Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Siswa Menggunakan Metode K-Means Clustering

Posted on
ABSTRAK



Kesibukan dengan computer akan mempercepat pada aktifitas seperti halnya kemampuan komputer pada mengolah data, menjalankan perhitungan yang rumit, menjalankan koneksi jaringan internet, pengolahan citra, neural network, dan program pendukung keputusan. Komputer pada hal kecerdasan mulai menirukan program kerja manusia pada pengambilan keputusan dan ini dikenal dengan program pengambilan keputusan.
Ada banyak bidang kerja yang memerlukan pengambilan keputusan bagi menghasilkan suatu aktifitas tersebut yang ketika ini dapat dipecahkan dengan menggunakan komputer. Diantara contoh pada kasus penelitian ini yaitu menentukan jurusan yang tepat untuk mahasiswa baru di SMK Negeri 1 Lhokseumawe yang dilatar belakangi oleh kerja program lama yang manual selection karenanya tak layak lagi digunakan mengingat kemajuan program pendukung keputusan dengan computer yang demikian itu cepat dan handal karenanya selayaknya SMK Negeri 1 Lhokseumawe mesti mempunyai sebuah program pada mendukung pengambilan keputusan penentuan jurusan untuk mahasiswa baru.
Program yang akan dirancang menggunakan program web yang diprogramkan dengan PHP dan database My-SQL yang dapat memproses data dengan cepat dan tepat. Guna mendukung pengambilan keputusan karenanya digunakan sebuah sistem yaitu Algoritma K-Means Clustering yang dapat mengambil keputusan dengan cepat menurut kriteria-kriteria di pelajar baru sehingga akan mempercepat pengambilan keputusan untuk kepala sekolah serta dapat membangun report kelulusan pelajar baru.

Kata Kunci : spk, K-Means, jurusan smk,


Unduh File PDF : 

ABSTRAK


Unduh Source Code Program :
Unduh File.rar (sedang digarap)
Screnshot Program :
img1

img2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *