laptop-hp-beserta-dusnya-640x360-3

Tips saat membeli laptop

Posted on

Hari minggu kemarin akhirnya kami membeli laptop HP 14-af118au menggantikan netbook Acer Aspire One D270 yang telah tak mampu lagi dibangun mengerjakan hal – hal selain browsing dan office. ?? Sebab ini beli baru jadi setidaknya ada jaminan kualitas lah layaknya apa nanti barangnya. Namun tentu saja mesti dicek sebelum telah sepakat dan terlanjur dibawa keluar.

Kalau harga dan tipe laptop kami yakin sahabat telah cocok dan tahu apa yang akan dibeli. Nah… sebab dia kami mengingatkan saja bahwa ada beberapa hal yang mesti dilihat kondisinya dan apakah guna – fungsinya normal semuanya. Bila tak ya berharap saja semuanya normal sebab nanti pada web toko mau minta tukar baru kalau ada cacat fisik atau kerusakan lain ya repot kalau tak dperiksa sebelum beli.

laptop-hp-beserta-dusnya-640x360

Cek fisik

Ini yakni tahap sangat awal dan adalah sebuah yang sangat urgen sebab web toko tak mau menanggung atau replace barang serupa kalau masalahnya ada cacat fisik. Layaknya casing pecah, dektop ada dead pixel, dan sebagainya.

  1. Pertama-tama perhatikan casingnya dulu pada seksama apa ada yang tidak cukup atau berbeda pada yang seharusnya. Bandingkan pada produk display kalau ada.
  2. lalu coba hidupkan laptopnya. Masuk pada Windows kalau dapat, kalau tak FreeDOS tak masalah. Sobat mesti memperhatikan layarnya apakah ada dead pixel, kalau ada satu titik dimana warnanya tak seharusnya atau tak pernah berubah walau telah sahabat ganti – ganti karenanya ini tanda – tanda pixel mati.
  3. Cek spesifikasi, walau pada casing notebook telah ada labelnya ini apa dan hardwarenya apa tapi tetap mesti diverifikasi. Kali ini masuk pada BIOS dan lihat apakah nama prosesor dan tipe, besar RAM, ukuran harddisk telah sesuai pada yang kita beli.
  4. Baterai harap dites pun soalnya kadang ini terlewatkan, apakah dapat dicharger atau tak dan semacamnya.

Guna beberapa jenis laptop kadang pun disematkan fitur tes memori dan harddisk, pada HP ini ada dan wajib dijalankan agar tahu apakah RAM dan Harddisknya normal atau tak.

Tes fitur

Yang tak kalah pentingnya yakni tes fitur yang terdapat pada laptop dan ini dapat benar-benar terbatas kalau yang dibeli tak menyertakan program operasi Windows.

  1. Cek Keyboard, coba ketikkan semuanya huruf abjad kecil-besar, tanda baca, angka dan guna tombol – tombol lainnya.
  2. Coba pasangkan USB Flashdisk di semuanya slot apakah dapat dideteksi.
  3. Pun kabel LAN agar dapat tergabung pada jaringan.
  4. Akses WiFi pun benar-benar urgen sebab dimana – mana sekarang ini telah terdapat pada gampang dan dapat free.

Langkah – hal lain pun dapat sahabat uji layaknya touch screen misalnya ada, tapi dari pengalaman kami sahabat menjalankan sebahagian besar saja kalau waktu tak lumayan telah benar-benar memudahkan mengurangi resiko bisa barang yang tak bagus.

Langkah ini berlaku bagus barang baru atau bekas/second. Kalau bekas malah lebih enak lagi sebab biasanya telah terinstall Windows, bawa program HDD Tune guna cek medis harddisk saran kami.

Memang dapat memakan waktu lama kalau sahabat mengikuti semuanya hal dia, tapi lebih bagus hati – hati diawal daripada menyesal kemudian. Walaupun ada garansi dan jaminan web toko bukan berarti tutorial klaimnya sendiri gampang. Kadang malah sulit sebab mesti menyertakan bukti – bukti. Dalam rentang waktu menunggu pun kita tak dapat menjalankan laptop tersebut, jadi kalau dibangun kerja jelas rugi produktivitas dan pastinya waktu sebab semuanya tertunda.

Kami harap tips – tips tadi bermanfaat. ??

sumber : utekno.com