Rancang Bangun Aplikasi Literasi Arab – Latin Dengan Menggunakan Pendekatan Operasi Concatenation (Penyambungan)

Posted on
ABSTRAK
Penduduk Indonesia sebahagian besar beragama Islam, Al-Qur’an selaku kitab suci agama Islam yang ditulis dengan bahasa Arab. Menjadi keperluan yang urgen dimiliki oleh muslim di Indonesia. Bagi menunjang keperluan mempelajari baca tulis huruf Arab, diantara hal yang sangat dibutuhkan yakni Transliterasi Arab-Latin atau alih huruf Arab ke huruf latin. Sehingga bangsa Indonesia mempunyai pedoman transliterasi yang baku.
Diantara perkembangan teknologi informasi dikala ini ditandai dengan penyusunan Program. Proses penyusunan Program ini menggunakan pendekatan operasi concatenation, sedangkan tahap yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan mengaplikasikan algoritma literasi dengan pendekatan operasi concatenation.
Operasi ini menggunakan penyambungan bagi merangkai sebuah kata atau abjad, bagi mengaplikasikan algoritma literasi dengan dengan pendekatan operasi tersebut digunakan bahasa pemrograman Java. Java adalah suatu teknologi di dunia sistem aplikasi komputer.
Dari penelitian yang telah dilakukan, bahwa program literasi Arab-Latin dapat mempermudah pada mentransliterasikan dari hurus Arab ke huruf Latin, sesuai dengan aturan-aturan pedoman transliterasi yang baku.

Kata Kunci : Program Literasi Arab-Latin, Concatenation


Unduh File : 
Unduh Source Code Program :

Screnshot Program :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *