Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mutasi Guru Menggunakan Metode AHP

Posted on
ABSTRAK
Diantara contoh pemakaian program pendukung pengambilan keputusan yang amat urgen ialah pada rangka penempatan pendidik pada satu lokasi sekolah yang sesuai keperluan khususnya di dikala mutasi, pendidikan, keahlian dan keperluan menurut bidang studi masing-masing. Hal ini dapat sedikit menghindarkan kesalahan-kesalahan yang terjadi karena penempatan pendidik yang tak tepat.
Pada kasus ini yang menjadi objek penelitian ialah mutasi di pendidik SLTP yang terdapat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Aceh Utara. Penerapan program pendukung pengambilan keputusan ini diinginkan agar pengambil keputusan akan dapat menempatkan guru-guru yang tepat di suatu jabatan sehingga para pendidik dapat menolong pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan daerah secara maksimal.
Penempatan dan pemindahan pendidik yang disebut dengan mutasi, pun dimaksud bagi meningkatkan sumber daya pendidik via pembinaan karir. Hal ini dilakukan apabila seorang calon pendidik telah memenuhi persyaratan yang ditentukan.
Mutasi jabatan dapat dilakukan karena adanya beberapa faktor. diantaranya selaku berikul Adanya pendidik yang menduduki jabatan memasuki waktu pensiun dan meninggal dunia. Adanya pendidik yang menduduki jabatan tertentu tak mampu menjalankan fungsi dengan bagus. Adanya pendidik yang menduduki jabatan mengerjakan suatu tindakan disiplin karyawan. Adanya promosi jabatan oleh pendidik yang lebih tinggi. Penempatan dan pemindahan pendidik dilakukan dengan menilai daya kerja dari pendidik tersebut. Selaku contoh apabila seorang pendidik yang sedang menduduki di suatu sekolah yang telah melebihi jam mendidik sebuah bidang studi sekolah telah mempunyai persyaratan bagi mengusulkan mutasi ke sekolah lainnya yang belum lumayan pendidik di bidang studi keahliannya karenanya pendidik tersebut dapat mengusulkan bagi pindah ke sekolah lainnya yang masih membutuhkannya. Pengajuan calon pendidik yang akan menduduki suatu sekolah lain dilakukan seketika oleh pendidik yang bersangkutan bagi dipindahkan.

Kata Kunci : Aplikasi Pendukung Keputusan, Sistem AHP, Visual Basic, Mutasi Pengajar, 


Unduh File : 

Unduh Source Code Program :

Screnshot Program :

bg1

bg2

bg3


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *