Rancang Bangun Web Geographic Information System Dalam Proses Analisis Peluang Area Rawan Penyebaran Demam Berdarah

Posted on
ABSTRAK

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia telah menjadi permasalahan medis serius yang menimbulkan banyak korban kematian salah satunya ialah Kabupaten Malang. Penyakit ini di tularkan lewat gigitan serangga vektor DBD yaitu nyamuk Aedes aegypti. Penyebarannya semakin meluas sejalan dengan meningkatnya arus transportasi dan kepadatan penduduk. Melihat permasalahan yang terdapat, karenanya perlu dikerjakan suatu rancang bangun Web Geographic Information System bagi manganalisa peluang area rawan penyebaran demam berdarah di Kabupaten Malang. 
Geographic Information System (GIS) ialah sisfo yang digunakan bagi memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisa, dan menghasilkan data bereferensi geografis atau geospatial, bagi mendukung pengambilan keputusan pada suatu perencanaan. Dengan menggunakan GIS karenanya akan lebih gampang untuk para pengambil keputusan bagi menganalisa data yang terdapat. Karena dengan adanya GIS karenanya akan digambarkan pun posisi penyebaran data di kondisi sesungguhnya. 
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan yaitu Web Geographic Information System ini dirancang bagi mengklasifikasi jumlah penderita penyakit demam berdarah di Kabupaten Malang sehingga area rawan penyebarannya dapat dianalisis, dengan adanya Web GIS ini diinginkan dapat mengurangi jumlah penderita demam berdarah di tahun berikutnya.

Kata Kunci : demam berdarah dengue, Geographic Information System


Unduh File PDF : 
BAB 1, 2, 3, 4 dan 5 (.word) (sedang pelaksanaan)


Unduh Source Code Program :
Unduh File.rar (sedang pelaksanaan)

Screnshot Program :

sedang di garap program.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *