asus-zenfone-5-headset-active-640x389-1

Solusi masalah audio hanya bisa dari headset di Android

Posted on

Headset adalah diantara aksesori urgen guna mendengarkan lagu atau berkomunikasi tanpa harus mengganggu lingkungan sekitar, ya supaya hanya kita sendiri yang mendengarkannya dan pun kadang bersifat privasi. Nah… pada Android sendiri kadang terjadi masalah layaknya walaupun sudah dilepaskan kok icon headsetnya masih terlihat aktif. Jadi suaranya hanya keluar kalau dipasangkan pada headphone, tapi menjalankan speaker internal ponselnya tak ada yang berbunyi kecuali ringtone atau notifikasi. Repot kan?

Seringkali ini disebabkan sensor Android yang salah mendeteksi bahwa headsetnya masih tertancap pada jack audio, jadi suara hanya akan dapat terdengar kalau dipasangkan pada headset atau speaker eksternal. Langkah ini sempat admin rasakan pada ASUS Zenfone 5 (Android Kitkat 4.4.2), untung cuma sesaat saja.

asus-zenfone-5-headset-active-640x389

Petunjuk yang dapat dicoba ialah berikut:

  1. Lepas-pasangkan colokan audionya berulang kali melalui keras, memang terasa kasar tapi ini guna memaksa Android mengecek kontak jacknya lagi. Kadang disebabkan telah kendor sensornya. Tutorial ini admin coba hingga tangan capek tapi akhirnya sukses pun setelah 15 menitan. Belum admin coba install kembali headsetnya, takut salah lagi.
  2. Ini dari internet, teteskan sedikit cairan WD-40 pada ujung colokan headsetnya dan kerjakan tutorial pertama-tama diatas. Admin ingatkan satu tetes saja lumayan, jangan banyak – banyak nanti kemasukan cairan handphone sahabat.
  3. Mulai program SoundAbout yang fungsinya ialah mengatur rute suara. Layaknya kalau menyetel video akan keluar dari speaker atau headset audionya. Dapat disebut membajak kesalahan sensor jack audio Android.
  4. Kalau masih gagal pun berarti kerusakan hardware, dan admin anjurkan agar dititipkan pada service center handphone sahabat saja. Apalagi kalau masih ada garansinya, jangan dipaksa memperbaiki sendiri daripada bertambah parah nantinya.

Ada saran dari teman agar difactory reset hpnya. Terus terang admin enggan melakukannya sebab ada resiko data yang tersimpan dapat hilang atau terhapus dan dari pengalaman amat jarang mengatasi masalah yang terjadi pada Android. Sebab dia tak admin masukkan pada daftar petunjuk diatas. Tetapi kalau yang sahabat alami ialah sebaliknya karenanya solusinya berbeda.

Kami harap sukses memperbaikinya. ??

sumber : utekno.com