Sistem Informasi Geografis Usaha Kecil Menengah Kota Malang

Posted on
ABSTRAK
Pengembangan sisfo geografis dengan menggunakan web bagi Usaha Kecil Menengah belum banyak dikembangkan, khususnya di kota Malang. Sebahagian besar program yang terdapat hanya menampilkan peta statis sehingga administrator web tak dapat leluasa pada memperbaharui data dan calon pembeli tak dapat mengetahui lokasi usaha yang dituju. Pada skripsi ini akan dibangun suatu sisfo geografis usaha kecil menegah dengan menggunakan web yang dapat menolong pembeli bagi mengetahui informasi mengenai yang akan dikunjungi serta produk barangnya.
Di dasarnya transaksi yang diperbolehkan pada Islam yakni transaksi yang didalamnya terdapat kerelaan dari pihak pembeli dan penjual dari yang firman Allah Swt. pada surat An- Nisaa’(4):29, yang artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah yakni Maha Penyayang kepadamu (Qs. An- Nisaa’/4:29).

Sehingga dengan program ini bagus pembeli maupun penjual dapat mengerjakan transaksi dengan memeuhi kriteria ayat diatas karena barang yang diperdagangkan telah dipahami. Program ini menggunakan mapscript selaku modul yang digunakan bagi merancang guna dan class MapServer agar dapat dijalankan di PHP. Sedangkan MapServer sendiri yakni sebuah layanan bagi memproses dan menampilkan data spasial yang berasal dari datadase. Bagi apalikasi databasenya akan menggunakan PostgreSQL yang telah mendukung tipe data spasial.

Kata Kunci : Usaha Kecil Menengah, Program Informasi Geografis.


Unduh File : 
Unduh Source Code Program :

Screnshot Program :



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *