi ahir. Mari kita bahas dengan contoh kode program.


Contoh Kode Program Pedoman Break Bahasa C

Sebelum masuk ke command break, berikut contoh perulangan FOR bahasa C untuk menampilkan penambahan angka:

Hasil kode program:

Di sini saya menggunakan perulangan FOR untuk membangun daftar penambahan 1 + 1, 2 + 2, dst hingga 10 + 10.

Kini ini saya ingin apabila variabel counter i telah mencapai angka 5, karenanya hentikan perulangan (break). Berikut kode programnya:

Di di perulangan FOR, yakni di baris 8 terdapat pemeriksaan kondisi if (i == 5). Apabila kondisi ini terpenuhi (variabel counter i telah bernilai 5) karenanya jalankan command break. Hasilnya, perulangan seketika berhenti demikian itu nilai i mencapai angka 5.

Selaku tambahan, posisi pemeriksaan kondisi ini dapat berpengaruh kepada tampilan ahir. Perhatikan kode program berikut:

Hasil kode program:

Bisakah rekan rekan menjelaskan kenapa perulangan kita berhenti di angka 4, dan bukan di angka 5 seperti sebelumnya? Padahal kondisi yang dimanfaatkan tetap sama, yakni if (i == 5) { break; }

Ini terjadi karena perubahan posisi command printf. Sebelumnya, command printf ditulis sebelum pemeriksaan kondisi if (i == 5). Artinya, demikian itu variabel counter i naik menjadi 5, command printf akan di proses terlebih dahulu. Setelah itu, baru command break di jalankan.

Sedangkan di kode program kita kali ini, ketika i hingga ke angka 5, karenanya seketika break tanpa sempat menjalankan command printf. Ini karena command printf ditulis setelah pemeriksaan kondisi.

Selaku penutup, berikut contoh pemakaian command break dengan perulangan while:

Hasil kode program:

Saya mengkonversi perulangan FOR sebelumnya menjadi WHILE. Dan karena command printf pun ditulis setelah command break, karenanya penambahan yang tampil hanya hingga 4.


Di panduan kali ini kita telah membahas cara pemakaian command break. Berikutnya di lanjutan panduan belajar bahasa C di Source Code Program ini akan membahas mengenai Fungsi dan Pengertian Perintah Continue.


Sumber https://www.duniailkom.com/