Sistem Pakar Penentuan Asupan Jumlah Asupan Makanan Bagi Penderita Gizi Buruk Dengan Fuzzy Mamdani | PHP&MySQL

Posted on
ABSTRAK
Asupan(konsumsi) makanan adalah sebuah faktor utama bagi memenuhi keperluan gizi yang berikutnya bertindak menyediakan tenaga untuk tubuh, mengatur proses metabolisme, memperbaiki jaringan tubuh serta bagi pertumbuhan. Tingkat konsumsi lebih banyak ditentukan oleh kualitas dan
kuantitas pangan yang dikonsumsi bagi mencapai keadaan gizi yang bagus. Apabila kekurangan zat gizi khususnya tenaga dan protein menyebabkan berat badan menurun yang disertai produktivitas kerja, apabila kekurangan zat gizi berlanjut menyebabkan status gizi kurang dan gizi buruk. Gizi buruk atau malnutrisi dapat diartikan selaku asupan gizi yang buruk. Hal ini dapat diakibatkan oleh kurangnya asupan makanan, pemilihan jenis makanan yang tak tepat ataupun karena karena lain seperti adanya penyakit infeksi yang menyebabkan kurang terserapnya nutrisi dari makanan. Secara klinis gizi buruk ditandai dengan asupan protein, tenaga dan nutrisi mikro seperti vitamin yang tak mencukupi ataupun berlebih sehingga menyebabkan terjadinya gangguan gizi. Penyakit gizi buruk terdiri atas tiga jenis penyakit menurut gejala klinisnya yaitu : gizi buruk marasmus, gizi buruk kwasiorkor, dan marasmus-kwasiorkor. Penanganan yang biasanya dilakukan seorang pakar yaitu mengusulkan bagi pengaturan pola makan, termasuk jenis dan jumlah makanan. Karenanya dari itu penelitian ini bertujuan bagi membangun sebuah system pakar yang dapat digunakan bagi menentukan gangguan gizi dan jenis penyakit gizi buruk serta solusi asupan makananya. Subjek di penelitian ini ialah “Program program pakar bagi penentuan asupan makanan untuk penderita penyakit gizi buruk”. Di penelitian ini pendataan faktanya menggunakan forward chaining dan logika yang digunakan ialah system inferensi fuzzy sistem Tsukamoto. Tahap pengembangan program diawali dengan analitik data, perancangan system, pengkodean (Coding) dengan menggunakan Visual Basic 6.0 dan Testing (pengujian system dengan Black BoxTest dan Alfa Test).
Dari hasil penelitian ini didapatkan perlengkapan lunak yang mampu menentukan status gangguan gizi dan jenis penyakit gizi buruk dan juga solusi asupan makananya. Merujuk pada pengujian yang telah dilakukan kepada responden telah layak bagi digunakan.
 
Kata Kunci : Program Pakar, Asupan Makanan, Fuzzy Mamdani, PHP&MySQL


Unduh File : 
BAB I-2-3-4 & 5.msword (hubungi admin)

Sourcecode pakar_asupan_makanan_fuzzy_mamdani.rar (hubungi admin)
Screenshot Program :






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *